Inilah 4 Alasan Rasional Biker Tanah Air Harus Bertetimakasih Kepada Yamaha…. 


Munivmotoblog – mungkin pabrikan ini bukanlah pemegang market share tertinggi ditanah air. Mungkin pabrikan ini tidak disukai oleh mereka yang berpassion kalem. Pabrikan ini bukan yabg paling kaya di indonesia. Namun pabrikan ini lah yang mampu merubah peta produk motor yang beredar di Indonesia semakin modern. 

Iya dia adalah Yamaha…

Kita tidak akan membahas kenapa pabrik ini gagal menjadi yang paling laris ditanah air. Namun boleh kita mencoba melakukan flash back ke belakang, bagaimana pabrikan ini merubah peta motor yang ada di Indonesia. Okay menurut analisa saya aetidaknya ada beberapa poin yang kita harus mengucapkan banyak terimakasih dengan pabrikan motor dengan lambang garpu tala ini.

Pertama, ia berani merubah peta dan standard baru motor sport kelas 150 cc yang dulunya hanya dikuasai honda dengan mesin gl series yang sangat jadul. Yamaha berani membawa engine, design dan teknolohi baru dikelas ini. Seandainya yamaha dulu tidak memberanikan diri untuk mengambil labgkah ini. Mungkin sekarang teknologi sport akan berada pada zaman bohulak (karena dominasi tanpa inovasi)

Kedua, ia yang berani memberikan standard baru motor yang easy to use, akomodatif dan siapapun bisa makek. Iya skutik… Pabrik mana ditahun 2004 ya g berani memasukan line ini ke indonesia. Honda, Suzuki, Kawasaki… Nothing…. Ia masuk dengan Yamaha nouvo kemudia. Mio dan kemudian pabrikan lain mulai meramaikan segmen ini. Saya tanya, apakah pabrik itu Honda yang punya danantak terhingga.. oh enggak.. ia merupakan pabrikan satu kelas dibawah honda. Namun ia berani mengambil ini untuk kemajuan produk motor yang ada di Indonesia.

Ketiga, ia merupakan satu satunya pabrikan yang berani emberikan produk maxi skutik kelaa 150 cc dengan harga yang valuable. Ketika kompetitor maaih sibuk melakukan import dari negara tetangga, yamaha berani melakukan gebrakan yang gak masuk akal, skutik global ini diprodukai di indonesia untuk konsumen indonesia dan dunia. Artinya… Disana ada new produk, ada ekonomi baru dan ada tenaga kerja baru yang diserap… Jadi duam impact, dari segi konsumen bisa mendapatkan maxi skutik dengan harga rasional yang kedua ada tambahan tenaga kerja… Ya kalo aekarang ada banyak blogger yang bilang akan ada penantang dari Honda Forza… Itu bahasa klasik dan udah basi, artine kapan konsumen indonesia bisa mendapatkan amaxi skutik harga bagua dari kompetitor? Gak ada kan…

Keempat, ia berani melakukan ekspansi pasar baru diranah maxi skutik 250 cc. Bukan mendatangkan dari negara tetangga. Melainkan ia diproduksi ditanah air untuk konsumen indonesia dan pasar luar negeri. Pasti akan ada hukum ekonomi dengan dua impact. Pertama dari segi konsumen akan me dapatkan tambahan line up produk baru dikelas maxi skutik 250cc, kedua dengan adanya line up baru akan ada siklus ekonomi baru, banyak menyerap tenaga kerja baik dari perakitanya maupun vendornya.

Artinya dari sisi poaistive idea dan melihat dari kemoderenan motor motor yang ada di Indonesia kita harus berterimakasih sama Yamaha. Bukan karena pabrik ini menjadi yang paling aukses ditanah air. Setidaknya dengan adanya Yamaha sekarang kita bisa menikmati fitur dan kemodernan sebuah motor. Artikel ini saya buat untuk melakukan review kebelakang, bahwa sekaya kayanya pabrikan motor jepang di indonesia kalo ia tidak ada niat memberikan yang pertama dan yang termodern dikelasnya, maka pabrikan itu sebenarnya hanya kaya secara finansial namun value produk kepada konsumenya masih dipertanyakan.

Oke Yamaha… saya bukan fans fanatikmu, tapi saya menghargai jeris payahmu untuk selalu memberikan produk yang terbaru yang dulunya belum ada di indonesia menjadi ada. Yang dulunya masih masuk kegelapan teknologi sekarang mulai terang. Ok see youuu

Advertisements

31 thoughts on “Inilah 4 Alasan Rasional Biker Tanah Air Harus Bertetimakasih Kepada Yamaha…. 

  1. Saklek

    Itulah hikmah dr persaingan pabrikan,yamaha mau ga mau trs memeras otak untuk berinnovasi kl ga mau gulung tikar, kl soal produksi sendiri sbnrnya itu di krn kan banyak plant nganggur dan dr pihak pusat memilih yamaha indo yg di pertahankan dan memanfaatkan plant yg nanggur buat produksi motor² exprt.. Kenapa ahm masih gemar mendatangkan produk dr luar? Kl semua di produksi di sini ahm hrs buka pabrik lg cuy,udh ga da plant ahm yg nganggur… Untuk pabrik terbaru nya aja buat produksi saar ini masig blm mencukupi,.. Jd..mntr saya bukan ahm ga mau berinnovasi cuy,tp banyak faktor yg bikin ahm blm bs memproduksi semua motor yg di inginkan konsumen,salah satu nya kebijakan pusat yg msh suka berbelit² memberi restu kepada ahm untuk berinnovasi, dulu aja nyodorin desain cs1 smp jepun di rubah bentuknya,kl liat desain asli dr ahm nya saya yakin saat itu penjualan nya bs ngalahin mx…
    Ini bisnis cuy jd ga hrs apa² jd yg nomor satu,. Bicara follower… Duluan mana sih honda apa yamaha yg masuk indo…??

    Like

    Reply
  2. Kobayogas

    Terima kasih Yamaha karena udah ngasih lampu ijo banyak banget pada yimm..

    Btw tergelitik sama ISI artikel di atas, yg soal Honda Forza, Jadi intinya gakan ada tu produk? Apa gimana?

    Like

    Reply
  3. bapakeVALKYLA

    bener.
    aku juga mikirnya gitu.
    motor bebekpun kalau gak ada jupiter series (yg waktu itu desainnya termasuk keren di masanya) mungkin kita cuma bakal disuguhi desain supra x 100. 😀

    Like

    Reply
  4. Iseng komen

    Jangan ampe keabisan nafas aja itu yamaha, kalo kata honda ke yamaha. How long can you go?

    Apalagi suzuki uda mulai melek, yamaha meleng dikit jadi no. 3

    Like

    Reply
  5. ahmad

    kalau nggak ada C series paling juga masih naik alfa.
    trus ada grand series.
    mau nggak mau yamaha nurunin crypton. yah. seperti itulah.
    kalau nggak ada beat paling juga mio.
    boros nggak kuat lari. hehehehehe. sebagai pengguna mio

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s