Rangka Tralis Honda CB150R lebih Mahal daripada Rangka Deltabox Yamaha Vixion/R15, Ada Apa???

Munivmotoblog – Rangka Motor batangan saat ini dibagi menjadi dua model yang seribg dipakai oleh pabrikan roda dua. Pertama adalah rangka dengan model twinspar atau kita sering sebut dengan rabgka deltabox. Kedua adalah model rangka tubular atau sering kita sebut denga rangka tralis/pipa. Kedua rangka ini sekarang banyak dipalikasikan ke motor motor dengan kubikasi dibawah 400 cc. 

Namun dari kedua pabrikan Honda dan Yamaha mematok kedua rangka tersenut dengan harga yang sangat jauh selisihnya. Dimana Honda CB150 dan juga CBR150 sama sama menggunahkan rangka pipa sedangkan Yamaha Vixion dan juga Yamaha R15 menggunahkan rangka deltabox. Secara theory dab applikasi haruanya rangka Vixion dan rangka R15 lebih mahal daripada rangka tralis. Namun yang terjadi sebaliknya.

Didalam prosea penentuan harga jual spare part banyak sekali komponen yang akan dimasukan dalam harga pokok prpduksinya. Pertama adalah bahan yang digunahkan, kedua adalah gaji karyawan, ketiga adalah biaya investmen moulding (idealnya 2 tahun sudah BEP atau balik modal), keempat biaya tax atau pajak. Sudah cukup ini saja ya g dihitung untuk menjadikan rangka itu sampai ke gudang dan siap untum diatribusi. Kemudian biaya lain yang muncul selain biaya pokok tadi ada biaya diatribusi dan margin keuntungan pabrik serta diler.. sebenarnya sampai sini sudah cukup. Namun karena yang akan kita bahas ini adalah kenapa rangka Honda lebih mahal daripada rangka Yamaha yang secara idealnya kebali. Maka nilai value daei sebuah brand sepertinya juga dimasukan. Okay dari sini kita sudah ngeh kan ya.

Nah untuk mengobati rasa penasaran pembaca sekalin mengenainharga end custommer terhadap part motpr terutama rangka sampean bisa intip data berikut ini sob. Data ini diambil daei website pabrikan Yamaha dan Honda yang paling update.

Perbandingan harga rangka dari Honda CB150, Honda CBR150 CBU, Yamaha New Vixion dan Yamaha R15

NCB150R STREETFIRE 50100-K15-900ZA FRAME BODY COMP NH-1 Rp. 2.000.000,00

CBR 150 CBU THAI 50100-KPP-600ZB FRAME BODY COMP(SH SL MT) Rp. 4.468.000,00

FZ150 VIXION GP2TP-F1110-00 FRAME COMP Rp. 1.135.000,00

YZF-R15 R15 MOVISTAR 2PK-F1110-00 FRAME COMP Rp. 1.398.000,00

Dari data diatas kita bisa melihat bahwa Rangka Honda CB150 yang notabenya terbuat dari material besi dengan bentuk pipa harganya jauh lebih mahal dibanding rangka Yamaha Vixion dengan model deltabox. Ada apa? 

Apa karena mereknya Honda maka boleh jual mahal? 

Atau AHM ngambil untungnya kegedean?

Kemudian mahal ko masih saja sering kena kasus patah? 

Dan terakhir, apakah selogan harga spare part Honda murah2 itu hanya sekedar mitos atau fakta?

Okay dalam artikel ini saya mencoba menjawab satu persatu mengenai indikasi ko rangka Honda CB150R lebih mahal daripada Rangka Yamaha Vixion. Saya menjawab berdasarkan pengetahuan yang saya miliki dalam hal budgedting disebuah perusahaan. Jadi dalam artikel ini saya sedikit banyak tau mengenai harga penyusun sebuah prpduk. Dan saya juga mengacu pada data dan fakta yang telqh ditulis di artikel mas iwanbanaran. Maka dalam kondisi normal maka rangka Deltabox harusnya lebih mahal daripada rangka tralis. Yang bilang adalah Inuma san. Berikut adalah bukti screenshotnya.

* Merek honda bisa jual mahal, dalam sebuah bisnis ada yang namanya brand value, atau kita sebut nilai sebuah brand yang melekat pada sebuah produk. Sam halnya ketika kopi di wadahi segelas cup dengan sablonan starbuck maka harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal daripada kopi pada umumnya. Namun jika benar karena brand valie yang menjadikan rangka Honda CB150 ini lebih mahal, ya sangat disayangkan karena produknya tidak lebih bagus kualitasnya dibanding rangka motor sejenis lainya.

