Oto Tips : Salon Mobil Sendiri Dirumah, Ini Alat dan Juga Bahan yang Perlu Sampean Siapkan Sob….

Munivmotoblog – Malam sob… oh iya Edisi oto talk kali ini saya ingin sedikit sharing mengenai alat dan juga bahan bahan cleaning apa yang petlu sampean miliki untuk menjaga kualitas interior dan juga ekaterior mobil agar selalu beraih dan tentunya ramah dikantong.. Jadi mudahnya kita dapat nyalon mobil tipis tipis dirumah sendiri tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak buat bikin mobil selalu betsih dan kinclong.. okayy sobbb.

Memang bagi sebagian dan bahkan mayoritas pengguna kendaraan akan merasa nyaman dan juga pede ketika melihat kendaraan yang dimilikinya selalu dalam keadaan bersih dan nyaman. Bersih dalam kabin tanpa banyak debu dan juga kinclong diluar bak mobil baru terus. Yuks daripada panjang lebar disini saya sebutkan saja apa saja yang saya gunahkan dalam perawatan kebersihan mobil sigra saya.. penggunaan merek didalam artikel ini bukan merupakan endorse maupun saya dibayar oleh brand tersebut, melainkan ini saya share berdasarkan pengalaman pribadi.

Intinya kalau mobil ingin selalu bersih dan kinclong minimal dalam satu minggu sekali mobil perlu di cuci. Cuci saja tanpa perlu dikasih wags.. saya biasa menggunahkan kit wash and wags untuk proses pencucian bagian luar mobil (body). Saya biasa menggunahkan kombinasi mencucui menggunahkan sabun sekali dalam sebulan. Artinya 3 kali pencucian hanya pakai air biasa sekalinya pakai kit. Oh iya dalam penggunaan sabun cuci mobil usahakan mencucinya didalam kondisi cuaca dingin atau malam hari. Karena kalau sampean cuci disiang hari yang terik maka sisa sisa sabun yang sudah mengrtinh dspat menimbulkan bercak putih yang susah untuk dihilangkan dengan air biasa. Oh iya kit car wash ini hanya saya gunahkan untuk bagian body saja. Untuk bagian kaca mobil keseluruhan saya biasanya pakai sleak (sabun cuci untuk peralatan makan bayi). Saya pakai sleak karena kadar ph nya yang balance dan ia mudah untuk dibilas. Bagian kaca ini yang sangat susah dihilangkan ketika sudah ada bercak putih dari sabun cuci mobil yang kering sebelum dibilas. Selain sleak biasanya saya pakai sabun cair/shampoo bayi merek switsal.. kebetulan saya punya baby 2 tahun jadi untuk bagian kaca saya pakai punya sabun anak saya.. hehehe

Setelah proses pencucian biasanya saya keringkan seluruh bagian mobil dengan menggunahkan kanebo. Saya biasa pakai dua kanebo, satu khusus untuk bagian cat dan kaca dan satu lagi khusus untuk bagian kaki kaki (roda). Dua kaneboo saya pakai untuk meminimalisir baret yang diakibatkan kanebo buat kaki kaki dipakai buat cat/kaca.. kan malah gak oke kan sob..

Setrlah semuanya dipastikan kering maka sebulan sekali saya menggunahkan wags dengan merek kit gold series saya beli diharga 27 ribuan di tokopedia… Penggunaan kit gold series ini hanya saya pakai dibagian cat mobil bukan untuk kaca. Usahakan dalam mrmakai kit gold series dikondisi malam hari/sore sekalian disaat kondisi udara dingin. Karena kalau kondisi udara panas cairanya mudah untuk kering sehingga akan sangat lama buat memolesnya. Cairan ini berfungsi sebagai pelindung ketika mobil terkena hujan sehingga air hujan gak gampang nempel di cat mobil yang bisa menjadikan bercak. Dengan pakai cairan ini ketika kehujanan tinggal dibilas pakai air bersih dan dikanebo semuanya sudah beres tanpa ada bercak bercak sisa air hujan. Kalau kena debu juga mobil.mudah untuk dibersihkan, hanya denhan kanebo basah debu debu udah keangkat..

