Travel Blog 4 Hari di Singapore, Tips Berangkat Keluar Negeri Apa saja yang Perlu Dipersiapkan (Part I)

X RIDE_3

clarke-quay-singapore-800x445

munivmotoblog – Siapa seh yang nggak pengen jalan – jalan keluar negeri, pasti semua orang pengen dan juga untuk kita dapat jalan – jalan keluar negeri ada hal – hal yang perlu di persiapkan demi menunjang ketenangan saat kita traveling ke luar negeri. Untuk tujuan kali ini saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca blog ini mengenai tips tips yang perlu disiapkan sebelum keluar Negeri. Siapa tau dari pembaca sekalian disini dalam waktu dekat ingin jalan – jalan ke Singapore juga.

Jadi sebenarnya saya ke Singapore selama 4 hari untuk menghadiri acara pernikahan partner bussines disana. Jadi semua biaya penerbangan dan hotel ditanggung sepenuhnya oleh corporate. So… yang perlu saya siapkan sendiri hanyalah uang saku selama berada disana kalau mau jalan – jalan, jajan dan juga beli oleh – oleh. FYI mas bro semua pada ngerti kalau penerbangan di luar negeri selama masih dalam lingkup asean kita pelu punya yang namanya pasport.

pasport-indonesia-2015_lisahuang

Pengurusan pasport untuk wilayah Surabaya sampean bisa lakukan pendaftaran secara online dan setelah daftar online sampean akan diarahkan untuk membayar biaya pasport anda ke Bank BNI (tunai) tidak bisa lewat ATM karena menggunahakan kode billing. Saya pas waktu mengurus pasport kurang lebih habis 375 ribu saja. Oh iya bagi mas bro yang doyan traveling, saya sarankan pilih pasport dengan tebel 64 halaman. Karena yang 32 halaman biasanya digunahkan untuk tenaga kerja Indonesia yang mau meniti karier di LN…. Mas mau tau syaratnya apa saja buat pasport? jadi sampean setelah selesai daftar online dan menjadwalkan foto, sampean diharuskan membawa KK, KTP dan juga ijazah aseli untuk dilakukan pengecekan di kantor imigrasi setempat. Habis itu  sampean akan ditanya, mau kemana dan tujuan apa? jawab aja mau berlibur.. habis itu foto.. udah gitu aja sambil nunggu pasport jadi (biasanya 3 -4  hari kerja pasca foto).

Tukarkan mata uang rupaih anda ke mata uang rupiah negara tujuan, Seperti singapore, ia memiliki mata uang berupa dollar singapore yang pada saat itu kursnya sekitar 9800 per 1$ singapore. Soo karena dalam trip kali ini saya sudah sepakat budgedtin duit yang sudah terorganizir… Soo negini tips yang saya lakukan saat itu. Sebelum anda traveling usahakan budged sudah disusun secara baik untuk masing – masing kebutuhan. Saya dulu budgedkan 4 juta untuk perjalanan kali ini yang terdiri dari :

  1. Uang makan, saya bidgedkan makan Perhari disana 21 dolar singapore dengan asumsi dua kali makan berat 7 dolar sekali makan, dan satu snack. so selama 4 hari saya disana estimasi budged untuk makan berkisar 84$ singapore ya sekitar 780 ribuan (woww lumayan neh)
  2. Uang transportasi, So di singapore kita ada banyak pilihan moda transportasi mulai dari taksi konvensional, uber, SMRT dan MRT. Saya waktu itu budgedkan untuk sehari disana muter – muter buat cari makan dan melihaat budaya disana, saya siapkan anggaran 15$ perharinya, atau sekitar 45$ per 4 hari disana.
  3. Uang Oleh – Oleh, Pastinya donk pas kita ke singapore banyak sekali kerabat, dan juga temen deket yang bilang. Bang minta oleh – olehnya donk? bang minta baju dari sono donk… nah kalau udah seperti ini gak mungkin kan kita dari sana pulang dengan tangan kosong. Soo… uang untuk oleh oleh saya budgedkan sekitar 200$ dengan asumsi saya akan membeli barang disana yang tidak dijual di Indonesia
  4. Uang jaga – jaga… nah dimana kalau kita pas ke luar negeri kita gak akan tau neh budged yang sudah kita susun ternyata meleset dari apa yang kita perkirakan. Sipaa tau kita disana khilaf dan makan – makanan yang ut of budged… dan juga jaga – jaga buat kalau kita kena denda… wkwkwkw untuk pos ini say siapkan 100$