*Ngambil untungnya kegedean? Setiap pabrik memang mematok net profit berbeda beda. Tergantubg dari sistem management yang ditetapkan. Idealnya margin dari sebuah perusahaan ke distributor tidak boleh lebih dari 20%. Karena ketika sudah diatas ini maka harga produknya gak akan bisa kompetitif dipasar. Kalao rangka ini mas? Lihat aja harga ned customernya, sangat tidak kompetitif dibanding rangka Yamaha Vixion yang deltabox. 

*mahal ko masih sering kena kasus patah? Idealnya semakin mahal sebuah barang maka semakin baik pula kualitasnya. Resiko patah seharusnya lebih sedikit dibanding rangka motor serupa dengan harga yang lebuh murah. Namun kenyataan dilapangan khusus untuk rangka Hinda CB150 ini beda. Harga mahal bukan jaminan kualitas terbaik. Kembali ke poin kedua, ngambil marginya kebesaran sehingga mahal bukan jaminan bagus. 

*Selogan spare part murah motor Honda? Ya selogan ini menurut saya hanya berlaku dulu ketika market share Honda hampir sama dengan kompetitor lainya kisaran periode 2004 – 2010 an. Sehingga ia akan jual saprepartnya dengan harga yang menyamai kompetitornya bahkan lebih murah. Karena ia ingin meraih pasar kala itu. Namun ketika sekarang market sharenya udah 70% lebih maka jangan harap sparepart itu akan murah. Semboyan murah udah hilang. Sampean bisa coba sendiri bagaimana mengganti v belt antara Honda dan Yamaha atau Suzuki, mana yang lebih murah? Honda pasti yang paling mahal. Suatu contoh kecil harga rangka tralis tersebut. Jadi Honda yang sekarang bukanlah semerakyat Honda yang dulu (boleh di note catatan saya ini).

So dari sebuah tulisan ini ada faktor yang mungkin belum banyak diketahui oleh konsumen adalah semakin banyaknya barang yang terjual maka seharusnya harga sparepartnya semakin murah. Kenapa? Karena biaya BEP dari sebuah investment sudah ketutup pada tahun kedua. Kita tahu bahwa rangka tralis Honda CB150 ini sudah beredar sejak tahun 2013 yang mana sekarang sudah 2018 artinya 5 tahun. Harusnya biaya inveatment sudah keturup dan Honda bisa jualan rangka yang jauh lebih murah dari sekarang. Kalaupun ada kenaikan material dan juga ongkos kan itu juga berlaku di pabrik motor lainya? Kenapa Honda paling mahal. Ini yang menjadi bahasan dalam artikel ini. 

So…… Bisa dibilang sebuah sistem management yang boros juga berimbas pada harga jual produknya lebih mahal daripada yang lain. Margin terlalu besar dan juga terlalu jumawa dengan brand value yang ia sandang. Namun ingat sistem bisnis model seperti ini di era digitalisasi ini lambat laun akan terbongkar dan konsumen bisa teredukasi bahwa beli itu jangan brand tapi value yanh diberikan. Ya sama halnya dengan rangka ini salah satunya. Masak pipa lebih mahal daripada primeter frame (deltabox)? Tanya kenapa…

Advertisements

23 thoughts on “Rangka Tralis Honda CB150R lebih Mahal daripada Rangka Deltabox Yamaha Vixion/R15, Ada Apa???

  1. bdt

    Tralis lebih banyak las lasan, itu costnya gede juga. Biaya las per m lari.Deltabox cuma satu. Dari harga material juga lebih mahal, karena lebih berat tralis. Pipa pejalan dgn pipa berlubangbeda. Satu lagi biaya overhead ahm lebih gede dari ymh, jelas karyawan ymh orsouching semua, kecuali level tertentu. Ahm tau sendiri, banyak yg tetap, A da juga kontrak.

    Like

    Reply
    1. Munivmotoblog Post author

      masalahnya pipa di honda CB150R kualitas las lasan dan materialnya gak sebagus rangka lainya. Kecuali dia kokoh dan kuat kemudian jarang terjadi patah. mungkin masuk akal

      Like

      Reply
  2. bdt

    Dari thn 2010 era digitalisai dah deras, apakah konsumen makin bodoh dgn naiknya ms ahm sampe 2018, sedangkan ms ymh dari 2010 terus turun,? Produk china, minerva ngak laku, itu artinya konsumen bisa menilai, apakah dgn ahm.konsumen jadi buta??

    Like

    Reply
  3. Sijo

    Deltabox vs perimeter biar head to head.misal r15 sama cbr yg rangka perimeter. Bandingkan harga lalu liat barangnya.misal digetok getok tebalan yg mana.apa yg mahal bagus ato malah yg murah lebih bagus. Ato hanya jualan nama

    Like

    Reply
  4. bdt

    Kalu patokannya BEP dah ketutup hrsnya lebih murah, begitu juga produk lain, semisal vixion non vva atau motor lainnya. Atau produk apa saja, jln tol yg sdh balik BEP apa tarif turun? Ngak pernah. Kan? Sampel ajalah, warung bakso, BEP dah balik, apa semakin lama turun??

