Travel Blog 4 Hari Di Singapore : Bandara dan Hotelnya Mantap Jiwa, Uber Disana Pakai Alphard

banner

Bandara-Changi-1

munivmotoblog – Sesampainya di singapore tepat pada pukul 14 : 00 saya beserta temen – temen lainya ingin sejenak nongkrong dan cari makan di bandara change international airport. Setelah kami landing dengan selamat kami langsung dihadapkan ke dalam bandara yang besarnya bisa 10 kali lipatnya bandara Juanda International airport. Saya berjalan masuk ke bandara untuk mengambil koper yang saya masukan ke bagasi pesawat. Oh iya bagi yang blum mengikuti artikel saya mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk keluar negeri, sampean bisa baca dulu artikel saya sebelumnya ya sob. bisa klik disini.

So…. Bandara Changi international airport merupakan salah satu bandara terbesar dan tercanggih di dunia. Rerata hampir 90% maskapai penerbangan route international memiliki jadwal take off dan landing disini. So… untuk menuju ke tempat pengambilan bagasi jaraknya lumayan jauh, untung di setiap gade atau ruang tunggu disediakan escalator flat agar kita tidak capek jalan. So setelah sampai di tempat pengambilan bagasi maka saya bergegas untuk mencari tempat makan / food court yang ada disana. Sebelumnya saya tak lupa untuk ke CS bandara untuk melakukan login untuk mendapatkan fasilitas free wifi. Setelah sampai sini maka giliran saya jalan untuk menuju ke area imigrasi bandarad dimana sampean harus menunjukan passport  dan juga e ticket pesawatyang dipesan (kalau bisa sekalian tiket pulang) agar mudah petugas bandara untuk meloloskan anda.

img_3415

Di bandara ini kita akan temukan banyak fasilitas menarik dan juga tempat belanja seperti kursi pijat electric, smooking room yang laus, toilet dimana – mana dan bersih. KEmudian tempat belanja mau dari jual soufenir sampai mau beli tas branded juga ada disni kalo saya boleh bilang ini bandara like a mall. Tempat makanpun banyak dan teroganisir dengan baik. Seperti pada waktu itu saya membeli nasi rending (uihh bang jauh – jauh di Singapore makanya rending lagi). Eitsss jangan salah sob untuk kita dapat adaptasi dengan makanan Negara lain maka kita sedikit demi sedikit harus merasakan masakan daerah Indonesia yang dimasak dengan rempah – rempah disana.

IMG_20160930_151648

apakah sama atau beda? Dan jawabanya beda banget sob… rendang disini cenderung lebih manis daripada rendang yang ada di Indonesia. Untuk bagaimana cara pesan makanan disini sebenarnya sama dengan kita beli makanan cepat saji di Indonesia seperti McDe, KFC atau fast food lainya. Namun bedanya disini sebelum sampean masuk ke depan kasir untuk pesan sekaligus bayar, sampean harus pastikan dulu menu yang akan sampean pilih. Jadi kalau terlalu lama di depan kasir masih milih – milih menu maka sampean akan diminta untuk ke belakang dan antrian di belakang anda yang akan mengisi antrian anda. Ini Negara disiplin banget masalah waktu… Manstap deh. Oh iya untuk satu paket nasi rendang beserta ayam goring dan kentang goreng ditambah minum soft drink saya waktu itu habis 7,5$ Singapore atau kurleb 73 ribuan.

Toyota Alphard 2.5 Elegance - 1

Setlah kami puas makan dan juga sebentar nongkrong dilokasi foodcourt yang ada di bandara, maka perjalanan kami lanjutkan ke Jl. Orange Grove Singapore tepatnya di Hotel Internatioan Singapore atau orang disini seringnya sebut dengan Hotel RELC. Jarak di google maps mencapai 45 km ya sekitar 60 menit perjalan dengan menggunahkan taksi. So… kebetulan saya waktu itu sudah insptal applikasi uber dalam smarphone saya, jadi yaweslah pakai uber saja dan saya juga ingin tahu berapa she harga uber disana sekali trip. Berhubung pada perjalanan kali ini saya bersama 5 teman saya so untuk mengakomodir semuanya saya pasti akan pesan uber XL. Setelah searching tidak lama lagi permintaan orderas pick up saya diterima dan setelah saya lihat di app.. wehhhh pakai mobil alphard neh.. Bajigurr dalam hati gw.. Di Singapore alphart dipakai untuk uber.. Ya udah deh saya tunggu gak sampai 3 menit driver uber chat ke nomor saya kalau dia sudah sampai pada pintu keluar 3 bandara. Saya bergegas menuju ke pintu keluar 3 dan bener sob… ubernya pakai alphard… barang semua masuk  dna juga kopernya. Perjalanan saat itu sangat lancar dan gak ada macetnya. Budaya berkendara masyarakat disana juga sangat baik. Lampu merah berhenti ya berhenti. Gak pakai selonong sana selonong sini. Perjalanan dari bandarad menuju ke hotel memakan waktu hanya 35 menit saja. Dan waktu itu saya kena charge sekitar 38$ atau sekitar 370 ribuan untuk 5 orang pnumpang jarak sekitar 45 km an… murah bukan? Jadi total perorang hanya kena charger 7,3$ atau sekitar 70 ribuan.. Oh iya sebenarnya ada alternative lain selain kita pakai taksi online, kita bisa naik MRT atau SMRT namun kendalanya waktu itu kita bawa barang dan koper banyak sehingga tidak mungkin kita ganti – ganti stasiun dengan baw akoper. Sooo saya saranin bagi yang baru pertama kali ke Singapore untuk tujuan bandara ke hotel mending pesen taksi online saja. Mengingat kalau kita kurskan ke rupiah pengeluaranya juga akan sama dengan kita naik MRT atau SMRT.

