Case Honda All New CBR250RR Baru Lupa Gak Diisi Air Radiator dari Pabrik AHM, Jian Semberono…..

Munivmotoblog – Peran QC dalam menjaga mutu produk hingga ke tangan konsumen mennadi sangat penting, apalagi dalam hal ini adalah pabrikan motor sekelaa Honda dan yang terkena deffect adalah produk premium mereka yaitu Honda All New CBR250RR. 

Kasus ini terjadi menimpa salah satu user all new honda CBR250Rr yang tergabung dalam grup facebook. Keluhan ini dialami sendiri oleh bro Agus dimana dalam kondisi baru motor all new honda cbr250rr ia sering sekali overheat. Padahal kondisi motor baru, namun mesin mudah panas. Setelah dilakukan  cross check oleh bro Agus ditemui bahwa air radiator tidak terisi dari baru (diler). Walah ko ngeri ngene  beli motor 60 jutaan final inspectionya alakadarnya. Sembari dalam poatingan tersebut diberikan foto gambar bahwa air radiator emang gak ada… Jian sobek tenan ki rek…

Kembali ke topik, pertanyaan yang mendasar, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Kesalahan user atau lolos serangkaian QC AHM. Okay mari kita pecah bareng – bareng. Case yang ada diatas berobyek motor baru dipakai beberapa hari yang artinya motor ini baru berjalan beberapa km dan tidak munhkin dalam jangka waktu yang pendek tersebut air radiator bisa habis. Dari foto yang dishare bahwa memang gak ada indicator air radiator dalam kondisi low atau full (berarti air radiator kosong). Nah berarti case mengarah kepada pada saat assembly di plant AHM motor lupa diberi air radiator , dilanjut teledornya QC dalam melakukan check pada produk. Hasilnha? Unit yang diterima dikonsumen bermasalah. Ini siklusnya dan sistemnya dalam hal pengujian produk. Ada istilah yang namanya QC Pass, QC pass ini hanya boleh diberikan kepada unit yang benar – benar siap di distribusikan kepada konsumen. Dalam istilah mudahnya siap untuk dikendarai dan dipakai sampai pada waktu service pertama dilakukan +- 500 – 1000 km atau satu bulan setelah unit diterima.

Final QC merupakan pengecekan terakhir sebelum motor dimasukan dalam ruangan gudnag distribusi. Dalam proses ini tidak ada istilah motor dalam keadaan defect yang critical (bisa dilihat dalam pantauan mata). Air radiator merupakan komponen liquid yang bisa dilihat dan dapat di cek secara visual oleh peyugas QC. Sehingga case seperti diatas merupakan case critical yang seharusnya tidak terjadi.

Soo… Untuk golongan motor dengan harga 60 juta keatas kejadian lupa mengisi aie radiator ini ko memalukan ya… Karena kalau kejadian ini tidak segera diketahui masalahnya oleh user dan diler, maka kondisi mesin motor akan mengalami trouble yang pasrinya akan membutuhkan biaya banyak untuk maintenance. 

Semoga fihak AHM melihat dan segera mengambil tindakan dalam kejadian ini. Lah jebule pabrik lupa kasih air radiator kang bro… diler juga lupa… konsumen kecewa. Semoga kejadian ini hanya kasuistik (terjadi hanya di beberapa motor saja yang bisa dihitung dengan jari). Okay see you…

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

25 thoughts on “Case Honda All New CBR250RR Baru Lupa Gak Diisi Air Radiator dari Pabrik AHM, Jian Semberono…..

  1. jun

    mungkin bukan gak di isi, tp pabrik hanya mengisi radiator dan tanki cadangannya saja. mereka lupa klo water jacket ny masih kosong. akibatnya saat motor dihidupkan air radiator yang di tanki cadangannya tersedot ke water jacket ny. jd kelihatannya tanki radidiatornya kosong. klo menurut saya klo gak ada air radiator ny, tu motor udah pasti overheat/ stall/ ngejem…..

