The Journey : Impresi All New Yamaha R15 Dipakai Touring Taklukan Ganasnya Rute Pacet – Malang via Cangar, Handling dan Torsinya Bikin Semuanya Jadi Mudah Sob…

R15

20170729_103055

Munivmotoblog – Unit All New Yamaha R15 milik dari PT. Surya Timur Sakti Jartim selaku main delaer Yamaha area Jawatimur dan NTT masih berada ditangan munivmotoblog.com untuk dilakukan daily review dan test ride. Untuk yang belum baca artikel sebelumnya mengenai bagaimana review dan test ride motor All New Yamaha R15 ini dipakai untuk rute harian sampean bisa baca dulu diartikel ini sob.
Daily Test Ride All New Yamaha R15, Siap – Siap Menjadi Pusat Perhatian

Nah berhubung  unit yang saya pinjam untuk dilakukan review secara mendalam ini masih dua hari lagi dari sekarang. So… this is weekend mas bro.. dan bagi saya yang merupakan pekerja kantoran hari sabtu – minggu merupakan hari dimana kita lakukan kegiatan – kegiatan yang diluar keseharian. Kali ini saya dan istri berencana untuk mencoba bagaimana impresi motor All New Yamaha R15 jika digunahkan untuk ke Malang via cangar (hanya sekedar untuk memberi makan kera – kera yang ada di hutan lindung Cangat dan beli Bakso Khas Malang kemudain balik lagi) ghaibb neh.. apakah torsi, power dan handling motor akan dapat dengan baik melahap rute yang sangat ekstrem tersebut.

For Your Information (FYI) mas bro dari banyak sekali route toruing yang ada di Jawa Timur. Rute dari Pacet menuju ke Cangar merupakan salah satu rute yang paling eksterm. Dimana dalam rute tersebut saampean akan menemukan banyak sekali tikungan tajam dan tanjakan yang mendekati 45% di dukung kontur jalan yang tidak begitu lebar. Rute ini membelah gunung Arjuna dan menjadi pembatas antara Kabipaten Mojokerto dan Kabupaten Malang. Pada posisi puncak rute ini mencapai ketinggian 1200 mdpl dengan suhu berkisar 10 derajad celcius. Bahkan pada saat siang hari mata hari enggan masuk dalam gelapnya hutan diatas gunung dan menjadikan jalanan penuh kabut yang dingin. Jadi bagi sampean yang diluar Jatim dan belum pernah touring di rute ini, maka deskripsi saya diatas semoga dapat memberikan gambarang bagaimana rute yang akan kami lewati dengan All New Yamaha R15. Namun bagi sampean bikers area Jatim dan pernah merasakan rute ini, maka tidak ada salahnya nanti juga urun rembug di kolom komentar ya sob…

Baca juga :

20170729_101319

Saya berangkat dari Pacet sudah agak siang sekitar pukul 09 : 30 dengan menggunahkan All New Yamaha R15 dan berboncengan dengan istri saya. Saya yang saat ini berbobot kurleb 85 kg dan istri saya 70 kg bukan merupakan berat ideal orang Indonesia pada umumnya. Artinya motor ini nantinya akan menanggung beban sekitar 1,5 kwintal dalam misinya untuk menaklukan jalanan Pacet – Cangat – Batu – Malang. Cuaca di tempat tinggal saya sata itu mendung dan sedikit kabut dan ini merupakan momen yang sangat baik untuk kita keluar karena kondisi tersebut membuat kita makin fresh dan bisa awet muda.

Riding position motor ini untuk rider sedikit mbungkuk namun masih enak untuk perjalanan jangka panjang. Menunduknya enggak bikin pegel melainkan membentuk race position agar saya bisa mengendalikan motor dengan baik. Istri saya yang tingginya 167 cm juga sangat mudah untuk naik ke jok boncenger dan tanpa harus penyesuaian, seketika naik dan duduk saya Tanya apakah sudah nyaman? Ia jawab nyaman dan joknya juga empuk untuk ukurna motor sport fairing 150 cc. Setetika saya dan istri mendapatkan feeling yang sangat bagus untuk segera mengawali the journey ini seketika itu saya nyalakan kontak posisi on, engine cut off saya posisikan di on kemudian starter brum…. Brumm.. suara motor khas 1 silinder namun dentumanya serak – serah renyah.. saya suka bunyi kenalpot motor ini. Tanpa hars dipanasi (motor keluaran terbaru tidak perlu ada proses pemanasan sebelum digunahkan) semua komponen dan oil otomatis akan bekerja seketika engine menyala. Kita jalan dengan enjoy karena motor ini menawarkan sebuah riding quality yang snagat bagus untuk ukuran motor sport fairing kelas 150 cc. Visibilitas untuk rider sangat baik karena nunduknya tidak extreme dan untuk boncenger ia mendapatkan kenyaman joknya yang memang secara real lebih empuk dan lebar daripada generasi Yamaha R15 yang lama ataupun dari competitor.

