Komparasi Spesifikasi Yamaha N – Max vs Honda PCX, Yamaha N Max unggul Telak dengan Skor 9 : 3, Ini Datanya Sob !

Munivmotoblog. Kelas maxi skutik midle level tanah air sekarang menjadi berdarah – darah sejak Honda mengeluarkan gacoan lama tapi baru mereka. Dirakit di pabrik Honda yang ada di Indonesia menjadikan Honda PCX kini lebih terjangkau daripada ketika statusnya masuh CBU. Jelas untuk kelas ini bidikan Honda adalah Yamaha N max yang saat ini menjadi primadona di kelas maxi skutik midl level. 
Penjualan Yamaha N max yang fantastis untuk kelas skutik diharga 26 jutaan yang setuap bulanya bisa terjual 20 ribuan bahkan pada waktubtertentu mencapai angka 40 ribu. Sebuah pasar yang gemuk dibanding segment naked dan juga sport fairing.

Honda PCX darang belakangan apakah secara data dan fakta spesifikasi jauh lebih unggul dari Yamaha N – max? Tunggu dulu.. disini saya ingin sedikit share data apple to apple yang diambil daei pabrikan kedua motor ini. Spesifikasi lengkap dijembreng habis dalam sebuah diagram foto komparasi diatas. Jelas masing masing harus di nilai obyektive untuk dapat memberikan gambarak kepada konsumen mengenai prpduk yang sebenar – benarnya. 

Secara garis besar dalam komparasi diagram foto diata menunjukan bahwa walapun datang belakangan Honda PCX justru secara penilaian kalah telak dibanding Yamaha N – Max yang hadir lebih dahuli. Dalap paramter diatas disebutkan juga ketika fotur dan spesifikasi sama, maka tidak akan dihitung plus (dengan warna hijau), dan merah untuk minus (kalah). Jadi ketika keduanya memiliki teknologi dan fitur yang sama maka akan diberi warna silver. Soo saya fikir penilaian seperti ini sangatlah ideal dan juga sangat fair untuk kedua produk. Jadi bagi sampen yang memang ingin mengetahui data yang valid dan artikel mencerdaskan, silahkan lanjut baca artikel ini. Namun ketika amda fans boy salah satu merek, monggo silahkan artikel saya ini boleh di skip. 

Okay parameter pertama yang akan kita bahas adalah mengenai kubikasi mesin. Dimana yamaha N max dibekali mesin 155 cc dan Honda PCC 150 cc. Dalam parameter ini yang dinilai adalah makin besar makin bagus (karena ada hubunganya dengan power dan torsi). So yamaha N max unggul di sektor ini. Selisih 5 cc juga menjadi poin plusditambah Yamaha N max ABS ebih murah 2 jutaan dibanding Honda PCX versi ABS.

Kemudian kedua adalah sektor power dan torsi, dimana Yamaha N max saat ini memiliki ppwer yang paling gede dikelasnya dengan 11,1 kw dan 14 nm. Sedangkan Honda PCX ukuran power dan torai belum dirilis oleh Honda. Dan di sektor ini Yamaha N max unggul kembali.

Ketiga adalah jumlah katup, lebih banyak lebih baik. Yamaha N max dibelaki 4 katup (valve) serangkan Honda PCX hanya 2 katup (valve). Lagi lagi Yamaha N max unggul disektor ini. Kemudian lanjut keempat adalah konfigurasi engine keduanya dibekali engine SOHC jadi sama sama lah untim penilaian ke empat ini. 

Keenam adalah sistem pendinginan, keduanya sudah sama sama menggunahkan pendingin radiator. So.. untuk sektor ini keduanya draw. Kemudian ketujuh adalah sektor teknologi, Honda dengan ESP dan Yamaha dengan blue core.. keduanya imbang lagi untuk penilaian ini. 

Lanjut ke penilaian sektor teknologi mesin dimana Honda PCX masih menggunahkanbahan piston dengan jenis casting sedangkan Yamaha sudah menggunahkan forged piaton dan dyasil silinder. Soo untik sektor ini Teknologi mesin Yamaha N max lebih unggul daripada Honda PCX. Kemudian penilaian sektor pendobgkrak power di mesin (kalau di mobil ada dual vvti, ada vitec dll). Kalau di motor Honda PCX minim teknologi oendongkrak power dan torsi sedangkan Yamaha N max sudah dibekali VVA (variable valve actuation). Sooo lagi lagi Yamaha N Max unggil di sektor ini. 

