Inilah Deretan Motor yang Paling Cocok untuk Mudik Lebaran Jarak Menengah

R15

20160501_123139_harianterbit_mudik_motor

Munivmotoblog – Mudik perupakan tradisi tahunan yang telah mengakar sejak kerajaan majapahit fdi Indonesia.. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang merantau demi mendapatkan rejeki dan penghidupan yang lebih baik. Hal ini memang saya akui kebenarnya, karena saya juga merupakan rantauan didaerah orang. Sah – sah saja.. nah kalo pas momen lebaran tiba banyak sekali para pemudik yang ingin pulang ke kampong halamnya demi untuk bersilaturahmi dengan keluarga besarnya yang jarang sekali ketemu.

Moda transportasi mudik bagi yang jarak jauh antar pulau antar provinsi bisa menggunahkan pesawat atau kapal laut. Yang jarak jauh masih dalam lingkup satu pulau bisa menggunahkan moda bus, kereta api atau mobil pribadi dan juga motor. Dalam artikel ini saya akan memberikan tips dan trik memilih jenis motor mudik dengan baik atau nanti bakalan saya buatkan sebuah list mana yang rekomended dan mana yang sebaiknya jangan digunahkan. So… batasan pembahasan dalam artikel ini adalah mereka yang mudik dengan jarak menengah.. atau bersikar 200 – 400 km… kalau jaraknya sudah diatas itu maka saya sarankan untuk menggunahkan moda transportasi masal untuk yang berhemat atau dengan menggunahkan mobil pribadi bagi yang sudah memiliki mobil sendiri. Oh iya… saya tidak menyarankan anda untuk meyewa mobil pribadi dalam hal acara mudik dan lebaran karena hal tersebut dapat enguras dompet THR anda dan mungkin bisa disedekahkan atau di zakatkan agar lebih berkah. Amminnn

Baca juga :

mudik-MOTOR

Ya… di Indonesia khususnya populasi kendaraan bermotor roda dua memang menjadi yang paling banyak. Selain murah dan cepat sensasi berkendara motor bagi sebagaian orang lebih fun dari pada mengendarai mobil. Ya ini memang pandangan ini akan berbeda ketika anda bertanya kepada car enthusiast… mereka akan lebih memilih mobil lebih nyaman.. soo kembali ke topic, dengan populasi yang banyak dan besar ini maka tidaklah heran ketika pemudik dengan menggunahkan motor menjadi pilihan paling rasional di tanah air… sooo…  dipasaran ada banyak sekali type motor beserta dengan kubikasi yang ditawarkan. Namun dari banyaknya type motor tersebut tidaklah semua akan cocok untuk dijadikan armada mudik lebaran dengan rute jarak menengah… Karena sebagian motor bersifat kecil dan tidak akomodatif dan sebagian motor lainya riding positionya sangat nunduk dan pasti akan menjadikan pegal dijalan… oleh karena hal tersebut maka saya berinisiatif untuk membuat artikel yang bertujuan untuk share kepada pembaca sekalian mengenai motor – motor yang cocok untuk mudik fersi saya.

Ketika anda sudah menikah dan belum mempunyai anak dan anda akan melakukan mudik dalam waktu dekat ini dengan jarak menengah, ya kkisaan malang sampai lamongan… maka sampena bisa menggunakan motor sport naked dengan kubikasi mulai 150 cc sampai 250 cc…. usahakan motor tersebut memiliki teknologi paling baru, power dan torsinya juga mumpuni. Di pasaran ada Yamaha Vixion series, Honda CB150R, Suzuki GSX S untuk kelas 150 cc dari ketiga motor ini saya sudah pernah ngetets dan saya fikir Vixion menjadi yang paling enak dan nyaman deikelas ini baik dari riding position, keempukan jok dan suspensi maupun karakter mesin yang cocok untuk medium rpm dan jarak menengah.

wp-1493290401642.

Sedangkan untuk kelas 250 cc ada Yamaha MT25 dan Kawasaki Z250 serta Suzuki Inazuma…  Dari ketiga motor ini secara riding position dan kenyamanan berkendara maka sampean say atidak meragukan Suzuki Inazuma untuk sampean jadikan armada mudik.. selain ia padet torsinya juga memiliki riding position yang nyaman jika digunahkan dalam rute jarak menengah. Bisanya pasangan yang baru menikah dan belum memiliki anak cenderung tidak membawa barang bawaan terlalu banyak saat mudik. Jadi bagi mereka menggunahkan motor naked sport masih menjadi idola….

