Review Windows 10 untuk Laptop, Layak Mendapat 4 Jempol….

Windows-10-Wallpaper-HD-5

munivmotoblog – Kemaren pas lagi enak internetan di rumah ada tawaran dari winows di control panel untuk melakukan upgrade ke windows 10. Sebelumnya admin menggunakan WIndows 8.1 di laptop Asus dengan type X453M. Sebelumnya saya ragu untuk melakukan upgrade, saya coba browsing di internet bagaimana review windows 10 untuk pemakaian jangka panjang. Ternyata banyak yang bilang lebih smooth, enteng dan yang paling penting ada tampilan start yang dulu dihilangkan di Windows 8.1.

Review kali ini akan saya share menjadi 4 kategori. Kategri pertama adalah spek laptop yang dibutuhkan, kedua adalah jaringan internet saat downloading aplikasi, ketiga adalah rubahan tampilan dari windows 8.1 dan terakhir adalah performance task manager.

Asus S451L

Pertama Adalah Spek Leptop :
Dalam proses downloading nanti agan sekalian akan diarahkan kepada standard spek yang dibutuhkan untuk menginstal windows 10. Tidak muluk – muluk sob :

  1. Prosesor berkecepatan minimal 1 GHz atau dengan kecepatan diatasnya lebih baik.
  2. RAM minimal berkapasitas 1 GB untuk Windows 10 Preview 32 bit, dan 2 GB untuk versi 64 bit.
  3. Kapasitas hard disk untuk penempatan file installasi minimal 16 GB untuk Windows 10 32 bit dan minimal 20 GB untuk Windows 10 64 bit.
  4. Memori grafis (VGA) telah mendukung Microsoft DirectX 9 dengan WDDM driver.
  5. Resolusi layar minimal 800 x 600.
  6. Akun Microsoft dan koneksi internet yang stabil.

Ketika 6 komponen diatas sudah ada di laptop agan sekalian, bisa langsung segera upgrade. Yang sekarang sudahsay ainstal windows 8 adalah laptop asus dengan kecepatan proseesor 2,16, Memory RAM 2 GB dan type system 64 bit. Kedepan laptop lenovo khusus game saya juga rencana akan di upgrade yang sekarang masih menggunakan Windows 8.1.

hack-wifi

Kedua adalah Jaringan Internet

Kalo yang ini sampean bisa menggunakan layanan speedy, indihome atau cafe wifi dengan koneksi internet yang tinggi. Karena proses upgrading yang telah saya alami memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan koneksi internet 250 mbps, download average 225 kb/detik. Nah saran jika koneksi agan sekalian lebih cepat dari itu maka proses download dan instalasi akan cepet selesai. Namun kebalikanya jika kecepatan dowload hanya 75 -100 kb/detik maka ini akan sangat memakan waktu yang cukup lama. Instalasi awal sampai selesai membutuhkan waktu 4 jam file yang terunduh hampir 4 GB sob :mrgreen: .

Beruntunglah bagi agan sekalian yang windowsnya PC/Leptopnya sudah terinstall windows 8.0 atau 8.1 maka proses upgrade ke windows 10 kita hanya seperti menginstall program leptop biasanya. Gak perlu masuk ke boot dan enaknya aplikasi bawaah/default aplikasi dari wondows lama dan dokumen yang tersimpan di system C tidak hilang sob.. Nahhh cucok buanget. Namun sampean kudu sabar proses downloadingnya emang lama. Namun ketika sudah selesai akan terbayar dengan senyum sumringah karena memang dari segi tampilan dan performance jauh diatas Windows 8.0 atau 8.1 generasi sebelumya.

Postingan menarik lainya sob :

Ketiga adalah Tampilan Windowsnya.

Pada review ketiga ini saya tidak akan banyak menuliskan kalimat/artikel. Namun sampean bisa lihat sendiri tampilandari mulai dekstop sampai submenu yang ada. Admin hanya memberikan keterangan dibawah gambar..

dekstop windows 10

Tampilan dekstop 

start windows 10

Tampilan start menu (yang dulu hilang di windows 8 kini muncul lagi)

task manager

Tampilan multi tasking udah layaknya smartphone 

my computer

Tampilan my cmputer ada HDD, dan fitur etambahanya onedrive (satu HDD untuk penyimpanan data)

search windows 10

Search aplikasi ini yang nyenengin timbilnya ada di task bar. Jadi gak perlu klik sana – sini 

action center

Action center dan tampilan aplikasi non shotcut bisa di setting di sini semua 

multi tasking windows 10

Multi tasking dua sampai tiga aplikasi bisa bersamaan tanpa harus menutup cendela

cats

Anda bisa bekerja bersamaan dean pasti efisien

start menu

Pilihan start menu juga bisa si dsetting full screen

app store

App store bisa agan download free untuk dekstop ataupun windowsphone.. Josss (syarat bikin agun microsoft windows app store)

Keempat adalah Performance 

Review terakhir yang menjadikan anda instal atau tidak adalah performance windwos 10. Setelah selesai di instal jam 7 malam say amenggunahkanya full untuk melakukan instal dan upgrade aplikasi by internet. Kira – kira saya tadi malam di dtangi istri jarum jam sudah menunjukan pukul 02.30 dini hari. Selama 7,5 jam non stop saya tidak menemukan bug smaa sekali. Bahkan saya rasa windows 10 ini sangat ringan sekali dibanding windows 8.1 saya dahulu. Aplikasi berjalan dengan lancar, multi tasking sangat mudah anda akan dimanjakan dengan fiture ringan layaknya windows phone namun versi PC/Laptop.

tas manager

Task manager CPU bekerja sangat ringan (aplikasi running saat uji : word 2 file, ppt 3 file, photoscape 2 runn, google chrome dan app store)

Daya konsumsi batrai sama – sama setting high performance dengan pengaturan pencahayaan 50% dan never sleep laptop saya mampu bertahan 4 jam dengan penggunaan super duper sibuk. Dulunya ketika say amenggunakan windows 8.1 hanya bertahan 3,2 jam saja. Beberapa aplikasi bawaan juga sangat memudahkan untuk sync aplikasi dengan bawaan Asus. Sehingga dulu aplikasi yang tidak pernahsaya gunakan karena crach dengan windows 8.1 kini sudah bisa dugunahkan sob :mrgreen:

saya bilang lompatan yang luar biasa untuk Microsoft dalam meracik windows 10. 4 jempol dah  

Last, bagi yang laptop/pcnya sudah terinstal windows 8.0 dan 8.1 dan speknya sudah sesuai diatas maka mulailah upgrade ke Windows 10.. Dijamin anda akan terpesona dengan kemulusanya. #ehhh

Baca juga artikel lainya sob:

Contact :
Primer Blog : http://www.munivmotoblog.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
Enternainmen Blog : http://www.nendangbanget.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

24 thoughts on “Review Windows 10 untuk Laptop, Layak Mendapat 4 Jempol….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s