Oto Tips : Persiapan Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran.. Berikut Detail yang Harus di Cek Sob…..

Munivmotoblog – Mudik merupakan agenda tahunan yang menjadi budaya bangsa indonesia sejak dahulu. Banyaknya perantauan yang rela meninggalkan tanah kelahiran demi sebuah penghidupan yang lebih baik juga merupakan faktor yang paling mendominasi.

Kemudian momen mudik ini sebagai banyak orang merupakan momemn yang sangat menggembirakan karena kita akan berkumpul dengan keluarga besar kita. Nah banyak dari kita yang mudik dengan menggunahkan kendaraan pribadi dan banyak juga yang menggunahkan angkutan umum. Kedua sah sah saja yang penting silaturahmi dengan keluarga di momen lebaran tidak terputus. Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi disini saya ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi mengenai apa saja yang perlu di cek dan disiapkan sebelum kita mudik dengan kendaraan pribadi (mobil). Yuls maz brooo disimak.

Btw admin rabu besok baru akan mudik ke halaman dimana saya dilahirkan. Jarak yang ditempuh tidaklah jauh hanya kisaran 150 – 200 km. Iya karena tempat kerja saya sekarang memang lebih dekat dengan rumah dibanding tempat kerja saya lima tahun lalu. Sooo.. karena besok rabu saya dan keluarga harus gas mudik.. jadi hari ini saya siapkan kendaraan sebelum digeber dikemacetan arus mudik lebaran.

BTW kendaraan yang kami gunahkan adalah dauhatsu sigra type x dengan km yang sudah 2500 (mobil baru 2 bulan). Wajar ya… oke yang perlu di cek dan masuk list pertama adalah level oli mesin maz bro.. baiknya memang berada ditengah garis dan tidak kekurangan oli. Caranya cukup mudah, tinggal tarik aja oil control dan sampean akan bisa melihat kondisi oli dalam mesin. Parameter disini hanya dua level oli dan jiha warna oli. Apabila levelya ada dibawah segera sampean ganti atau tambah oli sampai pada level normal. Apabila warna oli sudah hitam pekat maka sampean bisa langaung melipir ke bengkel untuk menggangi oli yang direkomendasiin pabrik. Saya biasa pakai oli dengan kekentalan 0w – 20.

Setelah pengecekan oli rampung maka pengecrkan kedua adalah minyak rem. Ini sangat penting untuk menjaga kondisi pengereman saat mobil digunahkan selalu prima.

Pastikan level minyak rem kota berada pada level aman seperti gambar diatas.

Setelah minyak rem dirasa masih normal baik bolume dan juga reservoirnya gak rembes. Soo ketiga adalah cek juga air radiator pastikan kondiai levelnya pada kondisi full. Air radiator ini fungsinya sama pentingnua dengan oli mesin. Ia berfungsi sebagai pendinginan mesin mobil saat digunahkan mobil. Air radiator perlu dijaga volumenya agar tidak terjadi overheating disaat mesin mobil mengalami kerja ekstra macet berjam jam. Oh iya pasrtikan maz bro pakai air radiator (coolant) ya jangan pakai air mineral biasa karena dalam jangka panjang bisa menimbulkan kerak di selang radiator.

Kemudian selanjutnya mengenai cairan cairan adalah air wiper. Air wiper ini berfungsi ketika sampean menerjang jalan yang sangat berdebu yang menjadikan kaca depan terhalang oleh debu maka air ini sangat berguna untuk membersihkanya. Kalau pas hujan juha.. jadi kalau kondisi aor wiper dah mai habis silahkan ditambah sendiri denhan air mineral biasa. Tidak dianjurkan dengan menggunahkan air + sabun selain dapat memperpendek usia karet wiper juga dapat membuat kaca pelangi.

Setelah ke empat cairan ini normal semua maka bisa dikatakan mesin, pendinginan, braking dan juga safety lain udah OK. Sampean bisa tutup kap mesin depan dan lanjut ke proses selanjutnya.

Selanjutnya adalah pengecekan tekanan ban dengan cara mudah sampean melihat visual apakah keempat ban normal berserta ban serepnya. Ban serep ini penting disaat sampean perjalanan jauh karena kalau terjadi apa apa dijalan ban serep bisa menjadi sangat penting fungsinya. Kadang kita lalai.. hanaya keempat ban yang di cek tapi ban serepnya udah berkurng tekanannya pas dipasang gak enak perlu cari tukang pompa ban. Oh iya FYI untuk standard mobil daihatsu sigraatandardnya tekanan ban depan dan ban belakang 36 psi. Beda mobil beda standardnha, sampean bisa cek di samping pilar pintu bagian kemudi. Disana ada tulisan jelas mengenai standard tekanan ban.

Setelah kondisi kaki kaki OK maka fungsi pencahayaan perlu di cek juga, nyalakan mesin dan juga coba running lampu depan, lampu dim, lampu sein dan lampu hazzard serta foglamp pastikan semuanya dalam keadaan menyala. Pastikan air aki juga pada level normal, apabila berkurang langsung ditambahkan saja.

Terakhir adalah jika sampean memiliki anak kecik berusia 2 – 5 tahub maka anjuran saya aktifkan model child mode di pintu baris kedua. Hal ini untuk menghindari ketika kunci tiba tiba dibuka oleh anak sampean dan handle dibuka.. fungsi child mode ini agar kedua pintu baris kedua tidak bisa dibuka dari dalam. Ini semata mata untuk safety apabila anak sampean hyper active seperti anak saya yang suka main main dan lari lari dibanhku baris kedua. Terakhir adalah jangan lupa download video untik anak anak biar diperjalanan anak kita tidak rewel. Setelah urusan entertainment dan keselamatan Ok maka sampean bisa lanjut ke persiapan E tol pastijan saldo diatas 500 ribu untuk route jarak jauh. Dan juga jangan lupa sehari sebelum mudik apabila ada waktu isi tangki BBM mobil full dengan BbM yang direkomendasikan pabrik. Saya biasanya mengisi pertamax 300 ribu udah full dari strip paling bawah.

So…. Demikianlah pengecekan ringan ke daraan sebelum mudik lebaran. Pastikan semuanya Ok ya maz bro.. ingat kencang boleh tapi ngebut jangan.. keluarga sudah menantimi dirumah dengan harap harap cemas sebelum bisa bersalaman dan memeluk erat tubuhmu.. keep safety driving ya maz bro… Selamat mudik lebaran.. semoga semuanya selamat sampai tujuan..

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s