Terulang Kembali Biaya Service Honda Supra X 125 Habis 2,4 Juta, Mark Up Harga Spare Part Di Bengkel Resmi, FAKTA !!!!

munivmotoblog – Setelah kemaren Honda Vario 125 mengalami nasib yang sama yaitu service CVT habis 1,8 juta, disusul Yamaha X ride yang habis 2 juta dengan pengerjaan service besar. Kini lagi lagi kejadian service resmi di bengkel AHASS dengan motor Honda Supra X 125 keluhan knalpot keliar asap putih aka ngebul dan si pemilik dapat bill 2,4 juta… Udah kek service mobil aja neh sob.. bagaimana kisahnya, yuk simak berikut ini.

Ia adalah bro wan kunia mengeluhkan biaya service yang ada di salah satu bengkel AHASS. Awal mulanya doi mengeluhkan motor yang ditungganginya Supra X 125 mengalami masalah ngebul atau keluar asap di knalpot motornya. Kemudian dia bawalah ke bengkel AHASS dengan harapan motornya segera kembali seperti sedia kala. Sebelum dia melakukan service sudah menanyakan di bengkel umum maupun dibengkel resmi honda dengan perkiraan biaya 1 jutaan, ingat 1 jutaan ya.. dengan biaya yang dia fikir masih bisa di cover tersebut maa bro kurnia ini memberanikan diri untuk membawa motor honda supra x 125 nya ke bengkel resmi honda aka AHASS. Dan setelah proses pekerjaan memakan waktu 2 hari dan pas proses pengambilan doi disodori nota dari bengk resmi mencapai 2,4 juta… Wuikkkk selisih perkiraan dari awalnya 1 jutaan sampai ke 2,4 jutaan dua kali lipat lebih. Untuk keluhan dari doi saya lampirkan dibawah ya sob..

Keluhan mahalnya biaya service di ahass ini ia share di grup pengguna honda supra x 125 holic. Dan tanggapan dari para pengguna supra x yang tergabung dalam grup itu mengatakan bahwa biayanya tidak wajar, banyak harga spare part yang di mark up. Kemudian antara keluhan ngebul dan pergantian spare part seperti kampas kopling tidaklah ada hubunganya. Sehingga postinhan ini menjadi ramai dan menduga bahwa bengkel yang bersangkutan melakukan mark up harga spare part dan pergantian part yang tidak perlu.

Kejanggalan kejanggalan terjadi dari penggunaan nota service dimana biasanya bengkel resmi ahass selalu menggunahkan nota print out dalam segala bentuk transaksi penjualan part maupun service. Fiks dari sini kota bisa melihat bahwa perlindungan konsumen di sisi service di bengkel resmi tidaklah terlindungi. Korban korban mark up spare part bukan kali ini saja terjadi. Kemaren honda vario 125 gangi bagian cvt saja habis 1,8 juta… Sekarang honda supra x 125 habis 2,4 juta. Soo…. Apakah standard bengkel resmi yang diberi label AHASS adslah sebuah usaha yang bersifat memeras cistommernya dengan memberikan rincian biaya tidak dimuka. Artinya apa? Dalam prpse pergantian part tidak ads persetujuan dengan pemilik motor tiba tiba diganti semua yang ujungnya mengejar profit yang tidak fair. Satu sisi bengkel ahass diuntungkan karena bisa menjual part lebih banyak dan harga mahal di satu konsumen saja. Disisi lain konsumen dirugikan atas tafsiran biaya yang jauh dari perkiraan awal.

