Komparasi Value to Value antara Honda Genio vs Yamaha Freego…

Munivmotoblog – Segment skutik di range harga 17 juta sampai 21 juta menjadi segment yang sekarang mulai di gandeungi para pengguna motor metic yang iconic. Bagaimana tidak di segment ini ada dua produk yang secara deaign dan juga fiture bisa di adu secara head to head. Ia adalah Yamaha Freego dan Hodna Genio. Keduanya mengisi celah kosong antara segment entry level skutik ke kelas maxi/diatas 20 jutaan.

Jika kita ligat data spesifikasi, maka kita akan bisa melihat bahwa sektor eksterior atau desain bodi yang diusung skutik ini memang menjadi salah satu segmen yang menarik. Pasalnya, kali ini pihak Honda membawa konsep desain klasik namun dibalut dengan gaya casual dan fashionable. Dimana, konsep desain pada Honda Genio tersebut diterapkan di setiap sisi bodi fisiknya.

Seperti penggunaan lampu depan yang dibuat ala skutik klasik dengan teknologi LED yang mampu memberikan penerangan secara lebih maksimal. Tak hanya itu saja, bahkan diketahui pula jika Honda juga telah membawa flip board atau pijakan kaki yang dibuat sedemikian rupa pada Honda Genio ini dengan desain yang disesuaikan posisi riding pengguna. Sehingga, pengendara pun bakal merasa jauh lebih nyaman ketika berkendara jauh menggunakan skutik mewah buatan Honda ini. Sementara itu, jok dibuat cukup standar memanjang dengan lekukan yang ideal untuk memberikan posisi berkendara yang jauh lebih aman dan nyaman. Nah, menginjak pada bagian belakang, tampak stoplamp modern yang dibuat dengan desain mirip Scoopy dengan gaya klasik yang cukup kentara. Tentu saja, dengan keseluruhan konsep desain pada

motor ini memamg tidak semua kalangan bisa menerimanya. Design yang unik maka menyasar konsumen yang unik pula. Namun motor ini hanya dibekali mesin 110 cc dengan muntahan power 9 ps saja sehingga untuk perjalananjangka panjang dengan route yang naik turun maka motor ini enggak se multi talenta Yamaha Freego yang pernah saya test ride touring dari madiun ke pacitan.

Sedangkan Yamaha Freego 125

Skuter matic baru, FreeGo. Beragam inovasi diterapkan pada motor ini, mulai dari akses tangki yang berada di dekat lutut pengendara, starter yang hening, dashboard digital hingga rem ABS di varian tertinggi. Fitur cangih lainnya adalah smart key yang tidak memerlukan anak kunci dan juga Start Stop System (varian Yamaha FreeGo S). Dan yang lebih penting, punya bagasi hingga 25 liter. Ini bahkan lebih besar dari Yamaha Nmax 155. Yamaha FreeGo mengusung mesin 125 cc yang sudah berteknologi BlueCore. Tenaganya mencapai 9,5 ps dengan torsi 9,5 Nm. Yamaha Indonesia menjual motor ini dengan harga mulai dari Rp 18-22 jutaan (Jakarta). Motor ini adalah benar-benar model baru, dan bukan diusung untuk menggantikan produk yang sudah ada.

Yamaha FreeGo menawarkan desain stylish dan elegan, namun tetap terkesan sporty. Dari segi dimensi motor ini memiliki ukuran panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. Sedangkan untuk sumbu rodanya berjarak 1.275 mm dan tinggi tempat duduknya 778 mm. Dimensinya tergolong kecil sehingga, sehingga bobotnya cuma 100 kg. Yamaha FreeGo tidak masuk ke dalam keluarga Maxi Yamaha yang memiliki body bongsor, seperti Yamaha Nmax, Yamaha Aerox, hingga Yamaha XMAX.

Motor ini sangat cocok dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari dengan menawarkan kenyamanan berkendara yang maksimal. Terlebih Yamaha FreeGo memiliki ruang pijakan kaki yang luas dan bagasi luas yang bisa menampung barang bawaan hingga 25 Liter. Menariknya, bagasi Yamaha FreeGo lebih besar dari pada milik Nmax. Masbro bisa menggunakannya untuk menampung satu helm Full Face standar dan beberapa barang bawaan lainnya. Apabila kurang, masbro bisa memanfaatkan deck depan yang dibuat rata agar semakin fungsional.

Last dengan hanya selisih satu juga antara Yamaha Freego dengan Honda Genio, maka tidaklah berlebihan jika value for money Yamaha Freego lebih baik dibanding honda Genio….

Advertisements

One thought on “Komparasi Value to Value antara Honda Genio vs Yamaha Freego…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s