    Like

    Reply
    1. godjie

      betul bukan tidak diisi tapi hanya diisi radiator dan reservoirnya saja sehingga waktu motor nyala air di reservoir tersedot ke water jacket, hal seperti ini pernah kejadian juga di cbr 250R saya waktu dulu beli tahun 2011, tapi langsung ketauan karena waktu motor saya hidupkan tiba2 air di reservoir langsung turun berada di bawah garis minimal.

      Like

      Reply
  2. hr15de

    Para pemakai roda 4 yg berpengalaman pasti akan melakukan ritual cek radiator setiap akan menyalakan mesin, selain cek oli.
    Ini belum umum mungkin buat pemakai roda 2, padahal sekarang banyak motor yg pakai radiator. Radiator kosong bisa merusak mesin secara fatal lho.

    Like

    Reply
    1. djoko agoes

      Jangan kan yg kosong kang mesin kompresi tinggi radiator gak sanggup mendinginkan aja bisa hancur tuh mesin pengalaman liat sendiri batang klep sampe bengkok kepala piston bonyok hampir jebol gegara knocking overheat tetep digeber buat balap. Next semoga gak terjadi keteledoran seperti diatas

      Like

      Reply
  3. sapta419

    Itu mungkin bisa jadi kesalahan di pabrik, tapi QC terakhir harus mengecek semuanya biasanya di lakukan sebelum unit di kirim, semua motor yg di jual dan sebelum di kirim ada mekanik yg jd QC akhir apakah unit ada masalah apa tidak / layak jual. Contoh, tes hidup, lampu2, tes ride, suara mesin,dll.
    #pengalaman

    Like

    Reply
  4. Arlong

    Ane bilang sih itu bisa saja merupakan keteledoran yang beli motor saja, keliatan banget ybs ngga paham sama sekali soal teknik motor, sampek air radiator kosong aja gak bisa sadar-menyadari dampaknya pada engine yang overheat. Keliatan itu ybs mungkin bisanya memperlakukan motor yg penting asal bisa digas, lari kencang dan bisa buat gaya. Tapi begitu merambah masalah teknik yg bisa dibilang tidak begitu rumit malah ga paham dan ga sadar sama sekali.

    *bukan bermaksud menyalahkan, hanya geregetan aja kok sampek gak segera sadar.

    Like

    Reply
    1. donimagie

      emang orang pake motor dan mobil harus ngerti mesin?? klo punya kendaraan ga ngerti mesin tp rajin ke begkel ptnya ga ada msalah…. klo ngomongin konsumen cowok boleh lah, mesti ngerti mesin, lha terus klo yang beli cewek, mesti ngerti gitu???

      ini ngomong kendaraan baru gress keluar dari delaer rogoh kantong 60 jutaan mas…….
      beli dari dealer ya pengennya langsung pakek, emang terus dibongkar2 dicek-cek sendiri, konsumen khan tahunya barang baru, dari luar ga ada cacat terus pakek…..klo ada keteledoran terus ngebego2in konsumen???

      dagangan situ keganggu sama artikel ini???

      Like

      Reply
      1. donimagie

        apalagi radiator yang ngumpet?
        konsumen dibego2 gara2 ga tahu ga ada air diradiator di motor baru seharga 60 juta?? emang di panel speedo muncul gitu warningnya? khan engga juga?

        pabrikan ngejar waktu produksi, kualitas terabaikan….

        Like

  5. satria ludiraseta

    isi artikelnya sih bagus…nice info…tapi dari sekian judul artikel kok tata bahasanya nganu…..
    iyain ae wes :p

    Like

    Reply
  6. Arlong

    yaahh… semua memang punya argumen masing2, punya sudut pandang masing2. Cew pakai motor/mobil gak harus ngerti mesin? well yg punya warung sudah bikin artikel yg berhubungan dg hal tsb.

    Like

    Reply
  7. Penggembalakambing2017

    QC quality control
    QA quality assurance
    Panas,overheat dong…..f be ha
    Makanya gw kagak beli motor itu dan teman 2 nya
    Kecuali si megy pendingin udara yg sohc irit dan halus…

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s