Tips dan Cara Perawatan Pada Yamaha New V-ixion Agar Tetap Bertenaga

Munivmotoblog- Yamaha New V-ixion merupakan motor sport andalan yamaha di kelas 150 cc. Motor new v-ixion ini suatu wujud konsistensi dari yamaha dalam berinovatif yang mengacu pada perkembangan v-ixion golongan pertama yang dikeluarkan sejak tahun 2007. New v-ixion memiliki desain yang super elegan, sporty serta sangat nyaman pada saat dikendarai.

Penjualan motor new v-ixion tergolong laku keras pada tahun 2012 sampai 2020. Hal ini dikarenakan yamaha new v-ixion masih mempertahankan kualitas dan desain yang sporty, sehingga terlihat gagah pada saat dikendarai. Dengan kapasitas mesin yang cukup besar yakni 150 cc membuat new v-ixion ini sangat digandrungi oleh kaum muda.

Selain memiliki kapasitas mesin yang sangat memadai, new v-ixion juga terkenal dengan motor seribu modif. Hal ini disebabkan karena motor yamaha new v-ixion sangat cocok untuk dijadikan bahan modifikasi ala moge (motor gede). Para rider menyebutnya motor new v-ixion ini dengan sebutan motor seribu wajah.

Agar terlihat gahar di jalanan, pengguna new v-ixion juga harus memperhatikan kondisi motor, baik dari mesin, injektor, dan kelistrikan lainnya. Kesehatan mesin menjadi hal yang paling utama dalam berkendara santai maupun saat touring. Berikut beberapa tips dan cara perawatan agar Yamaha New Vixion tetap bertenaga dan tetap dalam performa terbaiknya

1. Mengecek dan membersihkan filter udara.
Langkah pertama ini memiliki tujuan agar filter udara tetap dal kondisi yang bersih, sehingga dapat mengoptimalkan kerja filter udara. Jika filter udara ini sudah kotor atau bahkan sudah rusak, maka udara kotor atau debu dari luar akan masuk ke dalam mesin, yang dapat mengakibatkan silinder, piston dan ring akan cepat mengalami keausan. Sehingga kinerja dari mesin tidak dapat berjalan secara maksimal.

2. Mengecek dan membersihkan Throttle body
Salah satu penyebab motor injeksi menjadi berat tarikannya yakni kotornya pda Throttle Body. Sehingga mengecek kondisi Throttle Body (TB) ini juga tidak kalah pentingnya dengan perawatan filter udara. Hal ini bertujuan agar motor yamaha new v-ixion tetap dalam performa terbaiknya yakni dengan tarikan motor yang ringan.

3. Mengecek dan membersihkan injector
Menurut Abidin yang menjabat sebagai GM Service & Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa, “Motor injeksi memang minim perawatan, tapi, karena pada umumnya bahan bakar di Indonesia kurang baik, maka harus ada yang harus dibersihkan secara berkala, salah satunya yakni Injector dan Throttle Body”. Selain itu, Yamaha juga menyarankan agar service rutin injektor pada 10.000 km.

4. Mengecek dan membersihkan spark plug dengan mengecek kondisinya masih layak dipakai atau tidak. Spark plug merupakan komponen wajib yan harus ada pada kendaraan bermotor berbahan bakar bensin. Spark plug memiliki dua fungsi yakni yang pertama berfungsi sebagai alat untuk membakar campuran bahan bakar/udara, yang kedua yakni berfungsi untuk melepas panas dari ruang bakar. Sehingga kondisi spark plug harus dalam keadaan yang bagus dan masih layak pakai, agar pembakaran pada bahan bakar dapat berjalan dengan maksimal.

5. Setting klep in-ex, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan tenaga pada motor yamaha new vixion

6. Setting Injection (Yamahaa injection diagnostic tools) hal ini dilakukan sekaligus setting ECU pada motor yamaha new vixion.

Untuk menjaga performa motor new v-ixion agar tetap dalam kondisi yang optimal dan tetap bertenaga, para rider sangat disarankan untuk melakukan beberapa treatment di atas. Jika para rider merasa kesulitan untuk dikerjakan sendiri, para rider dapat membawa motor kesayangannya ke bengkel resmi yamaha atau bengkel dengan memiliki alat yang memadai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s