First Impression Daihatsu Sigra Tipe X.. Mobil LCGC Murah yang Enggak Murahan

Munivmotoblog – Setelah serah terima unit pada hari Jumat 14 April 2018 kemaren tiba saatnya untuk saya pribadi melakukan sharing mengenai firs impression review mengenai daihatsu sigra tipe X yang sudah terparkir ganteng maksimal di garasi rumah. Saya bukan merupakan reviewer yang mahir di bidang roda empat namun sebisa mungkin disini saya akan memberikan penilaian yang cukup obyektif mengenai daihatsu sigra tipe x dari sisi sudut pandang konsumen.. monggo lads sediakan kopi dan juga cemilan karena artikel akan sangat panjang takut entar ngatuk pas bacanya. Xixixi

Pertama adalah sisi design eksterior, daihatsu sigra ini sejatinya merupakan mobil lcgc 7 penumpang dengan dimensi panjang dan lebar tidak jauh beda dengan kakanya daihatsu xenia. Yang menjadi pembeda sangat kentara dari sisi dimensi adalah tinggi mobil ini yang lebih rendah dibanding daihatsu xenia. Moncong depan dengam shape yang kayak mulut ikan terbuka menjadikan mobil ini secara tampilan depan sangat sedap dipandang dan sporty. Lampu depan dan sein masih menggunahkan model bohlam biasa. Untuk type x ini belum dilengkapi foglamp jadi untuk area bamper bawah polosan dan terlihat clean.. hanya ada shape hiyam doff yang menjadikan tampang depanya gak neko neko. Terdapat lpgo lambang S didepan untuk menunjukan bahwa mobil ini adalah segment LCGC.. melimpir kesamping dimendi bodinya pas dan terlihat mengalir dari depan ke belakang. Seluruh kaca mobil ini sudah dilengkapi dengan pelindung kaca free dari dilernya. Melirik ke belakang ada dua stoplamp yang maaih bohlam biasa dan untuk tipe X ini belum dilengkapi dengan reflektor. Bagi saya pribadi reflektor di tipe R bukan selera karena mobil ini literrely gak tinggi tinggi amat sehingga pas lampu belakang kecil seperti tipe selain R. Over all untuk design eksterior not komplain lah bagi saya sudah sangat pas untuk ukuran mobil LCGC bahkan cenderung lebih bagus daripada harganya.

Masuk ke interior mobil ini berbalut jok dengan bahan kain fabrik, kursi baris pertama headrest masih menyatu dengan jok sehingga tidak bisa diatur naik dan turunya. Untuk tinggi saya yang 170 cm ukuran jok dan tinggi jok depan ini sudah sangat pas. Semua jok bawaan berwarna hitam pekat dan mirip mirp honda mobilio. Melirik ke area dashboard, disana ada MID, speedometer dan tachometer dimana designya simple dan mudah untuk dibaca. Lingkar kemudi berdiameter lebih kecil dibanding kakaknya daihatsu xenia namun sangat ergomis enak untuk diputar… Head unit mobil ini sudah bertype double din yang bisa digunahkan untuk Bluetooth, telfon, cd, usb dan fm radio. Design dashboard mobil ini juha beraliran two tone color yang menjadikanya terlihat elegan dan gak mboseni. Memang untuk penggunaan material semuanya baik di dashboard, door trim dan lainya masih berbahan plastik keras. Namun not komplain lah karena mobil sekelas lainya yang bermain di segment LCGC juga memiliki bahan yang sama bahkan ads yang hanya single tone color..

Bagaimana performa mesinya?