20170729_101306

Kami turun dan gas dari area wisata Pacet – Mojokerto menuju kea rah cangar dengan rute stau satunya melewati tanjakan dan curaman. Motor All New Yamaha R15 pada kondiisi tanjakan yang ekstrem saya sering menggunahkan gigi dua yang saya rasa sudah sangat mumpuni untuk melahap tanjakan yang mengintimadi. Ketika jalanan dirasa agak flat maka saya segera masukan ke gigi 3, 4 dan lima.. seketika itu hempasan torsinya membawa kita untuk segera mendahului premotor lain yang lewat di rute tersebut. Semakin jauh kami meninggalkan pacet semakin pula hawa dingin yang measuk lewat celah – celah kecil dari jaket yang kami gunahkan. Namun ini merupakan rute surge bagi pecinta touring maka semakin keatas kami disuguhi berbagai pemandangat luar biasa indahnya.

Tibalah kami di spot dimana smartphone anda akan tidak berfungsi sebagaimana mesinya karena signal profider manapun akan hilang disini, praktis hanya fitur camera yang bisa sampean gunahakn saat itu. The journey dengan destination yang ekstreem akan mendapatkan sebuah sensasi suasana yang luar biasa bagusnya. Lokasi ini tidak jauh dari jembatan kembang yang membelah hulu sungai DAS brantas yang berada di Cangar. Masih banyak kera – kera yang wajib kita lindungi berkeliaran dijalan raya. Saya memang saat itu sudah siapkan 3 – 4 biji pisang untuk diberikan ke kera – kera yang ada disana. Saya berhenti sebentar tanpa harus turun dari motor dan kami kasih satu – persatu pisang yang kami bawa ke kera tersebut…. Momen seperti ini hanya bisa anda nikmati pada kondisi yang sangat ekstrem dan melewati jalanan yang penuh dengan tanjakan. Ketika anda putuskan untuk menggunahkan motor dengan power dan torsi yang seadanya, maka disitu bukanlah pilihan yang tepat. Anda akan sedikit mengalami kendala apabila kendraan yang anda gunahkan tidak mumpuni dari segi torsi, power dan handling. Untung kami saat itu menggunahakan All New Yamaha R15 yang secara spesifikasi dan real hasil dari pengetesan saya sangat mampu untuk melahap rute yang eksteer seperti di Cangar Batu Malang ini.

20170729_103125

20170729_103523

Setelah jalanan tanjakan yang ekstreem kami lalui dengan All New Yamaha R15 dengan sigapnya tiba saatnya kami dihadapakan dengan rute turunan yang curam dengan kondisi jalanan yang sangat berliku dengan blind spot yang luar biasa bahayanya. Ketika motor All New Yamaha R15 harus membawa beban sebesar  1,5 kwintal maka suspense dan pengereman akan diuji secara matang disitu. Berrr saat itu kondisi jalanan berkabut dan hawa dingin masuk kembali ke jaket yang kita gunahkan. Kabut tebal menyertai perjalan kami dari arah pemandian air panas Cangar menuju ke kota WIsata Batu… Setelah melewati tulisan anda masuk di wisata pemandian air panas cangar jalanan yang dulunya tanjakan berubah drastic menjadi turunan. Saya coba control motor dengan menggunahkan engine brake dari posisi gigi motor, saya sering gunahkan kombinasi gigi dua dan tiga untuk dapat mengimbangi dan mencontrol agar motor All New Yamaha R15 dapat berjalan dengan baik tanpa harus kesusahan untuk melakukan breaking berulang – ulang. Kondisi yang seperti  ini kami praktis hanya melaju pada rentang kecepatan 30 – 50 km/jam saja, hal tersebut kami lakukan karena murni urusan safety dan ramenya kondisi jalan kala itu. Suspensi depan All New Yamaha R15 dengan USD bisa meredam kondisi aspal yang bergelombang pada saat kondisi turunan dnegan baik. Dengan settingan suspense belakang yang cenderung stift maka poin positifnya ketika saya gunahkan berboncengan maka perpaduanya sangat sempurna. Digunahkan nikung kiri, kanan pada kondisi turunan curam juga tidak ada gejala spin ban belakang atau limbung karena terlalu lembut. Settingan suspense motor All New Yamaha R15 ini sangat baik menurut saya.  Kondisi yang sangat baik tersebut juga tidak lain karena dukungan dari ukuran ban All New Yamaha R15 yang berukuran besar dan lebar, depan dengan ukuran 110 dan belakang 140.. Sehingga dengan kondisi turunan se ekstreem Cangar kondisi cengkram ban terhadap aspal sangat baik.

