Hasil Top Speed & Drag Race All New N Max 155 vs All New PXC 160 cc. All New PCX 160 harus Rela Kalah Lagi….

Munivmotoblog – Duel Maxi skutik kelas 155 – 160cc sekarang makin panas ketika Honda meluncurkan all new pcx dengan kubikaai mesin 160 cc. Secara volume silinder PCX lebih unggul 5 cc dibanding Yamaha N Max yang mengusung mesin 155 cc. Namun apakah setelah di test beda 5 cc ini akan berpengaruh terhadsp top speed, akselerasi dan dyno test.

Kali ini pengujuan dilakukan oleh gridoto dalam channel youtubenya. Dilakukan oleh dua tester yang cukup piawai dalam mwmbaca data baik data dyno, racelogic dan penggunaan metoda test akselerasi dan top speed. Tak hayal dalam video tersebut banyak sekali viewer yang memberikan two thumbs up karena sangat fair. Fair dalam artian pengambulan data dan pengambilan video sampai pada bertukarnya antara rider satu dengan rider yang lainya dengan bertukar motor untuk mendapat hasil yabg valid.

Pertama adalah dari sisi dyno test, hasilnya dibawah ini sob :

Dari data hasil dyno test milik motorsport menunjukan data bahwa dengan penambahan kubikasi menjadi 160 cc all new PCX memiliki nilai maksimum power di 12,08 HP di 8500 rpm, dan torsi 11,87 NM di 6210 rpm. Sedangkan Yamaha N Max 155 cc memiliki power maksimal di 11,21 HP di 8080 rpm dan torsi maksimal di 11,43 NM pada 6500 rpm. Secara data diatas kertas menunjukan power All New Honda PCX lebih unggul 0,8 HP dibanding Yamaha N Max. Namun hasil test dyno akan berbeda kika sudah dilakukan uji lapangan dengan mempertimbangkan dari bobot total motor yang dimana All New Honda PCX lebih berat dibanding Yamaha N Max. Kedua adalah teknologi mesin yang digunahkan. Honda PCX dengan mesin 4 valve non VVA sedangkan Yamaha N Max dengan mesin 4 valve + VVA.. sooo hasilnya gimana sob?

Dari data yang dipublish menunjukan hasil bahwa :

Honda All new Honda PCX hanya unggul di akselerasi awal dari 0 – 60 km/jam yang dicapai dengan waktu 5,2 detik, sedangkan Yamaha N Max di 5,5 detik selisih 0,2 detik. Namun setelah kecepatan menuju ke 80 km/jam dan keatas disini Honda PCX harus mengakui keunggulan mesin Yamaha N Max. Dimana di kecepatan 0-80 km/jam Yamaha N Max unggul 0,1 detik dibanding Honda PCX. Begitu pula di alselerasi 0-100 km/jam dimana Yamaha N Max unggul 0,7 detik dibanding honda PCX. Range data yang paling terlihat di angka 0-100 km/jam dimana VVA yamaha N max mulai ngeboost power engine sehingga selisihnya cukup jauh 0,7 detik.

Untuk uji jarak tempuk, dimana 0 – 100 meter Honda PCX unggul 0,2 detik dibanding Yamaha N Max. Pada jarak 0 – 200 meter Honda PCX masih unggul 0,2 detik dibandiing Yamaha Nmax. Namun untuk jarak 0 – 400 meter kedua motor memiliki waktu yang sama 19,7 detik.

Terakhir adalah hasil top speed dari keduanya, Yamaha N Max terbaca di racelogic top speed di 117 km/jam dan pembacaan di speedo meter di 125 km/jam. Sedangkan Honda PCX hanya mwncatat di 113,3 km/jam di racelogic dan pwmbacaan di speedo meter du 119 km/jam. Selisihnya cukup signifikan melihat kedua motor ini hanya mengusung mesin antara 155 cc sampai 160 cc. Selisih 4 km/jam di top speed juga menunjukan bahwa kubikasi mesin bukanlah solusi untuj mencapai top performance melainkan juga teknologi mesin yang digunahkan.

So the winner still All New Yamaha N Max 155 cc

Video aselinya disini sob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s