Owning Experience Daihatsu Sigra Type X Setelah Satu Bulan Pemakaian, Plus Minusnya…

Munivmotoblog – Sugeng enjang/selamat pagi Sob.. btw puasanya lancar kan ya… oh iya tepat pada tanggal 17 kemaren ini mobil ini sudah menemani selama aebulan penuh perjalanan dan juga keseharian saya. Mobil LCGC 7 penumpang ini sudah juga mengalami ubahan minor dlbaik di sisi interior maupun eksterior. Bagaimana kesan saya setelah 1 bulan memakai mobil ini? Silahkan anda simak dibawah ini ya sob.

Setelah resmi nangkring digarasi rumah mobil ini bukan langsung dibiarkan saja. Dua hari setelahnya saya langsung pasang cover jok kemudian ubahan kecil lainya saya pasang door handle list black crome, tambah lagi sillplate keduanya berfungsi sebagai protector pada saat handle sering dipegang dan juga bagian plate bawah penumpang sering keinjak dengan spatu atau sandal. Terakhir unahan eksterior adalah cutting stiker by mas tain.. saya pasang juga cover kemudi biar lebih ergonomis, akomodasi saya tambahkan juga bag partisi untuk menaruh barang dan terakhir adalah penambahan karpet dasar. Ok fiksss tinggal velg nya doank yang perlu di upgrade 1 tingkat diatas ini. Bisa dibilang modifikasi yang saya lakukan sama sekali tidak menyentuh bagian kelistrikan dan juga mesin. Sooo..mobil ini masih standard jadi hasil reviewnya pun kemungkinan akan sama dengan mobil sigra lainya.

FYI saja neh sob mobil ini sejak awal dikandang saya selalu menggunahkan pertamax sampai sekarang. Jadi untuk asupan bahan bakar bisa dibilang sesuai anjuran atau rekomendasi pabrikan. Air wiper saja saya pakai air mineral gallon.. kurang apa coba. Hahahaha

Pertama plusnya dulu ya sob… Seperti saya bilang diawal mobil ini memili peredaman kabin yang cukup bagus dikelasnya. Sehingga dalam waktu satu bulan ini istri kadang becanda bahwa loh mobilnya mati ta yah.. padahal mesin masih menyala. Kekedapan kabin disaat mesin idle ini disumbang juga dari adanya peredam di kap mesin dan juga mesin baru 1200 cc dual vvti 4 silinder yang minim getaran. Akselerasi mesin ini tidaklah begitu mengesankan apabila diiisi penumpang penuh. Namun cukup responsif dan cepat disaat hanya disiisi 5 penumpang. Kopling yang ringan juga sistem pengereman yang empuk khas astra menjadikan mengemudikan mobil ini cukup nyaman. Oh iya unit audio yang saya dapat adalah double din dengan merek kenwood, disini saya udah bisa NFC, bluethoot dan juga telephony by kable/bluethoot. Soo ini sangat memudahlan saya saat diperjalanan kemudian ada yang telfon. Tinggal angkat dengan menekan tombol telfon hijau maka saya dspat berkomunikasi dengan baik didalam monil dalam urusan pekerjaan. Ditambah settingan audio ini cukup banyak. Opsi dari pengatuaranya bikin audio standard mobil ini menyerupai yang sudah dimodifikasi. Walaupun bass nya agak kurang tapi sudah cukup enak. Anda pemilik sigra type x.. silahkan anda otak atik audionya.. ntar akan ketemu seabrek settingan ouput audio yang sangat fleksibel dan auaranya renyah mantap. Hehe

Kemudian plusnya mobil ini adalah mengenai akomodasi. Ketika bangku baris ketiga dilipat maka sampean akan mendapatkan ruang bagasi yang sangat besar untuk kelas LCGC… Datsun go +? Lewat… Ia hanya bisa bersanding dengan toyota calya yang merupakan saudara kembarnya dari astra. Jok baris keduanya juga sangat enak dapat di recleaining dan sandaran punggung bisa diatur. Akomodasi lain juga tak kalah banyak di doortrim ada banyak sekali cup holder terutama disisi penumpang baris pertama. Dibaris kedua juga mendapatkan cup holder dan juga ruang space penyimpanan di doortrim cukup banyak. Ditambah ada soket untuk mengecharge gadged do baris bangku kedua.