20170729_104812

Saya baru nyadar jika Lampu Hazzard Disini sangat berguna, Tidak sedikit istri saya harus berhenti untuk mencari toilet karena kondisi yang dingin tersebut memaksa metabolism tubuh kita untuk mmbuang sisa pembakaran lewat urine. Dan karena ini lokasinya adalah gunung dan hutan maka tidak banyak kami temukan toilet umum kala itu. So…. Kadang toiletnya berada di samping jurang dan pada saat berhenti mendadak pada laur jalan bagian kiri dengan rasa aman saya nyalakan lampu hazard dan motor kami berhentikan di bawah marka jalan. Lampu hazzrd ini memberikan saya keamana yang lebih karena pada saat itu kondisi jalanan yang kita gunahakn untuk pemberhentian sangat berkabut dan jarak pandang sangat dekat. Sehingga dengan lampu ini saya seperti memberitahukan kepada pengendara yang melewati saya tau kalo ada motor berhenti disamping jalan.

Setelah melewati Cangar dan kondisinya mulai berubah dari yang sebelumnya berkabut, kali ini hujan rintik – rintik menghiasi perjalan kita dari Selecta menuju kearah Batu…  Kami anteng aja diatas motor dan memang tidak berencana untuk menggunahkan jaz hujan karena karena intensitasnya masih rendah. Sesekali saya harus turun gigi dari 4 ke tiga karena kondisi lalu lintas sedikit padat dan banyak sekali rider yang sein tiba tiba. Karena sebelumnya saya sudah melakukan daily test ride untuk membuktikan teknologi assist dan slipper cluth pada motor All New Yamaha R15 ini, maka tanpa ada rasa takut motor akan over torque sehingga menyebabkan ban belakang spin dan menimbulkan crash. Turun dari kecepatan 70 ke 40 bukan menjadi problem dan istri saya yang juga doyan touring ini merasa “ko enak banget ya mas, gak kerasa pas turun kecepatan constant”.. so boncenger ternyata juga dapat merasakan fitur ini. Jadi kalo ada yang nyinyir dan bilang, ahh buat apa Assist dan Slipper clutch untuk motor 150 cc? Jawabanya testing is believing…. Test dulu baru anda akan tau bagaimana menyenangkanya fitur tersebut.

20170729_104836

Kita melakukan perjalnan dengan rute yang sangat ekstreem tersebut bukan karena kita akan melakukan sebuah meeting pekerjaan atau bertemu dengan orang yang kita anggap penting. Journey tersebut kita lakukan hanya demi ngasih makan kera – kera dijalanan yang harus kita lindungi dan untuk satu buah Bakso Malang yang tidak bisa kita temui di kediaman saya Pacet – Mojokerto… Mungkin anda berfikir kami berdua ini nekad dan gak worth to journey.. Namun inilah inti dari sebuah journey bukan karena kamu ingin bertemu orang atau kamu ingin menunjukan strata sosialmu kepada orang lain, Namun bagaimana kamu mencari sebuah kebahagiaan untuk dirimu sendiri dan keluargamu serta bagaimana kamu bisa berbagi dengan yang lainya… dengan All New Yamaha R15 dengan segala paket lengkapnya menjadikan perjalanan kami berdua menjadi mudah kang bro…

