Helm TRX Honda CRF150 Banyak Menjadi Sorotan, Bukti System Custommer Satisfaction Di AHM perlu Dipertanyakan.

Munivmotoblog – dalam sebauh dunia induatri baik yang berhubungan dengan produk supported ataupn prpduk langsung nd custommer. Produk supported/vendor merupakan produk yang berhubungan antara pabrik ke pabrik. Sedangkan produk end custommer merupakan produk yang berhubungan antar pabrik ke custommer. 

Dalam berbagai aspek penilaian ada beberapa elemen penting untuk mlihat apakah performance sebuah perusahaan tersebut sesuai dengan system yang berlaku atau maaih ada beberapa item yang kurang. Salah satu kritetia penilaian dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan adalah custommer satisfaction. Apa seh mas Custommer satisfaction? Ko jarang ditulis di artikel artikel yang berhubungan denhan motor. 

Dalam paragraf ini penulisningin sedikit menjelaskan daeo refferenai yang penulis miliki mengenai pengertian yanh detail mengenai cuatommer satisfaction. 

Menurut Kotler dan Keller, Kepuasan pelanggan/konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Menurut Kotler, kepuasan konsumen/pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Sedangkan menurut Yamit, kepuasan konsumen/pelanggan merupakan evaluasi purna beli atau hasil evaluasi setelah membandingkan apa yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan menurut Kotler dan Armstrong, kepuasan konsumen/pelanggan adalah sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah ketimbang harapan konsumen, maka pembelinya merasa puas atau amat gembira.

Kepuasan konsumen/pelanggan, menurut Engel dkk, adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan dengan harapannya Konsumen yang merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa maka sangat besar kemungkinannya untuk menjadi konsumen dalam waktu yang lama. Menurut Zeithaml dan Bitner, definisi kepuasan konsumen/pelanggan adalah respon atau tanggapan konsumen mengenai pemenuhan kebutuhan. Kepuasan merupakan penilaian mengenai ciri atau keistimewaan produk atau jasa, atau produk itu sendiri, yang menyediakan tingkat kesenangan konsumen berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan konsumsi konsumen.

Jadi dari penjelasan diatas kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan untuk melihat indikator indokator penting dari sebuah produk hang audah dilepasnya dipasar. Untik contoh maka kita akan ambil dari beberapa sorotan banyak media dan juga netizen mengenai tidak singkronya helm bawaan Honda CRF150 sehingga disitu ada banyak sekali komentar dari banyak pengguna motor honda yang sebenarnya “kecewa” terhadap helm bawaan produknya. Beberapa SC penulis lampirkan jugaa sebagai bukti bahwa mayoritas netizen pengguna motor honda tidak puas dengan helm bawaan motor yang terasa under standard (serie TRX). 

Sehingga penulis disini ingin melihat bagaimana test case : Apakah anda puas dengan produk motorh Honda AHM? Selama ini puas. Apakah anda puas denganpaket helm dan jaket yanh diberikan saat membeli motor baru dari Honda? Tidak. Harusnya bisa lebih bagus daripada ini. Karena secara nilai harga motor motor honda juga tidak paling murah diantara motor jepang lainya.

Ko bisa kejadia paket helm yang diberikan ke Honda CRF masih saja dengan serie TRX series? Padahal notabenya ini motor adventure. Jadi pada dasarnya kenapa ko bisa masih pakai helm TRX?. Saya tidak ragu untuk menyuarakan bahwa di internal AHM tidak pernah dilakukan audit custommer satisfaction. Karna jika ia melihat case bagaimana ketidakpuasan pengguna motor honda terhadap helm trx yang menjadi kesatuan dengan motor seharusnya tahun ini mereka sudah tidak menggunahkan helm ini untuk motor2nya. Kwdua adalah di internal AHM tidak pernah melakukan uji langsung bagaimana aksesories seperti jaket atau helm yang menjadi satu paket dengan motor jika dipakai daily use. Artinya jaket dan helm itu dipakai setiap hari. Bagaimana hasilnya dan bagaimana feedbacknya? Apakah sudah menjadi standard kenyamanan pengendara atau dibawah standard kenyamanan. Ini penting dilakukan karena yang mengekuarkan aksesories itu adalah AHM jadi mereka sudah juga melakukan test yang sesuai trandard mereka. 

Hubunganya mas dengan Customer Satiafaction? Jadi disini sudah ada case ada indikasi mayoritas ketidak puasan pelanggan honda terhadap helm bawan dari motornya. Harusnya ketika ini sudah dilaksanakan tidak akan kejadian terulang kembali. Artinya ia akan merubah kebiasaan memberikan helm dengan standard paling bawah untuk produknya dengan helm yang lebih baik. Dengan seperti ini saya yakin perusahaan akan lebih memikiki image yang bagus untuk custommernya. Mas beli motor ko mikirin helmnya? Ya merek yang lain dengan penjualan yang jauh kebih kecil daripada Honda aja berani memberi helm yang lebih bagus daripada TRX. Kenapa honda malah jauh tertinggal dibelakang dari segi safety konsumenya? #cari_aman apakah hanya sebuah kampanye saja… Silahkan mas bro nilai sendiri.. 

Last, dari artikel ini penulis tidak memiliki maksud untuk melakukan black campaign terhadap salah satu brand. Tapi penulis ingin sedikit share mengenai kasus helm TRX di moto CRF yang jauh dari kesan kepuasan pelanggan. Ketika hal itu terulang maka audit Custommer Satisfactionya perlu dipertanyakan. So… Siapa mas yang perlu disalahin? Ya bagian AHM yang mengurus apparel.. mikirnya sampe sini enggak.. gt aja… 

Advertisements

One thought on “Helm TRX Honda CRF150 Banyak Menjadi Sorotan, Bukti System Custommer Satisfaction Di AHM perlu Dipertanyakan.

  1. tatsumaru

    Saya amati, di agregator blog yang njenengan taut ini, hanya njenengan yang berani blak2an bahas soal helm kacang sukro TiReX ini, sedangkan rekan2 blog2 lain di agregator yang sama, saya amati pada mingkem semua. Jelas ntar klo bahas helm ginian mereka gak bakalan dapat undangan test ride dan semacamnya.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s