item_3.thumbnail.carousel-img.740.416

Soo dari budgedting yang demikian saya bisa mengira – ngira ohhh untuk 4 hari disana saya habis berapa ya? dari perhitungan itu maka kita bisa siapkan budged untuk ditukar di bank dalam negeri dari rupiah ke dolar singapore. Jadi tadi makan 84$ + transportasi 45$ + oleh – oleh 200$ + uang emergency 100$ soo… untuk 4 hari ke singapore saya dapatkan budged 429$ atau kita bulatkan saja ke 450$ singapore. Soo… kita siapkan 4,4 jutaan buat nukering ke bank yang ada di Indoensia. Bisa juga sih sampean tukerin langsung di sana dengan ATM bank dengan logo maestro atau mastercard tapi potoganya lumayan besar. Soo.. saran saya tukerin aja di sini sob… jadi kesana tinggal berangkat..

Nah untuk budged ini sampean bisa kira – kira sendiri seperti jika.. woee bang 4 hari 4,5 juta.. mahal banget? ya gene sampean bisa pangkas juga budged oleh – oleh dari 100$ ke 100$ dan juga budged emergency dari 100$ ke 50$… hemat 150$ ya sekitar 1,4 jutaan lah.. Namun budged yang saya tulis diatas merupakan rerata pengeluaran yang fiks dan juga saya alami sendiri selama 4 hari disana… Oh Iya FYI neh di singapore memang terkenal dengan biaya makan yang mahal.. sebotol air mineral aja yang 600 ml disana bisa dijual 1,5$ atau 14 ribuan. Hrga air mineral lebih mahal dari harga soft drink. So… mantap kan….

Oh iya bagi sampean yang baru pertama pergi keluar Negeri ini harap dicermati. Ketika kita masuk bandara kan ada yang namanya security check neh. Untuk tujuan luar negeri diharapkan botol dengan isi air lebih dari 330 ml harap di masukan dalam bagasi saja. Jangan ditaruh di tas rangsel yang ingin kita bawa ke pesawat. Kemudian benda tajam seperti gunting dan juga carter tidak boleh masuk dalam tas yang akan dibawa ke kabin pesawat. Kalau sampai ketahuan petugas bandara, maka barang – barang yang saya sebutkan diatas akan disuruh ditingalkan di bagian check. Oh iya sobb usahakan biar gak terburu buru pas waktu boarding di pesawat usahakan datang minimal 1 jam sebelum pesawat berangkat. Biar gak di pangging panggil dan bikin deg degan ketinggalan pesawar guys..

BTW perjalanan saya kali ini memakan waktu 2,5 jam dari Juanda Surabaya menuju ke Changi International Airport Singapore. Di dalam pesawat kita akan disuguhi snack dan minuman ringan yang include service pesawat. Kita juga bisa pesan makanan yang disediakan oleh krew kabin pesawat jika ingin ngmil di dalam pesawat. Tapi saya sarankan bagi yang budgednya teratas pas saat traveling ke Luar negeri lebih baik bawa cemilan dari rumah saja karena kalau sampean beli di dalam pesawat harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal. dan itu sangat pemborosan sob….

maxresdefault

Saya waktu itu berangkat dengan menggunahkan maskapai penerbangan tiger air dengan route Juanda Airport Sbya terminal 2 pada pukul 10 : 00. Tiket untuk tiger air sendiri untuk route singapre pada saat itu saya dapat dengan harga 985.000. Maskapai ini keseluruhan pramugari dari singapore dan thailand jadi mereka tidak bisa menggunahkan bahasa indonesia. Jadi kalau sampean mau komunikasi atau meminta tolong harus dengan bahasa inggris. So… ketika saya duduk di bangku maskapai ini yang saya rasakan enak, kursinya lega dan juga bersih. Kemudian yang membikin saya kaget adalah walaupun posisi saya waktu itu masih berada di Airport Juanda neh, tapi mata uang rupiah sudah tidak berlaku, jadi kalau mau pesen minuman di cabin pesawat harus pakai dolar singapore atau dolar US…

Perjalanan mengahbiskan waktu 2,5 – 3 jam dan untuk cerita selanjutnya bisa disimak di part 2 ya guys…

IMG_20161001_110214_HDR

Advertisements

5 thoughts on “Travel Blog 4 Hari di Singapore, Tips Berangkat Keluar Negeri Apa saja yang Perlu Dipersiapkan (Part I)

  1. Pingback: Travel Blog 4 Hari Di Singapore : Bandara dan Hotelnya Mantap Jiwa, Uber Disana Pakai Alphard | MUNIVMOTOBLOG.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s