Waktu perjalanan kami saat itu dengan kondisi rute yang sangat bervariasi tersebut hanya kami tempuh dalam waktu 45 menit saja dari kediaman kami di Pacet sampai ke area Wisata Batu – Malang. Kami pernah menggunakan motor dengan basic engine yang sama dengan All New Yamaha R15 ini namun beda generasi, yaitu Yamaha New Vixion dan waktu kami saat itu mencapai 1 jam 15 menit. Jadi dengan generasi engine beru dari All New Yamaha R15 ini waktu bisa kami pangkas sampai 30 menit dengan rute dan kondisi jalanan yang sama persis. Hal ini ko bisa? Okay jadi secara teksnis motor sengan akselerasi paling cepat akan memangkas waktu/ kecepatan… jadi ketika anda stabil jalan dikecepatan 60 km/jam maka motor dengan akselerasi paling cepat untuk meraih kecepatan tersebut akan mengantarkan anda ke destinasion lebih cepat daripada anda menggunahkan motor dengan akselerasi yang biasa saja. So… apalagi rute yang kami lahap kala itu adalah tanjakan dan turunan sehingga mutlak torsi motor berperan lebih dominan dalam membawa kami berdua menuju destination lebih cepat. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa All New Yamaha R15 masih menggunahkan engine SOHC 4 valve yang digabungkan dengan teknologi Variable Valve Actuation serta dukungan Assist and slipper clutch….

20170729_095404

Dari banyak sekali elemen positif yang saya sebutkan diatas, All New Yamaha R15 juga mendapatkan catatatn kecil dari saya dan istri yang semoga kedepan mendapat sentuhan yang lebih lagi. Pertama adalah mengenai sein yang masih menggunahkan model keluar dari area fairing depan, hal ini menjadikan motor menjadi kurang begitu fleksibel jika diparkir pada kondisi full load dan kondisi kontur parkiran miring. Ia akan lebih baik menempel dengan fairing dengan model flat… Kedua adalah ada posisi food step boncenger yang terlalu keatas sehingga ketika mau naik motor ini harus butuh tenaga ekstra (bagi boncenger dengan balutan celana levis ketat) tapi kalau pakai celana longgar ini bukanlah masalah. Apalagi ya…. Keknya udah itu ajaa sob…  karena bagi kami setelah melakukan test secara komprehensif dari motor ini… keseluruhan kekurangan dari Yamaha R15 versi sebelumnya sudah teratasi dengan sempurna pada generasi ini. Yamaha sukses meracik motor sport fairing All New Yamaha R15 ini menjadi sangat nyaman untuk digunahkan touring, boncenger juga tidak merasakan pegal pada area punggung saat digunahkan perjalanan jauh dengan medan yang ekstreem. Saya sebagai rider juga tidak merasakan kecapekan yang cukup berarti… Racikan inilah yang menjadi poin penting dari All New Yamaha R15 ini… Ia easy to handling, power dan torsi mumpuni serta fitur yang berjibun…. Motor ini siap mengantarkan anda ke destinasi dengan medan yang sangat eksteem sekalipun (selain off road)… Menjadikan anda menjadi pusta perhatian dan ia menjadi motor sport fairing 150 cc yang pernah saya test dan memiliki ergonomi yang pass.

20170729_101258

Average consumption BBM selama perjalanan 

Last, demikianlah review  saya mengenai bagaimana ketika All New Yamaha R15 dipakai berboncengan untuk  rute eksteem tanjakan, turunan dan tikungan ekstreem. Semoga review ini dapat berguna bagi pembaca blog. Dalam mereview motor ini saya tidak dibayar oleh fihak manapun dan ini adalah murni dari hasil test dan opini saya pribadi, setelah test langsung dari motor terbaru All New Yamaha R15 ini. Jika sampean ada opini mengenai motor ini dan mungkin juga sudah pernah melakukan test bisa kita sharing di kolom komentar yak.. Oh iya jika sampean suka pada artikel ini jangan lupa tekan like di bawah artikel ini dan juga bagi yang belum berlangganan bisa klik follow blog (gratis) untuk mendapatkan email notifikasi apabila ada artikel baru dari munivmotoblog.com. okay munivmotoblog.com pamit… see you in the next article mas bro.. Salam tamvan dan vemberani… yoiiii 😀 :mrgreen:

20170729_103357

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557 – 081335850234
PIN : D5D7E64F

Advertisements

9 thoughts on “The Journey : Impresi All New Yamaha R15 Dipakai Touring Taklukan Ganasnya Rute Pacet – Malang via Cangar, Handling dan Torsinya Bikin Semuanya Jadi Mudah Sob…

      1. ardho redhis

        Menurut saya Memang jalur cangar pas buat tes kendaraan mas. Mesin, rem, sasis, semua dipaksa buat bekerja keras. Masih hangat kemarin sekelas fortuner sampai rem blong disana.

        Like

  1. awansan

    hehe jadi inget dulu juga pernah lewat rute ini,sekitar tahun 2011 an , emang ajib lah tanjakan + pemandangannya hehehe, cocok buat uji motor sama buat inreyen, biar motore rosa rosa

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s