All New Yamaha R15 Terdistribusi Sebanyak 8000 unit pada Bulan Mei… Info 52 Unit adalah Penjualan R15 Model Lama…

R15

IMG_20170513_100952

munivmotoblog – Tadi pagi saya melihat berita geger di dunia blogger dan media masa engenai angka penjualan speda motor fairing kelas 150 cc. Dimana pada data yang dipublish rekan rekan saya blogger menunjukan bahwa All New Yamaha R15 hanya terdistribusi sebanyak 53 unit saja dibulan mei. Hal ini membuat saya tidak langsung ikut – ikutan nulis. Tapi mencoba contact internal YIMM untuk mendapat data yang sebenarnya. 

Kenapa mas ko gak percaya data dari media atau lainya? Jadi pada dasarnya ini merupakan bukan tidak percaya, namun saya melihatnya dari study data statistik ini merupakan standard data yang error. Ehh maksudnya gimana mas, kasih saya penjelasan yang masuk akal? Okey maz bro… jadi dalam ilmu statistik (ilmu yang mempelajari tentang angka) ada yang namanya data simpangan. So simpangan atau deviasi adalah suatu metoda yang digunahkan untuk mengukur bagaimana nilai-nilai data tersebar. Bisa juga didefinisikan sebagai, rata-rata jarak penyimpangan titik-titik data diukur dari nilai rata-rata data tersebut.

Jadi saya kasih contoh neh sob, kalo misal sampean sering dikasih bonus sama atasan senilai 1 kali gaji pokok, kemudian dibulan yang sama performa dan kinerja sampean sama dan disisi lain perushaan juga tidak mengalami defisit bahkan untung, dan bonus sampean hanya diberikan 20% dari gaji pokok, nilai ini wajar atau tidak? secara statistik ini dikatakan tidak wajar dan simpanganya besar.

IMG_20170513_132530_315

Seperti halnya Yamaha R15 produk baru yang bulan – bulan sebelumnya terdistribusi ke dealer sebanyak 5000 an unit untuk versi terbarunya dan 1500 unit untuk versi lamanya.. dan pada bulan mei hanya terdistribusi sebanyak 52 unit saja..

Jadi data relanya seperti ini yang sudah publish :

  1. Januari = Honda CBR150R : 7.513 unit, Yamaha R15 2.116 unit, Suzuki GSX R 150 1552 unit
  2. Februari = Honda CBR150R : 7.568 unit, Yamaha R15 2.268 unit, Suzuki GSX R 150 4.128 unit
  3. Maret = Honda CBR150R : 5.591 unit, Yamaha R15 1.697 unit, Suzuki GSX R 150 1.945 unit
  4. April = Honda CBR150R : 5.139 unit, Yamaha R15 5.820 unit, Suzuki GSX R 150 1633 unit
  5. Mei = Honda CBR150R : 7.241 unit, Yamaha R15 52 unit, Suzuki GSX R 150 3897unit

note : untuk bulan Januari sampai dengan maret penjulana Yamaha R15 model lama. Jadi efek dari new product All New Yamaha R15 terbaru baru muncul dibulan April.. Yuk kita simak data diatas… Mari kita bandingkang data penjualan bulan april dengan bulan mei.. Dual bulan ini menjadi tolak ukur apakah pasar dikelas ini sedang grow up atau sedang menurun. Salah satu kuncinya adalah, ketika sampean melihat data kompetitor Yamaha naik seperti CBR dan GSX, maka bisa dibilang demand dan pasarnya lagi tumbuh dikelas ini. dan begitupun sebaliknya. Nah pada bulan mei rerata distribusi kedua motor CBR dan GSX naik 2000 an unit dibanding bulan sebelumnya. yang artinya permintaan dari Honda CBR150R naik kisaran 20% dari bulan april dan Suzuki GSX R naik 110% dari bulan April.. So… dua motor ini sama – sama naik berarti pasar dikelas ini grow up 65%. Kenapa Yamaha malah hanya terdistribusi 52 unit saja?

Akar masalahnya adalah bahwa data yang dipublish 52 unit tersebut adalah nilai penjualan dari Yamah R15 yang lama. Jadi sekarang Diler – diler Yamaha selain menjual Yamaha R15 yang baru, mereka juga menjual Yamaha R15 yang lama untuk ngabisin stok. Soo… kemudian yang baru laku berapa donk mas? Jadi by WA saya contact mbak Chandy dia merupakan koordinator blogger untuk informasi valid dari YIMM langsung. So… Yamaha All New R15 bulan mei angka distribusinya sebanyak 8000 an unit. So artikel ini bisa sampean bookmark dan semoga press releasenya segera turun. Jadi info ini adalah unofficial… namun kebeneranya jangan ditanya lagi sob.. hehehe

wp-1492909647182.

So….. Mungkin karena saya bekerja disebuah perusahaan yang berhubungan langsung dengan angka – angka dan data real dalam sebuah lembaga uji.. Maka ketika ada data yang menurut saya kurang pas secara statistik.. saya pasti akan melihatnya sebuah simpangan dan error jadi secara etika jurnalis maka saya tidak akan menulisnya dan mencoba untuk konfirmasi dulu ke yang bersangkutan dalam hal ini YIMM… Namun dalam artikel ini saya juga tidak bilang bahwa yang nulis 52 itu salah, infonya benar dan kalo saya lihat mereka mendapatkanya dari sumber detik.com.. namun angka penjualan hanya 52 unit tersebut bukan untuk Yamaha R15 model baru melainkan model lama…

Jadi dalam artikel ini clear…. Saya menulis ini tidak lain bertujuan untuk keamanan kepada konsumen R15 yang baru. Mengingat ketika motor yang dibelinya tiba – tiba gak laku dipasaran, maka hukum ekonomi akan berlaku yaitu depresiasi nilainya akan tinggi sekali saat motor tersebut dilelang dipasaran motor bekas. Depresiasi ini kalo terjadi secara real gak masalah, emang motor itu gak laku.. tapi kalo depresiasi ini terjadi karena pemberitaan media yang kurang pro aktif ya saya berhak tulis yang benar… Okay se youu…..

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557 – 081335850234
PIN : D5D7E64F

Advertisements

3 thoughts on “All New Yamaha R15 Terdistribusi Sebanyak 8000 unit pada Bulan Mei… Info 52 Unit adalah Penjualan R15 Model Lama…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s