51379_15091816230036193364

IMG_20160930_180606

Tiba di hotel sudah magrib dan first impression hotelnya sangat mewah dengan 20 lantai. Hotel International termasuk hotel bintang 4 disingapore dengan banyak sekali fasilitas yang ada. Hotel ini terletak di Jl. Orange Grove berdekatan dengan Hotel Sangrila. Waktu itu saya pesan kamar dengan type deluxe room dengan tambahan breakfast soo untuk semalamnya di hotel ini saya harus bayar sekitar 1,7 juta dan untuk 4 hari disana saya saya merogoh kocek 6.8 juta rupiah. So… kamar ini memiliki dua bed yang bisa sampean isi dengan teman atau istri anda… Apakah harga hotel segini worth it? Ya saya bilang tergantung bagaimana kondisi budged liburan anda. Kalau saya pribadi harga segitu ya bisa dibilang mahal karena ya itu lagi untuk tidur uang 1,7 juta semalam haduhhh eman banet rasanya. Kecuali sehh posisinya disini saya sudah menjadi boss.. beda lagi ceritanya. Hehehe. Namun kalau dibayarin? Ya mau aja sehh… Bisa dibilang hotel ini merupakan yang paling nyaman baik dari lokasi,karena letaknya yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota sigapore. Fasilitas didalanya seperti bad yang super duper empuk dan nyaman, fasilitas di luar hotel dan juga kualitas sarapanya.. mantap deh… Bagi sampean yang sedang berlibur di Singapore dan Hotel Sangrila masih kemahalan maka Hotel RELC ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

4377323

IMG_20161001_002850

Mas hotel disana ketat gak terkat ngerokok? Jadi secara umum Singapore merupakan salah satu Negara yang menerapkan system sangat ketat untuk siapapun yang berkunjung disana dalam hal merokok. Tidak semua area atau tempat makan disana free smooking. Ada area tertentu anda boleh merokok da nada juga area tertentu anda tidak boleh merokok. Dan tempat merokok disana tuh di samping jalan sob berdampingan dengan tempat pembuangan sampah. Jadi soo bayangin sendiri bagaimana gak enaknya ngerokok disana. Kalu bandel mas? Ngerokok di hotel? Ya siapin aja duit 200$ untuk biaya penalty plus 1000$ untuk biaya  cleaning jadi totoal sampean akan kena denda 1200$ atau sekitar 11.800.000 (sebelas juta delapan ratus ribu rupiah). Jadi kalau sampean mau beli rokok disana bisa saja she tapi satu pack mallboro akan dihargai 10$ Singapore atau 98 ribu rupiah sob…

singapore-designated-areas

Days pertama saya disana hanya saya gunahkan untuk bersih2 dan juga menikmati suasana malam di Hotel. Bagaimana badan masih terasa pegel juga ditambah saya belum ada rencana untuk melanciong waktu itu. Jadi malam itu sa hanya nongkrong di café Hotel pesan soft drink dan capuchino dengan harga keduanya sekitar 6$… So Singapore dan Indonesia ad aperbedaan waktu sekitar satu jam sob… Jadi kalau sampean kesini maka kondisinya akan lebih cepat 1 jam dari waktu di Jawa.. Tidak ada yang special pada malam itu karena saya emang mau istirahat saja untuh ngehajar hari sabtu pagi aka nada petualang yang panjang…

Saya lihat penjumlahan kata dalam leptop sudah mencapai 1100 kata lebih yang artinya ketika cerita ini saya lanjutkan maka aka nada terjadi kejenuhan dalam membaca artikel di blodg saya ini… Sooo.. untuk bagaimana 3 hari say di Singapore beserta bagaimana budaya disana.. tunggu aja part ke III nya ya sobbb… BTW traveling 4 hari kalau ditulis dalam satu artikel maka saya yakin ulasanya tidak akan detail dan enak untuk dibaca.. sooo.. nantikan part ke tiganya ya.. okayyyy see you… Jangan lupa traveling Sob….

IMG_20160930_204320

nemu motor ini disana sob….

Advertisements

7 thoughts on “Travel Blog 4 Hari Di Singapore : Bandara dan Hotelnya Mantap Jiwa, Uber Disana Pakai Alphard

    1. asambackpacker01

      Geylang banyak kupu-kupu, ga siang ga malam ada terus. Tapi hotel murah, 500 ribuan banyak. Makanan halal juga cukup banyak (India & di 7-11). Klo di Downtown di atas sejuta/malam untuk hotel sekelas 250 ribuan di Surabaya. Singapura punya bandara terbaik di dunia dan termasuk negara maju, lumayanlah kalau buat cuci mata, kalau hidup di sana, 30 juta rupiah/bulan, kayaknya hidup pas-pasan.

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s