Performa mesin mas? Oke tempat tinggal saya di kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto yang termasuk daerah pegunungan dengan tanjakan yang cukup curam dan terjal. Tepatnya di dusun kambengan, wisata air panas masih lurus keatas. Sampean gak bayangin mobil dengan kubikasi mesin 1200 cc dapat nanjak dengan enteng. Ok… Literally mau 1200 atau 1500 cc kuat nanjak atau enggak itu selain faktor dari power mesin mobil tapi sangat tergantung dari faktor kaki pengemudinya.. kalau sampean sudah expert dan tau mana waktu untuk main di rpm 3000 kapan waktu turun gigi ke 2. Maka kejadian susah nanjak ini hanya mitos belaka. Mobil ini pernah saya isi dengan air mineral 18 dos dan juga penumpang 5 plus saya. Buat tanjakan securamm pacet masih bisa. Asal pada saat kondisi sudah sangat extreem sampean bisa matikan ac nya dulu dan main di gigi 2 di rpm 3500 udah pasti kuat… Noted yaa cara ini..

boros donk mas? Mas mas.. semua mobil di kondisi tanjakan gak ada yang irit karena mesin bekerja lebih berat otomatis asupan bbmnya juga makin banyak. Dan berlawan sebaliknya ketika jalan itu datar dan lenggang no macet kita main di eco driving maka saya bisa dapat 1 : 19 km artinta 1 liter pertamax bisa menempuh jarak 19 km.. irit juga neh

Handling bagaimana mas? Ok mobil ini bukanlah type sedan dan juga bukan type SUV jadi tidak bisa disamakn handlingnya dengan kelas keduanga. Saya merasa sigra ini berada ditengah tengahnya… Kenapa demikian? Mobil ini memiliki tinggi yang hampir menyerupai sedan. Yaaa mirip mirip grand livina tapi dengam ground crealence yang lebih tinggi. Buat kecepatan antara 90 – 120 mobil masih anteng namun karena ban yang dipakai tidak begitu lebar plus pakai ban bridgestone ecopia.. maka suaranya masuk ke kolong dan ada rasa khawatir.. ini sunyektif.. tapi bagi saya berjalan 100 – 110 di tol masih aman dan idela. Diatas itu saya masih takut.. bukan karena nyali tapi kaki kaki belum saya upgrade. Handling dikecepatan 60 km/jam dengan model jalan pegunungan belokan landai masih enak. Tapi kalau sudah agak menikung maka mobil ini terasa sedikit limbung tapi tidak selimbung kakaknya xenia. Limbungnya masih manusiawi… Ya hal ini disebabkan suspensi mobil ini lembut… Konsekwensinya sedikit limbung bermanufer dikecepatan tinggi namun comfortable di jalan yang rusak. Soo.. selama sebulan saya pakai handlingnya sudah cukup bagi saya..

Setelah saya uraikan plusnya maka saatnya kita bahas minusnya dari mobil ini. Dalam aetikel ini juga saya tidak disponsori oleh Astra Daihatsu untuk memberikan review yang baim baik untuk produk ini. Review ini murni dari sudut pandang pemakai mobil sihra. Iya tidak ada produk yang sempurna… Manusia saja gak sempurna kan sob…

Minus yang pertama adalah kaca film bawaan mobil ini panas dan mudah kotor.. mungkin dia belum bisa memantulan atau mereduksi panas yang disebebkan oleh sinar matahari. Kalau malam seh no problem bagi saya, tapi kalau siang duh ac kudu nyala step 2 dan di posisi level sejuk di medku. baru anyep nih kabin. Mungkin saran kedepan pakailah vendor kaca film yang lumayan seperti solargard, v cool atau 3M. Nambah dikit gak masalah daripada mubadzir kaca film ini dilepas kemudian pemiliknya ganti dengan kaca film yang lebih bagus. Kemudian yang kedua adalah tuas transmisi untuk pindahdari gigi dua ke tiga lumayan agak susah. Kadang saya harus ngepasin gak bisa langsung masuk gt aja. Namun Untuk perpindahan di gigi lainya masih OK smooth saja. Gak tau ini mungkin karena penempatan tuas transmisi di dasbor monil atau bagaimana ya.. untuk hal teknis ini semoga fihak astra daihatsu baca artikel ini juga. Dan bisa diberikan penjelasan dan juga pengecekan. Kemudian yang ketiga adalah layanana bengkel resminya yang terbatas. Saya bertempat tinggal di pacet Mojokerto untuk melakukan service mobil ini harus menunggu jadwal hari selasa, rabu dan jumat. Service juga dilakukan secara keliling pakai mobil service daihatsu yang berada di pelataran rumah makan sampingnya by pass. Kalau siang ampun panasnya disana.. gak ada tempat buat custommer berteduh atau sekedar duduk santai. Padahal dalam waktu service paling tidak kita membituhkan waktu 2 – 3 jam mulai dsei antri dan juga pengecekan dan perbaikan mobil. Kalau mau enak bisa ke service daihatsu waru… Ya tapi perjalanan dari tempat saya ke waru sidoarjo memakan waktu 2 jam…. Ini bukanlah jarak yang sebentar. Selain ketiga itu mas? Sudah gak ada selama 1 bulan ini pakai sigra..

Over all.. owning experience selama satu bulan pakai sigra ini. Bagaimana ceritamu sobb

Advertisements

2 thoughts on “Owning Experience Daihatsu Sigra Type X Setelah Satu Bulan Pemakaian, Plus Minusnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s