Penting, Persiapan Biker Sebelum Terabasan ala Yamaha Gaes…. !!!

munivmotoblog – Terabasan menjadi aktivitas utama yang digemari oleh para pengguna motor trail, apalagi dengan kehadiran WR 155 R yang menambah keseruan menembus berbagai trek offroad. Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 lalu menjadi momen istimewa juga bagi WR Owners Indonesia (WOI), komunitas pengguna WR 155 R yang merayakannya dengan aktivitas terabasan.

            Bergerak dari Kabupaten Bandung menuju Garut pada Selasa, 17 Agustus 2021 lalu, para peserta riding menggunakan motor sport adventure itu dengan penuh semangat. Mereka menyisir perbatasan kota luar menerabas area-area hutan. Bendera Merah Putih dikibarkan di kawasan hutan Cimulu, Kabupaten Garut.

”Aktivitas terabasan ini start dari jam 9 pagi sampai 4 sore. Salah satu area yang dituju adalah trek di Cimulu, kondisinya basah saat di musim hujan. Walaupun di musim kemarau pun basah karena lembap. Banyak pohon rindang dan hutan di sini menambah tantangannya. Setelah terabas, kami mengunjungi kampung Cimulu, melihat bagian dari negeri ini yang masih alami dan tradisional. Untuk terabasan seperti ini membutuhkan persiapan dengan tidur yang cukup, bawa perlengkapan dan melakukannya bersama dengan teman-teman,” papar Iman Muwardi, Ketua Umum WR Owners Indonesia (WOI).

Agar hobi terabasan dapat dijalani dengan maksimal, penting melakukan persiapan sebelumnya karena membutuhkan fisik yang lebih kuat dan memahami dengan baik rutenya.

              Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan sejumlah panduan bagi konsumen dalam mempersiapkan diri dan motornya sebelum terabasan. Hal ini pun telah diterapkan untuk aktivitas YRA Offroad bersama instruktur profesional dan konsumen yang menggunakan WR 155 R. Selain itu, tim YRA juga mengedukasi mengenai panduan teknik riding WR 155 R yang tepat bagi konsumen.

Berikut panduan persiapan sebelum terabasan dari Yamaha Riding Academy :

1. Rider         

-Siapkan fisik dengan baik, dengan cukup istirahat sebelum terabasan, karena melewati jalur terabas cukup menguras tenaga.

-Siapkan safety gear lengkap khusus untuk medan off road, karena saat terabasan berpotensi cukup besar untuk terjatuh.

-Siapkan bekal seperti minuman atau makanan ringan jika diperlukan saat istirahat mendadak dan jarang tersedia tempat makan di jalur yang dilalui.

-Lakukan terabasan bersama teman, jika ada jalur yang sulit dan terjadi kecelakaan ada yang dapat menolong.

-Kenali jalur terabas dengan cara melakukan aktivitas ini bersama teman yang sudah sering melewati trek tersebut.

2. Sepeda Motor       

-Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik (kembangan dan tekanan ban).

-Pastikan jarak bebas rantai sesuai buku petunjuk / manual sepeda motor.

-Pastikan electrical dalam kondisi baik, terutama lampu utama, mengantisipasi sampai kondisi malam.

-Pastikan kondisi rem depan dan belakang dalam keadaan baik.

-Lakukan service sebelum terabas, agar sepeda motor selalu dalam keadaan prima.

3. Peralatan pendukung      

-Mempersiapkan alat komunikasi handphone ataupun Handy Talky (HT) dalam kondisi baik dengan kondisi battery dalam keadaan full sebelum terabasan.

-Toolkit set untuk sepeda motor, yang diperlukan untuk memperbaiki sepeda motor jika terjadi kerusakan.

-Action camera atau camera untuk mendokumentasikan momen Anda.

            Dengan persiapan yang baik sebelum terabasan, diharapkan konsumen kian menikmati berpetualang di jalur terabas. Seperti para pengguna WR 155 R yang saat ini marak melakukan fun adventure ke tempat-tempat wisata. Persiapan yang baik dan menguasai teknik berkendara yang tepat dibutuhkan guna mendukung aksi berkendara yang optimal di trek offroad. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s