Setelah mas mirza dan driver pulang dari rumah maka mobil langsung saya gelandang untuk pengisian bbm karena di MID hanya tertinggal 2 bar. Ok saya bersama adik yang beratnya sama melipir dari rumah ke arah pom bensin daerah medalem. Buka pintu, masukan kontak, dan cek apakah ac dan juga audio mati jika sudah injam kopling dan langsung nyalakan dan starter.. singggg… Pada kondisi ac belum nyala dan kaca depan terbuka separo suara mesin hampir nyaris tidak terdengar masuk dalam kabindengan catatan gas gak dibejek loh ya. Nyalakan ac dan nyalakan audio kemudian tutup semua kaca. Dslam kondisi idle mesin mobil ini sangat halus. FYI : Sigra yang saya pakai menggunahkan mesin 1200 cc dual vvti DOHC 4 silinder sejajar. Mungkin konfigurasi mesin ini yang menjadikanya aluss.. gak tau kalau yang bermesin 1000 cc.. mungkin teman teman yang pernah test drive yang bersi 1000 cc bisa komen dibawah ya…

Masuk gigi satu, enak kopling ringan dan transmisi manualnya halus. Memabg gak se enteng masukin gigi di suszuki ertiga tapi juga bukan berat. Saya fikir ini pas bagi laki laki seperti saya. Posisi tuas perseneleng yang ada dibawah dashboard langsung juga memudshkan saya dalam perpindahan gigi karena posisinya yang dekat dengan setir. Injak kopling masuk gigi 2 dengan bermain di rp. 2500 – 3000 mesin terasa halus dan saya gak menyangka bahwa peredaman mobil ini sangat baik. Suara mesin dak sampai masuk ke kabin sehingga dapat menganggu. yang terdengar hanya suara ban ketika permukaan jalan enggak rata.. namun itu bagi saya wajar mobil dengan harga jauh diatas ini juga akan kedengeran suara kolong ban saat melewati jalan dengan aspal yang bergelombang.

Setelah saya isi pertamax 200 ribu maka indicator bbm penuh dan siap untjk dibawa jalan. Gas ke jalan yang memiliki arus cepat dsn banyak bus akdp jalur babat – bojoengoro masuk gigi 3 kecepatan 50 dan masuk lagi gihi 4 kecepatan 70 masih anteng mesin masih main di rpm 2500 an.. seketika itu maka indicator eco nyala dan sampean tau konsumsi average bbm nya berapa? Yupss 18 km/liter… Anjayyy irit banget neh mobil.. buat selap selip juga enak feed back dari kemudi dewasa dan suspensi juga lembut namun tidk sampai mengayun.. over all mengemudi dengan mobil ini tidak memberikan rasa lelah dan juga bosan dalam waktu yang lama.

Over all untuk kesan pertama mobil ini dua hari saya pakai wora wiri untuk urusan keluarga dan bisnis sudah sangat pas. Mungkin ada catatan kecil bagi saya pribadi mengenai mobil ini dan itu bersifat minor. Pertama adalah air silkulator untum penumpang baris kedua kalau di level 2 suara kipasnya lumayan keras… Apalagi kalau dibuat level 3.. kemudian yang kedua adalah belum adanya auto central loock jadi kalau pas jalan pengemudi harus tekan kunci central look manual agar ke 5 pintunya terkunci (harusnya untuk versi berikutnya fitur ini ada). Ketiga adalah dalam kecepatan tinggi dan mesin meraung diatas 4000 rpm suara mesin sudah mulai masuk ke kabin namun tidak sampai mengganggu.

Last… Demikianlah first impression saya mengenai monil daihatsu sigra type x warna grey… Bagaimana kesan pertamanya? Dengan harga yang dipatok di 136,2 jutaan saja mobil ini murah tapi bukan murahan.. anda masih bisa asik dan nyaman banget dibelakamg kemudi mobil ini….

Advertisements

8 thoughts on “First Impression Daihatsu Sigra Tipe X.. Mobil LCGC Murah yang Enggak Murahan

  1. Kl sy ngerasain duduk di baris 3 lbh enak sigra/calya di banding avanza/xenia..tp kl kelegaan baris 3 sigra/calya menyedihkan bagi orang dewasa mending avanza/xenia..hehehe
    #impresi naik baris 3 di calya g matik
    #impresi nyupirin calya g manual..masukin gigi mundur rada susah kl pas mau parkir..hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s