Ini penyebab jika motor anda mogok setelah dicuci, COBA CEK BAGIAN INI

Munivmotoblog- Motor merupakan kendaraan roda dua yang sampai saat ini masih menjadi nomor wahid dan andalan masyarakat Indonesia dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu kesehatan motor dan kebersihan motor harus tetap diprioritaskan demi mendapatkan motor dalam performa yang baik. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan dari rumah dengan mudah yakni dengan mencuci motor secara rutin.

Mencuci motor juga memiliki banyak manfaat,  salah satu yang dapat dilihat secara nyata yakni untuk menjaga cat motor serta menjadikan motor terlihat lebih kinclong. Selain itu mencuci motor juga bermanfaat dalam membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di motor, sehingga menjadikan motor lebih bersih dan terawat secara fisik. Namun mencuci motor juga harus dilakukan dengan baik dan benar, namun masih banyak yang menyepelekan perihal mencuci motor. Jika dikaji lebih lanjut ada beberapa bagian motor yang tidak boleh kemasukan air, sehingga hal ini dapat membuat motor anda menjadi mogok dan tidak bisa nyala.

Berawal dari pengalaman penulis, saat itu saya ingin mencuci motor karena melihat kondisi motor yang sudah kotor oleh lumpur dan beberapa kali terkena air hujan. Dengan sangat berhati-hati saya mulai dengan menutup lubang knalpot dengan kain, hal ini bertujuan agar air tidak masuk ke dalam knalpot. Namun setelah mencuci motor, saya diamkan dulu motor saya dalam beberapa menit agar tidak ada sisa air yang ada di motor.

Beberapa menit kemudian saya coba untuk menyalakan motor, namun hasilnya seperti ada yang aneh yakni suara motor saya menjadi brebet seperti ada sisa air yang masuk di dalam motor sehingga motor saya mati dengan sendirinya, setelah saya cek di bagian knalpot terlihat aman, dan dibagian mesin, radiator juga aman. Ternyata permasalahan ini terdapat pada cop busi yang kemasukan air. Kemudian saya mencopot cop busi pada motor new vixion saya yang terletak di bagian kanan di bawah rangka body motor, kemudian saya bersihkan dengan meniup sisa-sia air dan saya bersihkan menggunakan kain, ketika sudah kering maka cop busi siap untuk dipasang kembali. Dan pada akhirnya motor saya dapat nyala seperti semula.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa air yang masuk ke dalam cop busi dapat membuat motor mogok? Hal ini dikarenakan mengingat fungsi busi yakni untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Sehingga ketika cop busi kemasukan air maka kinerja dari busi akan terhambat yang mengakibatkan listrik tidak dapat disalurkan dengan baik, pada akhirnya motor anda akan mogok dan tidak bisa nyala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s