Menganalisa Data AISI Bulan Februari 2018, 10 Motor Terlaris 9 Diantaranya Metik, kemana Segment Sport 150 cc?

munivmotoblog – pergeseran pasar di industri roda dua tanah air kini kian mengerucut hanya pada salah satu segmentasi saja. Kalau empat sampai lima tahun silam segmentasi pasar motor tanah air masih merupakan random segment antara metic, bebek dan juga spprt batangan. Namun beranjak kesini kedua segment bebek dan sport batangan mulai ditinggalkan oleh konsumen indonesia mereka mulai melirik pada motor metic untuk dijadikan daily operational kendaraan motornya dirumah.

Pasar motor di indonesia kalau saya boleh bilang merupakan sebuah siklus dimana ada kirva antata sumbu x dan juga sumbu y. Siklus ini ada 3 fase yang sangat bisa dilihat secara mudah. Pertama adalah Fase penetrasi, kedua adalah fase puncak log maksimal dan terakhir adalah fase penurunan. Setuap fase ini ada waktunya sendiri sendiri. Tidak mungkin suatu segment akan terus berada diatas dalam jangka waktu yang panjang kecuali ia tidak memiliki kompetitor. Namun ketika pabrikan roda dua sama sama bersaing secara fair dalam merebutkan kue penjualan maka tidak ada yang namanya segment yang abadi, ngantuj sedikit dimakan lawanya. Begitulah kiranya..

Dalam tataran strategi penjualan juga akan sama. Seperti melakukan launching produk dengan segment yang sudah masuk ke poin ke tiga yaitu penurunan market, maka tidak lain strategi bakar uang disini tidak akan menjamin bahwa tujuan akhirnya berjualan akan mulus. Karena fasenya sudah habia, maka kue yang diperebutkan juga kecil bahkan budged yang dibuat untuk promosi bahkan tidak bisa menutup operational target income. Soo.. seperti segment sport batangan yang serapan total perbulanya tidak sampai 25 ribu tapi diperebutkan oleh 3 pabrikan roda dua tanah air. Soo.. disini saya berfikir seperti memancing bersama sama dikolam yang ikanya sedikit. Bahkan ketika zonk ia hanya saja menghabiskan umpan namun tidak mendapatkan ikan yang diharapkan.

Kolam dan ikan pada tahun 2018 paling tinggi ada di segment skutik baik entry level maupun midl level maxi skutik. Semua bisa dilihat dari data distribuai AISI dimana dsri 10 motor terlaris bulan februari 2018, 9 diantatanya adalah jenis metic. Saya bahkan sempat heran Yamaha N max dengan princing 27 juta bisa mengungguli honda Vario 150. Sooo… Disini pasar ada dan juga calon buyernya banyak… Fleksibilotas, kenyamanan dan juga akomodasi menjadi pilihan utama segment skutik menjadi primadina beberapa tahun, bisa 5 tahun belakangan ini. Ketika image motor metic sudah bergeser dari hanya buat keseharian namun sekarang sejak munculnya maxi skutik dengan harga yang reasonable, image motor metic untuk hobby mulai hype dan meninggalkan motor batangan sport 150 cc. Ya inilah pasar… Ia akan selalu dinamis, hanya sedikit orang yang bisa membacanya..

So… Last maka dari sini bisa dibilang segmentasi kue terbesar untuk trend awal tahun 2018 ini kalau mau buat motor dan pengen laku ya bikin metic sebaik mungkin. Kalau mau main di bebek ya semurah mungkin dan sesimple mungkin. Pengerucutan pasar ini melihat bagaimana dinamisnya pasar motor tanah air. Kalau menurutmu ginana sob? Bisa share opinimi dikolom komentar ya…

Advertisements

6 comments

  1. Saya masih pake bebek super, King, masih nyaman banget dan ga ada keluhan apa2.. Tapi sudah lirik-lirik Yamaha Lexi.. Karena tentunya ada pasangan yang maunya matic,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s