Idling Stop System (ISS) Honda Vario Bermasalah, Ternyata Itu Kasus Berjamaah Bro.. Cek ISS mu

honda-vario-125-fi-iss

munivmotoblog – Anda pengguna Honda vario series dengan fiture Idling Stop System (ISS). Maka anda perlu membca artikel ini sampai tuntas. Namun ketika anda tidak pengguna fitur ISS maka sampean bisa kesampingkan artikel ini atau mau lanjut juga boleh hanya sebagai knowledge. Jadi gene sob… Setelah kejadian mbrebetnya motor vario yang baru berumur 6 bulan nah setelah itu giliran fitur ISS yang eror.

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Ceritanya gene, setelah motor di service dengan dibersihkan filter udaranya dan diganti busi. Kemudian motor memang sengaja saya gunakan rute agak jauh untuk melihat apakah kondisi ngandat saat gas langsam case close atau tidak? Problem satu selesai. Sampai pada waktu itu saya cekokin motor dengan Yamalube Carbon Cleaner (YCC) guna pembersihan kerak diruang bakar. Memang performa beranjak naik, dan sekarang engine terasa lebih smooth.

IMG-20151227-00583

Oke.. jadi karena tempat tinggal saya di daerah wisata dan datanran tinggi so fiture ISS jarang saya nyalakan. Bukan karena disini gak ada lampu merah, melainkan tidak begitu ruetnya jalanan disini. Nah otomatis fitur ISS hanya saya gunakan saat berjalan – jalan ke Mojokerto kota. Jadi fitur ini hanya 40% saya gunakan. Namun apa jadinya ketika minggu kemaren fitur ini eror?

Pertama perjalanan ke Mojosari saya memang tidak nyalakan fitur ISS. Namun setelah masuk ke area kota say acoba nyalakan, dan eng ing eng… switch on ISS – lampu indikator nyala sebentar – mati lagi. Running kedua kalinya juga sama. Jadi walaupun tombol ISS posisi on jika indicator tidak nyala, sampean mau mesin idle sampai jenggoten mesin gak akan mati sob :mrrgeen: . Gak percaya? sampean bisa buktiin sendiri ntar lak di ketawain sama orang :mrrgeen: .

Saya belum bawa ke bereh Honda karena saat itu sudah jam 14.00 AHAS area Mojosari dan sekitarnya sudah tutup. Coba saya tulis di grup vario 125 – 150 ESP/ISS/CBS. Banyak inputan yang diberikan oleh owner vario yang lain. Salah satunya adalah menaikan rentangan rpm tensioner (kalo gak salah) dibesarkan dengan memutar ke kiri. Memang benar putaran rmp menjadi naik saat mesin dipanasi namun ketika dibuat jalan dan fitur ISS dinyalakan sama saja. Indicator mati dan fitur itu tidak fungsi.

Panel-Meter-Vario-150-eSP

Nah tadi kemaren motor sempet saya gunakan ke Jombang dengan jarak +- 40 km dari tempat tingal. Di awal start ISS tidak fungsi namun setelah mau balik ladalah sudah fungsi lagi. Jadi kesimpulane gene sob :mrgreen:

mati lagi mati lagi.. wassyemb wasyembbb
Nyala lagi nyala lagi asikkk asiiikkk
mati lagi nyala lagi mati nyala mati nyala… Buang Ajaa Tuh Motor 
#TERDIAMMMM SUNYII 😀

Neh mimin juga dapat dari beberapa forum kalo ISS vario dan beat sekarang gampang eror gan 😀

cats

ddd

Postingan menarik lainya sob :


Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

 

Advertisements

37 thoughts on “Idling Stop System (ISS) Honda Vario Bermasalah, Ternyata Itu Kasus Berjamaah Bro.. Cek ISS mu

  1. Luna

    Langsamnya kekecilan… biasanya habis service pertama dikecilin tuh ama mekanik AHASS-nya…. Ane beli Maret 2015 sampe sekarang ISS oke2 aja. kalo abis service gratis di AHASS emang pasti gak jalan. Tinggal digedein lagi langsamnya… beres

    Liked by 1 person

    Reply
  2. yoga

    Saya juga mengalami hal yg sama, ISS tidak kunjung nyala meski sdh berkali-kali berhenti.. Saya coba setel putaran stasionernya mengurangi putaran stasionernya, motor dalam keadaan menyala dan sdh dipakai jalan lebih dari 10 km/jam, motor distandar tengahkan, setel hingga Indikator ISS menyala atau motor tiba2 mati, maka ISS normal lagi. Saran saya sebaiknya disetel di AHASS utk memastikan putaran stasionernya terlalu besar atau terlalu kecil.. Saya sdh coba setel putaran stasionernya, sampai sekarang ISS normal2 saja..

    Like

    Reply
  3. tri agus setia

    Sama boss motor saya juga gak berfungsi ISS nya setelah service pertama, padahal baru km400 saat service pertama, tapi karena dah 2 bulan makanya saya service….bisa klaim garansi gak boss kalau seperti ini…?

    Like

    Reply
    1. Steven John

      Mas Agus,kalo boleh bntu,,,tlong cek stasionerynya,,di situ ada segel berupa cat biru,berubah ga posisi putarannya,,biasanya kalo servis pertama di kecilin kok,mas agus bisa buka jok di bagasi ada tutup lubang kecil buka stel stasioner dgn obeng sambil dilihat dr samping kembalikan sejajar dgn segel lama,,panasin motor buka gas lbh dr 10km/h,,,tunggu hasilnya..selamat mencoba.

      Like

      Reply
      1. hari kurniawan

        om steven…kalo untuk vario 150 letak stasioner nya dmn…krn masalah saya sama spt tmn2 diatas, setelah servis pertama (gratis) idling system nya ga fungsi, nyala bentar mati lg…makasih

        Like

    2. tri agus setia

      Oke mas jhon sudah coba dan berhasil, tapi setelah service kedua sepertinya stasionernya di kecilin lagi, karena ISS nya gak fungsi lagi, sebenarnya standarnya bagaimana?

      Like

      Reply
  4. One hurt

    Recall…..
    Tapi memang taunya irit,bandel jago tanjakan.itu dulu….
    Sekarang shock keras aja adem ayem…kaya varioh 150 dan all new toyota supra nissan gtr….

    Like

    Reply
    1. tri agus setia

      Oke mas jhon sudah coba dan berhasil, tapi setelah service kedua sepertinya stasionernya di kecilin lagi, karena ISS nya gak fungsi lagi, sebenarnya standarnya bagaimana?

      Like

      Reply
  5. Steven John

    Mudah all tuk iss vario,,jika setelah servis pertama bermasalah..cek aja stasionernya,pasti brubah…so kembaliin aja stel stasioner pada segel semula.,,moga sukses.thxz

    Like

    Reply
  6. mhadabdu

    Iss kalau baru jalan memang belum berfungsi. Kan ada di buku petunjuk pemakaian motor variomu, butuh jarak tempuh tertentu baru fitur aktif. Baca dulu sob buku petunjuknya….

    Like

    Reply
  7. jerry

    ISS fitur MUBAZIR bro…

    Persyaratan iss
    – motor harus dinyalakan pake electric starter
    – rpm idle 1600
    – suhu mesin diatas 70 drajat
    – tegangan aki min 12.5v
    – motor harus sdh jalan min 10km/jam
    – posisi gas tidak dibejek

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s