Praktek praktek seperti ini harusnya sudah bukan lagi masuk taraf komplain tapi sudah masuk taraf penipuan. Kenapa penipuan? Karena hak konsumen untuk nendapatkan biaya yang fiks dan transparant diawal tidak dikerjakan oleh bengkel resmi dengan dalih ntar saja.. kalimat ini yang menjadi momok para user yang mau service motor di bengkel resmi. Harusnya dengan adanya bengkel resmi maka konsumen lebih aman dslam hal biaya dan keoriginalitas spare part. Dimana mana juga seperti itu.. namun kejadian diatas jelas menunjukan bahwa sistem kelola bengkel resmi honda yang ada di indonesia masih jauh dari kata transparant dan jujur. Praketek mark up dan praktek pergantian part yang tidak berhububgan langsung dengan case motor sengaja dilakukan demi mendulang peofit yang tinggi… Sooo.. kalau bengkel reami saja sudah merenggut hak konsumen dalam hal transparansi biaya? Dimana letak ganggung jawab ATPM yang mengelola itu dengan slogan 3S paling baik.. iya baik…. Baik buat nguras dompet konsumenya… #ripbengkelresmiahass

Advertisements

5 thoughts on “Terulang Kembali Biaya Service Honda Supra X 125 Habis 2,4 Juta, Mark Up Harga Spare Part Di Bengkel Resmi, FAKTA !!!!

  1. st3v4nt

    fix mas bukan fiks….coba kirim email ke customer care honda saja jangan cuma diributin di medsos, kalau benar ada faktor pemerasan AHM akan mencabut status beresnya, dan untuk konsumen bisa menuntut balik ganti rugi moril dan materil kalau dirugikan.

    Liked by 1 person

    Reply
    1. zanzan

      nih dr tulisannya aja
      ” Setelah kemaren Honda Vario 125 mengalami nasib yang sama yaitu service CVT habis 1,8 juta, disusul Yamaha X ride yang habis 2 juta dengan pengerjaan service besar. ”
      berarti emg ga jauh beda harganya, mgkn krn resmi dan berkualitas kali yah.

      Like

      Reply
  2. Redribbon Army

    uda dari dulu sparepart Honda mahal mas bahkan tanpa markup pun.. kecuali yang sparepart mainstream macem beat atau supra x 100 cc .. coba cari sparepart motor honda yang ga umum dijalan.. dijamin harganya amit2… adapun barangnya KW… konyol kan dealer jualan barang KW, dan ORI nya mereka ga punya… dan lebih konyol, ini terjadi di honda mobil juga… pengalaman pribadi… cari Aki/ACCU Ori Honda mobilio seperti bawaan pabrik ga akan ketemu di dealer honda… mereka malah jualan KW1 dengan merk Panasonic… mana itu ACCU kalo nyari diluaran ga ada yang jual lagi. kalopun nyari yang mirip2, ga pas dudukannya, atau tutup akinya ga bisa dipasang… alhasil harus beli di dealer deh.. dan itu KW… ckckckck…begitulah honda.

    Liked by 1 person

    Reply
  3. Robin

    Buseeett ente menohok alias
    jeru sekali mbah artikelmu..😱😱😂😂👍😇
    Bisa2 mereka owner bengkel ahass & dealer ahm kata komentator diatas gak makan lho mbah😱😱😱😱Begitu juga dg karyawanya juga gak ngebul dapurnya😇😇
    Saran untuk pengguna otomotif,
    Beli sparepart ori sendiri di toko yg terpercaya yg biasanya harga rada murah dikit. Trus nanti servis dibengkel langganan pinggir jalan yg dah terkenal karna, biayanya lebih masuk akal😇😇👍👍😎😎

    Liked by 1 person

    Reply
  4. Ya sudah lahhh

    Jaman viral gini masih aja tipu-tipu. Bengkel lu jatuh lah punya nama.
    Gua Tiger Revo service besar ganti ini itu total 1,5 jt di bengkel biasa. Ganti per klep, seal klep, skir, oversize seher, jetting karbu, ganti keteng, ganti seher set, kampas kopling, ganti packing, ganti oli, dll.
    Mesin sehat kembali kayak baru.
    Nah ini bebek ngalahin motor batangan.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s