Baca juga :

suzuki-inazuma-3

Namun ketika anda sudah memiliki anak satu dan dalam waktu dekat ini anda akan rencanakan mudik dengan menggunahkan motor. Yang bisa say arekomendasikan adalah coba anda menggunahkan motor metic dengan kubikasi angtara 125 cc – 250 cc dan memiliki akomodasi bagasi yang luas… Selain itu carilah motor dengan torsi yang linear atau padet dari rpm bawah hingga rpm atas… riding position enak dan memiliki tingkat kenyamana yang baik.

Jika anda ingin mudik dengan menggunahkan motor metik tidak salahnya juga anda untuk mempertimbangkan Honda Vario 150 bagi anda yang hanya mudik dengan route dataran dan jalan yang dilewati tidak memiliki tingkat maneuver tikungan yang tajam. Motor ini sangat enak dikendarai dalam keadaan jalan datar dan halus namun ia memiliki kelemahan pada torsinya yang ngos – ngosan ketika anda berboncengan dan menghadapi route menikung dan tanjakan. Ya…  bisa jalan she.. namun gak bisa kenceng…

IMG_20170311_155519

Namun ketika route yang akan anda hadapi bersifat random… Perkotaan, pantura dan pegunungan maka Yamaha Aerox dan Yamaha N – Max bisa menjadi pilihan. Kedua skutik ini selain memiliki torsi yang mumpuni ia juga memiliki akomodasi yang  mumpuni dan riding position yang enak (untuk N – Max) dan suspense yang lembut (untuk Aerox). Jadi ketika anda menggunahkan salah satu dari kedua skutik ini, minimal 40% barang bawaan anda saat mudik seperti baju lebaran, perlengkapan anak dan oleh – oleh lainya sudah bisa masuk dalam bagasi yang lumayan gede. Jadi sampean gak perlu tenteng tas yang gede apalagi bawa kardus dibekang motor untuk berang bawaan saat mudik. Hal ini akan mengurangi tingkat ketidak nyamanan anda dalam perjalanan mudik karena barang bawaan sudah tercover didalam bagasi.

Nah untuk yang kelas 200 – 250 cc ini biasanya ia mudik sendiri.. anak dan istri udah pulang duluan dengan mobil seminggu sebelum lebaran dan ia baru pulang H-2… sooo…. Brugman dan Yamaha X – Max menjadi pilihan yang paling baik… Mungkin jiwa ini bukan mudik membawa barnag yang banyak di motor.. ia hanya menginginkan Susana mudik dengan menggunahkan motor… Yaa… wajar saja biasanya merka yang demen skutik gede dengan harga 5o juta keatas pasti digarasi rumahnya sudah ada mobil yang siap untuk dipakai kapanpun.

IMG_20170418_104325

yamaha X Max 300

Kalo yang jomblo mas??????????? Say asarankan anda mudik jangan pakai motor sendiri… karena malu atuh ntar dirumah ditanya ko masih sendiri?? Hehehe.. lebih baik naik mass transport seperti kereta atau bus…  bahkan pesawat bagi yang ekonominya mapan.. siapa tau dengan banyaknya cewek – cewek yang sedang mudik dengan mass transport tersebut sampean bisa kenalan dengan salah satu dari mereka dan akhirnya deket dan jadian.. hehehe gimana? Mau coba????

Last, mudik memang menjadi tradisi tahunan masyarakat Indoensia pada umumnya….. dan sekarnag puasa sudah memasuki hari ke 21 artinya tinggal 21 hari lagi kita lebaran.. yee yeee….. yang terpenting dalam perkara mudik adalah sebisa mungkin peraturi trambu – rambu lalu linytas dengan baik dan jangan lupa menggunahkan safety gear yang lengkap dan terakhir adalah bawa uang receh untuk sedekah ketika mampir masid atau bertemu dengan orang yang kurang beruntung dari kita…. Okay see youuu…..

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557 – 081335850234
PIN : D5D7E64F

Advertisements

3 thoughts on “Inilah Deretan Motor yang Paling Cocok untuk Mudik Lebaran Jarak Menengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s