Kemaren Honda Vario Ganti Part Habis 1,8 Juta, Kini Yamaha X Ride Service Besar Habis 2 Juta Coy.. Ngeri Ngeri Sedap….

Munivmotoblog – Jika kemaren kita mendapati bahwa biaya service dan juga pergantian part honda vario 125 milik bro yogie habis 1,8 jutaan. Kini ada lagi netizen yang budiman mengunggah postingan biaya service Yamaha X ride miliknya dan biayanya mencapai 2 juta maz bro.. wuihh… Bagaimaba kronologisnya, yuk simak disini sob.

Awal mula mas bro bibib wahyudi ngeshare foto nota service yamaha x ride miliknya di grup facebook yamaha x ride & x ride 125 indonesia. Keluhanya adalaah biaya perbaikan service besar yang dialaminya terlampau mahal dan ada lagi kerusakan pasca motor dilakukan perbaikan. Mungkin biaya untuk service besarnya dengan nilai total 2 juta rupiah itu tidak dipermasalahkanya, but.. bro wahyudi ini mengeluhkan kenapa setelah di service besar ada lagi diagnosa pasca perbaikan yaitu pergantian ECU x ride. Kenapa gak pas awal dia melakukan service. Ada kecurigaan bahwa ECU tersebut sudah diganti bersama mekanik atau ECU itu rusak pasca dilakukan service besar. Berikut screen shoot keluhanha sob :

Balik lagi ke topik pembahasanya.. dalam case ini ada beberapa kejanggalan yang mungkin beraifat administratif namun bisa bersifat upping price. Yaitu mengenai nota penjualan dan biaya service. Dimana dalam kenyataanya sekarang service resmi di beres walaupun hanya pergantian olie dan juga service ringan mendapatkan nota berupa print out dan distempel oleh bengkel resminya. Nah ini maz bro.. habis 2 juta nota malah hanya ditulis tangan saja.. soooo.. praktek praktek seperti ini harusnya mulai ditinggalkan di bengkel yang notabenya resmi. SOP perlindungan konsumen terhadsp barang yang dibelinya murni harus diimplementasikan. Kalau seperti ini apa bedanya dengan bengkel dipinggir jalan, sama sama pakai nota tulis tangan dan sama sama gak bisa diprediksi habis berapa sampai bener.

Saya disini bukan mengkritisi motor atau pabriknya. Melainkan budaya bekerja di jaringan bengkel resminya yang kudunya ditindak tegas demi menjaga kepuasan pelangganya. Ini merupakan salah satu basic management yang semua corporate yang mau maju harus wajib memilikinya.

Soo… Lanjut lagi mari kita bandingkan bersama mengenai kejadian yang menimpa bro yogie dengan honda varionya yang habis 1,8 juta dan juga bro wahyudi dengan yamaha x ride nya.

Diatas nota perbaikan dan pergantian part honda vario 125 tanpa service besar

Diatas ini merupakan nota biaya service besar yamaha x ride dengan segala piranti yang digantinya.

Melihat perbandingan nota diatas dan kita abaikan bahwa nota tersebut ditulis tangan. Bisa kita analisa tipis tipis bahwa setiap pergantian part Yamaha bisa dilihat lebih murah dibanding Honda. Dari mananya? Ya dari pekerjaan dan juga jenis service yang dilakukan. Kalau diatas Honda vario hanya service ringan dan bongkar CVT kemudian pergantian part part yang ada di CVT metic habis 1,8 juta. Sedangkan untuk pengerjaan dibawah meruapkan service besar dengan pekerjaan lebih dari 1 x 24 jam dengan biaya 2 juta Kemudian part part yang diganti merupakan part yang ada didalam engine. Artinya turun mesin lah maz bro..

Last, memang di indoensia ini masalah perlindungan konsumen masih menjadi yang terbelakang. Belum ada sistem yang baik dan jujur yang ditepakan oleh swasta dalam memenuhi kaidah perlindungan konsumen. Jadi jangan heran apabila banyak komplain sana sini. Yaaa… Gak di kasih tau dari awal ko. Mas ntar habianya segini lo.. mas yang dikerjakan ini loo.. dan kesemua ini baik honda dan yamaha dilakukan oleh bengkel resmi. Opo ora mencak mencak sampean ngeneki.

BTW dengan dua kejadian ini kayaknya bengkel swasta non resmi ada peluang buat memperbaiki service dan layananaya dengan model profesional by kepuasan pelanggan dan transparansi biaya pengerjaan. Saya yakin semakin banyak saingan (kompetitor) bengkel resmi gak akan seenaknya patok harga ke konsumenya. Tul gak mas bro? Bagaimana pendapatmu mengenai ini.. tolong share opini dan masukanmu dikolom komentar yakk.

Advertisements

4 comments

  1. kemarin saya habis servis cvt mio j kang, cuma habis 700 ribuan, udah inc pulley, kampas kopling ganda, sliding sheave, mangkuk kopling ganda, yang paling mahal itu kopling gandanya, 250 ribuan kl nggak salah, mangkuknya 100 ribuan, sliding sheave 170 ribuan. ternyata yamaha nggak terlalu mahal kok..

    Like

  2. Lihat rincian biaya banyak yang janggal.
    1. Ini motor standar apa motor yang udah dimodif dibalikin ke standar?
    2. Ada part yang ga perlu diganti kalau hanya servis besar terlebih jika motor standar.
    3. Orang dengan pemakaian buruk sekalipun, seperti jarang servis bahkan jarang ganti oli, motor standar ga perlu sampai ganti blok, masih bisa korter untuk oversize, per klep juga bukan part yang mudah rusak sebenarnya, klep dari pengalaman saya hanya perlu di skir. Piston mungkin ganti kalau silinder tergores dan perlu oversize.
    Pengalaman saya top overhauled di mobil itu 150rb km usia lebih 10tahun baru ganti valve set. Untuk motor bahkan setelah 5tahun masih kondisi bagua dan tidak ada penggantian part2 tersebut kecuali dikehendaki oleh konsumen, jika konsumen tidak diberi tahu artinya ada upaya markup.
    4. Yang Aneh lagi servis berkala ditagih 70rb tapi ada lagi tagihan servis besar 100rb? Setahu saya disebut servis besar atau mayor itu karena scope of works yang ada dalam servis berkala tidak mencukupi atau kurang sehingga dibuat scope of works yang lebih.
    Ongkos kerja top overhauled motor 1 silinder 300rb? Aje gile, saya jasa top overhauled mobil 2000cc 4 silinder cuma 1jt.
    5. Di nota ada Cop, itu maksudnya silinder head? Ini juga aneh, kenapa mesti diganti? Seburuk itukah kondisi sebelum servis?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s