    Like

    Reply
  5. Al14nd0

    harusnya dikomper apple to apple
    deltabox vs deltabox
    tralis vs tralis
    jadi bandingin aja harga deltabox vixion vs deltabox minerva
    tralis CB150R Vs Tralis Ninja 250 Vs Tralis R25
    mana yg lebih mahal?

    Like

    Reply
  6. bdt

    Jawabannya mas muniv sebenarnya dah dijawab sendiri, deltabox vixion yg dari material besi ( bukan aluminium asli) dibuat mulai 2007, sekarang 2017, sdh 10 thn, artinya kenapa deltabox lebih murah dari teralis yg dibuat mulai thn 2010 ( koreksi kalu salah), jualamnya ya aja vixion lebih banyak dari ncb., , otomatis jualan lebih dikit lebih mahal, jarang lebih murah,

    Like

    Reply
    1. ockta

      mas maaf saya nambahin ya, kalo didalam perhitungan budgeting dimasukkan variable waste atau bahan sisa. didalam rangka twin spar lebih efektif dalam menangani waste karena merupakan sebuah cetakan, tapi bahan mentahnya mahal. coba dilihat velg almunium sama velg jari2, material besi, mahalan mana? nah kalo dilihat dari desain tralis (katanya) dari cb150, pipa penopang utamanya diameternya berapa, berapa banyak sambungan yang harus dibuat untuk mengakukan rangka, berapa banyak juga harus dibuat sambungan, untuk mengejar kekakuan. monggo dilihat mas bentuk trellisnya.. untuk mengejar waste yang kecil dibuat sambungan pendek pendek, untuk mengejar diameter kecil, dibuatlah bentuk banyak sambungan, tapi yang anehnya ada bagian silang yang mudh patah. monggo dlilihat mas.

      Like

      Reply
    1. Nippon Bagero

      Biasa sales penjilat ahm ya pasti membela tuanya…!!!
      Tenang entar konsumen jg pada sadar.😎
      Ingatkan raksasa hp nokia kolaps juga, siemens, motorola, blackberry akhirnya kolaps semua karna terlalu jumawa..!!!😂😂

      Like

      Reply
  7. Ronnyak

    mo ty, kalo ganti rangka 1 set, itu nomer rangka nya gimana ya? diketik ulang? (siapa yg ketik, atau pesannya dgn request nomer rangka sesuai BPKB/STNK) atau nomer rangka yg lama dicabut, dilass ke rangka baru?

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Rikimaru

      tau alasannya karena apa?

      karena dibagian “sumbu X” tersebut tidak ada semacam plat penyangga (orang jawa istilahnya “trebil”) penguat, sehingga ketika mendapat beban gaya yang melebihi kekuatan teralis maka dia bakal retak/rompal/prothol.

      NOTE : JANGAN SAMAKAN DENGAN BENTUK TRALIS NINJA H2R, KARNA KLO DILIAT EMANG NAMPAKNYA BESINYA KECIL DIAMETERNYA, NAMUN KITA TIDAK TAU MATERIAL APA YANG DIPAKE KAWASAKI DLM PEMBUATAN FRAME TERSEBUT, DAN JANGAN PULA MENTANG2 SAMA2 PAKE FRAME MODEL TRALIS PIPA LEDENG TRUS TRALISNYA H2R DIBILANG SEBELAS-DUABELAS DENGAN TERALISNYA HONDA AHM, KAYAK YG DIBAHAS DISUATU BLOG BEBERAPA WAKTU LALU ITU, BEDA KELAS BUNG!!!

      Like

      Reply
    2. Bandar jengkol

      Kta spa, ane owner cb sring pke pull rpmnya mlhn sring pke blpn +- 150 km jkt indramyu mtornya sdh 2 thun jaln pntra swktu brglmbang/rsak. Smpi skrang gk patah. Mas mas tlong klu bsa mnta tolong patahin dong motor saya klau bsa sma yg ska nyiyir dan bsnya jlkin mrk lain. Sya ykin yg ska ngmong itu slin sales dan dia ngiri trmsk gk gblek motor mhal. Plng2 kls bbek mtrnya wlpn mtr gde tpi mtor bkas. Ayo klo gk prcya bwa bogem/grgji atu aplh atu ente coba pke/tes mtor cb sya klu trbkti aku ksh hdiah mtor bru apa mau mu. Ngerti ora tong. Maap aku soalnya pnya mtor itu dan ksinggung. Sorry bro aku bkn sles dn aku knsmen bro. Klu prlu kta blpn pke mtr xb lwn vxn jkt- crbon duel kra2 spa yg juara dan lhat ada yg pth gk.

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s