Rangka Mudah Patah, Hanya Diminor Facelift, Penguasa Pasar mah Bebas !!!!

Iklan-Bloger.gif

maxresdefault

munivmotoblog – Mengendarai motor resiko mengalami benturan dan juga resiko mengelamai kecelakaan leih tinggi dibanding dengan menggunahkan kendaraan lain seperti mobil ataupun mass trasport. Kemungkinan kecelakaan hanya ada dua, pertama adalah kesalahan dari pengguna motor itu sendiri seperti mengantuk, hilang konsentrasi sampai terlalu memaksakan limitz motor. Namun ada faktor dimana ini menjadi tanggung jawab produsen yang salah satunya adalah menjamin bahwa fungsi part pada motor tersebut berfungsi sempurna dan tidak mengalami cacat. 

Sebuah kisah flash back kebelakang mengenai produk yang memang dari awal munculnya di tahun 2013 sampai dengan sekarang 2018, artinya produk ini sudah melanglang buana 5 tahun di Indonesia dan penggunanya sudah sangatlah banyak. Iya banyak karena produk ini milik pemilik market share tertinggi di industri roda dua di Indonesia. Ketika mencoba searching dan melakukan research kasus yang menimpa produk ini memiliki pola yang sama mulai dari tahun 2013 sampai 2018. Yaitu kasus rangka yang mudah patah dan mayoritas media dan blogger juga sering melihat kasus ini. Sehingga casenya saya fikir bukan merupakan kasuistik case tapi lebih ke pada engineering dan konstruksi case. Jadi dengan demikian sebenarnya langkah yang bijak dan juga berkepihakan kepada custommernya di usia yang sudah 5 tahun ini rangka dari produk ini sudah waktunya di rubah total. perubahan ini dilakukan untuk mendukung keamanan berkendara bagi konsumenya.

Mulai kita analisa bersama dari sisi produsen lintas merek, agar pembahasan dalam artikel ini tidak saling jomplang. Pertama produsen biasanya memiliki kontrak kerja dengan vendor vendor dalam jangka yang panjang, bisa 3 tahun untuk kategori part yang menjadi kesatuan doby seperti head lamp, tangki, spakbor, buritan belakang dam stop lamp. Makanya kita tidak heran ketika usia motor baru 3 tahun dan penjualanya bisa dibilang bagus, pabrikan hanya melakukan perubahan secara minor facelift (perrubahan yang bersifat diluar). untuk yang kontrak kerjasama selama 5 tahun hal ini diperuntukan untuk mayor model change. artinya kerjasama dengan vendor untuk merubah total design dan jyga teknologi sebuah produk itu sendiri.

Artikel terkait mengenai rangka yang patah di banyak sumber :
1. Otosia 
2. GridOto
3. Ardiyantoyugoblog 
4. Saenaeblog 

Dari artikel blog ini juga sangat keras mendengungkan bahwa rangka yang patah perlu direcal
Kasus rangka patah, kenapa AHM tidak melakukan recal, 
Patah dan Mau ganti rangka, Kena segini Maz bro
Konsumen komplain rangka patah he AHASS malah kena ceramah.
Menghantam lubang CB150R terbelah menjadi dua

Nah untuk masalah rangka mas? Rangka/sasis dalam industri roda dua merupakan produk yang sangat krusial dan masuk ke kategori high risk komponen. High risk komponen adalah sebuah part yang memang memiliki fungsi utama sebagai penopang mesin, penopang tangki dan penopang penggunaya. Jadi fungsinya sangat krusial jangan sampai ada kesalahan pada saat development awalnya. untuk pergantian rangka juga tidak semudah part yang lainya, melainkannomor rangka perlu didaftarkan untuk mendapatkan rangak yang baru (karena produksi rangka di industri roda dua tidaklah semudah secara number dibanding produksi head lamp dan juga part kecil lainya).

0_0_1366_766_7f82ecf612cea2ca2d6530b296a295cfa9ffc7ee

Bisa kita ambil contoh pada industri roda dua seperti Kawasaki, Yamaha dan Suzuki mereka tidak pernah merubah rangka produknya dari awal muncul sampai dalam jangka waktu yang panjang. Suatu contoh rangka Yamaha Vixion yang dari jaman brojol 2007 sampai sekarang yang dipakai juga sama. Rangka Ninja 250 FI dari brojol sampai sekarang juga yang dipakai sama, rangka suzuki Adress dari muncul hingga sekarang juga sama. Kenapa sampai lama ko gak diganti mas? ya karena durabilinya sudah sangat teruji, sangat jarang dan hampir tidak pernah ada kondisi menghajar lubang kemudian rangka patah. Namun ketika kita melihat kondisi pabrikan Honda dengan segala sumber dayanya, mereka masih juga menggunahkan konstruksi yang sama pada Honda CB150R model 2018 padahal kasus diluar sana menujukan banyak sekali konsumen mereka yang komplain mengalami patah pada area rangka motornya. Harusnya yang masuk kritikal issue seperti ini segera di beresin tidak hanya menambah plat tertentu yang bersifat minor. Hal ini apakah sudah teruji secara empiric dan scientifik dapat menanggulangi mudahnya retak dan patahnya rangka Honda CB150R? ketika memang sudah teruji tolong donk di publish juga maksimal dia dapat bertahan dalam pressure berapa bar dan juga berat berapa kilo? data ini perlu juga kita blogger, media dan juga custommer ketahui agar tidak ragu dalam menyampaikan bahwa rangka Honda CB150R sudah OK… passed tidak hanya secara QC internal tapi passed juga secara data dan fakta.

Last, memang dengan dukungan media dan juga pangsa pasar yang tinggi kadang menjadikan pabrikan menjadi sangat jumawa. Artinya suara suara kritis dan juga suara/pesan yang membangun sering untuk dihiraukan. Hal ini berbuah pada letah prosentase tanggung jawab yang menurun. Ya… partner partner OK.. but tanpa para pembaca setia yang haus akan informasi valid dan benar maka media/blog juga bukan apa apa.. Oke… semoga tulisan ini bermanfaat buat knowledge kita semua dalam melihat alur case demi case yang terjadi. Apakah bertanggung jawab atau tidak !!! silahkan disimpulkan sendiri ya maz bro…

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557

 

 

 

 

 

 

Advertisements

8 comments

  1. dg adanya minor change pd rangka, scr tdk langsung ahm mengakui kl rangka tsb bermasalah.
    tp konsumen selalu dibodohi, dan yg dibodohi malah tambah senang.

    Like

  2. #nanyaserius
    Kenapa klo bwt artikel ttg honda yg jelek2 tpi klo ttg yamaha yg bagus2, apakh ini blog netral. Aq bukan fb manapun.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s