Kemdian sektor pengereman baik itu Yamaha N – Max mauoun Honda PCX sudah sama sama dibekali dual cakram. Jadi untuk penilaian ini imbang. Lanjut ke teknologi ABS nya, keduanya sudah dibekali pengereman ABS namun beda jumlah chanelnya. Honda PCX hanya dibekali ABS satu chanel namun Yamaha N Max sudah dibekali 2 chanel. Soo.. penilain ini mana yang banyak ia yang menanag. Dan udah bisa ketebak, Yamaha N max unggul lagi dibanding Honda PCX. 

Ngelirik ekarea speedo dan sistem penerangan. Keduanya sudah memiliki speedometer full digital dan kampunya audah menggunahkan LED. Aooo kedua sektor ini imbanglah mas bro..

Ngelirik ke area suspensi.. Yamaha N max dibekali suspensi tube (tabung) sedangkan Honda PCX dengan model suspensi belakamg yang biasa. Secara tampilan dan fungsi maka tidak berlebihan jika sektor ini juga yamaha N – max unggul dibanding Honda PCX. kemudian dari suspensinkita lirik juga ke area ban depan dan ban belakang, disini ukuran ban Yamaha N – Max baik depan maupun belakang lebih besar satu tingkat dibanding ban depan dan belakang Honda PCX. Sehingga dalam poin ini Yamaha N – Max lagi lagi unggul karena ia dibelaki ban depan 110 dan ban belakang 130. Sedang Honda PCX ban depan ukuran 100 dan ban belakang 120. 

Kemudian sekarang kita bahas fitur yang kasap mata. Dimana Honda PCX sudah dibekali dengan smart key sedangkan Yamaha N Max kunci manual biasa. Untuk sektor ini Honda PCX lebih unggul dibanding Yamaha N – Max. Setelah bahas keamanan kunci kita lanjutkan pembahasan ke kapasitas tangki BBM. Dimana kapasitas tangki Yamaha N max hanya 6,6 liter sedang honda PCX sudah 8 liter. Untuk sektor ini Honda PCX unggul dibanding Yamaha N max. Kemudian fitur lain dimana Honda PCX sudah dibekali power otlet dan juga Engine start ot sedangkan yamaha N max belum. 

Terakhir adalah komparasi yang paling menentukan untuk bagi calon konsumen kedua motor ini adalah harganya.. kita bisa katakan parameter yang kita ambil disini adalah semakin kompetitif maka semakin baik. Dimana Yamaha N max versi ABS terbaru dibandrol dengan harga 30,2 juta OTR jakarta sedangkan Honda PCX versi ABS dibandrol dengan harga 32 juta.. ada seliaih 1,8 juta antara keduanya dan yang paling kompetitif disektor ini adalah Yamaha N – Max.. 

Yuk marinkita kalkulasi dari 18 item penilaian ini siapakah yang memiliki value tertinggi dikelas maxi skutik 150 cc. 

1. Skor Yamaha N – Max unggul dibanding Honda PCX = 9

2. Skor Honda PCX unggul dibanding Yamaha N – Max = 3

3. Skor keduanya sama = 6

So dari hasil komparasi diatas dengan parameter yang cukup fair dan ideal (standard value dalam sebuah produk motor), maka dapat kota simpulkan bahwa Yamaha N max unggul telak dalah sisi Value for Money dibandingkan Honda PCX. Bahkan nilaianya selisih 3 kali lipat. Artinya keunggulan parameter Yamahaa N max mutkal di sektor teknologi mesin, teknologi suapensi, teknologi pngereman, penggunaan ban dan juga harga yang lebih murah dari Honda PCX. Sedangkan Honda PCX dalam analisa artikel kali ini hanya unggul dos ektor keamanan kunci, kapasitas Tangki BBM dan fotur soket charger HP. 

Last, dengan data dan fakta komparasi diatas jelas terlihat bahwa walaupun muncul belakangan namun secara real value yang diberikan Honda PCX masih jauh dibawah value yang diberikan oleh yamaha N – max. Pilihan ada ditangan konaumen… Di artikel ini saya selaku admin hanya ingin share dan memberikan data yang valid dan ideal dari kedua motor ini. Sehingga blogger yang mengisi ruang skat antara ATM dan konsumen pynya peran yang mencerdaskan…. Gak jazz jezz jozzzz bae maz bro.. okay see youuu

Advertisements

8 comments

  1. ternyata spidometer pcx mirip2 supra x injeksi jaman dahulu ya xixixixii…
    selisih 1.8 juta bisa lah buat beli keyless plus bikin power outlet…
    tapi yakin NMAX tetep akan kalah dibanding PCX deh… honda gitu lah… kan yang dilihat merk nya bukan fiturnya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s