Setelah proses pemolesan selesai untuk sektor kaki kaki tak lupa saya pakai semir ban dengan merek kit black magic. Dimana fungsinya agar sikulit bundar mobil akan selalu terlihat hitam pekat dan membuat karet ban mobil lebih lembut.. lembut disini gak kering daripada tanpa menggunahkan semir ban kit black magic. Terbukti semir ini juga bisa melindungi ban mobil dari cipratan genangan air yang keruh sehingga untuk membersihkanya hanya perlu dikanebo kotoran diban sudah hilang. Jadi gak sampai nempel rekat diban mobil. Saya biasa gunahkan kit black magic per 2 minggu sekali.

Setelah kondisi ekaterior mobil dipastikan bersih dan kolinclong semua, maka membersihkan sektor interior menjadi yang terakhir dalam perawatan mobil. Oleh karena itu kemaren pas jalan jalan ke surabaya saya mampir di ace hardware yang menawarkan banyak sekali aksesories, bahan dan juga alat alat yang penting untuk kendaraan. Waktu itu saya sedang mencari holder hp portable dan gak sengaja melihat vacum cleaner merek krisbow yang ada potongan discount. Yang awalnya harganya 220 ribu hanya bayar 145 ribu saja sob.. saya sebelum eksekusi beli ini vacum cek dulu di online shop dan harganya bervariasi mulai 170 – 250 ribu. Jadi bisa dibilang setelah mendapatkan diskon vacum cleaner buat mobil ini sangat worhlth to buy.

Untuk urusan interior memang saya penganut anti debu. Jadi daripada saya selalu nyalonin mobil sebulan sekali denhan biaya 50 – 70 ribu. Lebih baik saya beli alat vacumnya sendiri, bisa dihitung 3 kali nyalon udah balik modal. Hehehe. Vacum cleaner ini juga sangat mudah untuk mengoprasikan. Sumber dayanya bisa diambilkan di soket 12 volt yang udah tersedia di mobil. Kabelnya juga panjang sekotar 3 meter jadi bisa digunahkan sampai bangku baris ketiga. Daya hisapnya juga lumayan kenceng. Debu debu macam pasir yang berserakan di karpet dan juga jok mobil bisa teratasi dengan sempurna. Vacum ini khusus untuk dry obyek. Kalau kotoran berbentuk basah maka menggunahkan kanebo menjadi lebih mudah.

Oh iya dalam pengoperasian vacum ini usahakan kondisi mobil dalam keadaan menyala. Hal ini untuk meminimalisir aki tekor kalau sampean nyalakan vacum dan pakai vacum ini dalam kondisi mobil mati. Praktis hanya aki yang bekerja dalam menjalankan vacum ini. Kalau posisi mobil menyala kan aliran liatriknya didukung dari putaran mesin juga.. sehingga kerja aki lebih ringan. Ok sob..

Setelah interior bersih maka saya juga pakai kit cleaner untuk dashboard dan juga jok mobil untuk memberikan efek bersih dan protective ketika anak saya sering menumpahkan susu dan juga makanan seperti jelly dan juga bubur. Sooo ini sangat penting..

Last.. demikianlah beberpa bahan dan juga alat yang sering saya gunahkan dalam perawatan eksterior maupun interior mobil sigra. Penggunaan merek dapat disesuaikan dengan kondisi keadaan dan juga kantong pribadi. Btw kendaraan bersih dan siap buat jalan jalan… Untuk perawatan mesin dan juga kaki kaki yang bersifat fungsi dan juga maintenave akan juga saya sharw diartikel lanjut ya sob…. Okayy.. selamat sahur…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s