Klarifikasi AHM Mengenai Knalpot Honda PCX Modifikasi, Ini Cuman Salah Tempel Stiker Saja Imbuhnya !!!

Munivmotoblog – Menyambung artikel saya sebelum ini yang heboh mengenai knalpot yang dipakai pada saat launching Honda PCX150 versi modifikasi adalah bukan aseli merek akrapovic. Bahkan reminder keras dilayangkan oleh salah satu distribitor resmi knalppt akrapovic yaitu sphinx motorsport dilaman resmi facebooknya yang menyatakan bahwa kenalpot yang dipajang tersebut adalah bukan knalppt original akrapovic.

Setelah mendapat reminder keras via social media, kemudian fihak Astra Honda Motor (AHM). Penggunaan knalpot yang diduga palsu di Honda PCX 150 versi modifikasi yang terpajang di gelaran launching menuai protes dari distributor resmi Akrapovic di Indonesia, Sphinx Motorsport.

Pun demikian pihak PT Astra Honda Motor (AHM) yang diwakili Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM menyatakan jika pihaknya tak melakukan pemalsuan atau menggunakan barang palsu di motor display tersebut.

Karena ini merupakan murni kesalahan teknis pemasangan emblem. Tidak ada barang palsu ataupun pemalsuan. Dan saat ditelusuri, ternyata knalpot yang digunakan pada Honda PCX tersebut adalah Yoshimura dengan tipe R11 model Dual Exit.

“Terima kasih untuk informasi yang disampaikan. Dalam modifikasi All New Honda PCX, semua part kami asli, termasuk knalpot Yoshimura,” ucapnya.

Yuk mari kita bahas satu persatu mengenai penjelasan ini tanpa menggunahkan pendekatan tendrnsius dari masing masing yang terlibat dalam perselisihan ini. Pertama adalah kesalahan pelabelan, apakah mungkin itu terjadi, mungkin saja ketika kbalpot dikerjakan secara custom. Namun perlu diingat bahwa pada keadaan standard knalpot yoshimura sudah terdapat label yang melekat di bagian body mufflernya. Bisa sampean cek gambar dibawah ini ya sob.

Kalau kita lihat secara jeli memang knalpot yang dipakai pada saat launching Honda PCX 150 versi modifikasi plek sama dan identik dengan knalpot Yoshimura R11 double muffler. Memang ada jenis knalpot model seperti ini. Namun pertanyaanya kemana tuh label yoshimura ko jadi akrapovic? Kalau team teknisi salah menempelnya dengan label akrapovic berarti ada proses penghilangan label aseli merek knalpot pada saat modifikasi kemudian diganti dengan stiker akrapovic. Kedua, dalam meja produksi mereka berarti memang sudah ada label akrapovic yang siap ditempel di knalppt manapun juga. Kalau seperti ini berarti builder memang punya standard ganda dalam membangun sebuah motor.

Mengenai relabel/melakukan pelabelan kembali yang sudah keluar dari brand sebenarnya sebenarnya sudah masuk ke ranah pembohongan kepada media dan masyarakat umum. Seperti anda beli jam tangan Seiko e ternyata sama penjual label seiko dihilangin dan diganti merek lain seperti rolex, alexander Cristie dll. Praktek seeperti ini memang tidak diperbolehkan dalam skala industri manapun. Karena disitu ada kualitas, kekuatan brand dan juga hak kekayaan intelektual sebuah brand yang melekat menjadi taruhanya. Semoga kedepan kejadian semacam ini tidak terilangi kembali oleh perusahaan motor dan mobil. Agar tidak ada salah satu fihak yang dirugikan dan menguntungkan fihak lainya yang tidak win win sollution.

Advertisements

11 comments

  1. apa owener pcx (ahm) cm taunya beres saat meneyerahkan motor ke modifikator, apakah ada syarat2 penggunaan komponen khusus??
    dan akan lbh rame jk pihak yosi kasih statemen, knalpot tsb produknya ato bukan (palsu).
    disitu akan terlihat jelas siapa yg melakukan pembodohan publik.

    Like

  2. Di website resminya Yoshimura r-11 model dual exit yg kya di pcx ini cuma ada buat 600cc – 1000cc.
    Jd semakin ragu sekarang sama klaim semua parts asli termasuk knalpot Yoshimura (yg entah opo maksute pake di-rebadge jadi akra).
    Klopun ini knalpot yoshi asli, mempertontonkan kengawuran teknikal yg ga elegan buat kelas pabrikan (cuma pduli tampang tanpa aspek fungsi , layaknya modif pinggiran) karena knalpot buat 600cc -1000cc dipasangkan ke 150cc
    Coba kalo bunyi klarifikasinya: “mohon maaf kpd Akrapovic, kami lalai menggunakan emblem yg tidak semestinya, sebenarnya ini KNALPOT custom sendiri yg TIDAK BERMEREK, kedepannya tdk akan terulang lagi”
    Kelar masalah, netizen simpati, respek kpd pabrikan kembali.
    Lha ini kyak yg udah salah masih Ngotot mau dianggap bener nyelamatin muka sendiri dengan cara ‘membodohi’ byk orang pakai statement manipulatif, ya wis jd bulan2an netizen & potensi urusan memanjang kalo Yoshimura ikutan turun & anggap ini pencemaran citra brand, klo ternyata barang jelek itu benar2 BUKAN produknya dia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s