Review dan Test Ride Suzuki GSX R 150, Sporty, Power Full, Compact and Most Value for Money

wp-1484202609030.gif

IMG_20170225_164348

munivmotoblog – Pada hari Sabtu kemaren saya mendapat undangan dari PT. Suzuki Indomobil Sales untuk acara media gathering dan city touring motor sport terbaru mereka yaitu Suzuki GSX R 150. Motor ini saat ini dibandrol dengan harga 28,5 juta untuk are Jawa Timur. Tak heran saya dapat katakana Suzuki GSX R 150 ini merupakan motor sport fairing yang harganya paling terjangkau disbanding Yamaha R15 atau Honda CBR150R. Namun apakah dengan bandrol yang murah tersebut lantas produknya menjadi paling inferior dikelasnya… yuk siapkan the anget dan pisang goring untuk melanjutkan artikel ini…. Biar makin ciamik soro mas bro….

Basically Suzuki GSX R150 ini merupakan new product dari Suzuki dan diposisikan menjadi produk yang langsung head to head dengan pemain lama yaitu Yamaha R15 dan Honda CBR150R. Suzuki GSX R150 mengusung engine DOHC 150 CC dengan muntahan tenaga sebesar 19 HP… jiann hora umum pemirsa. Secara sepintas Suzuki meracik Suzuki GSX R150 dengan sangat compact, tangki BBM tidak terlihat lebay namun proporsional, kualitas merial juga sangat jempolan khas Suzuki lah maz bro… Diaera dashboard ada full digital speedometer yang mungil namun sangat informative ditambah Smart key system… artinya anda gak perlu mengunci hanya anda kantongi tuh kunci maka motor bisa di nyalakan.. wihh ngeri maz bro… motor 28 jetian ada fitur ini…

Secara over all Suzuki GSX R150 merupakan sport fairing tercompact dikelasnya dengan design yang sedap dipandang dan enggak boseni kang bro…

IMG_20170225_114552

Masuk ke riding position, saya yang pada saat itu mendapaty unit test berupa Suzuki GSX R150 warna black. FYI tinggi saya 170 cm dengan berat badan 84 kg, jian melar banget maz bro….. duduk diatas jok Suzuki GSX R150 ini kaki terasa menapak sempurna, posisi badan cenderung ketarik kedepan oleh akibat penempaan stang kemudi under yoke. Foot step ahak kebelakang yang menjadikan aura sport fairing yang racy abiz ini terbawa dalam adrenalin saya yang duduk diatasnya. Posisi riding nundung namun masih manusiawi…. Artinya kalo rute yang dilewati adalah jalan dengan kondisi trafict tidak begitu padat maka say ajamin riding dengan Suzuki GSX R150 ini akan menjadi sangat menyenangkan. Kecuali ia dipakai di daerah mancet maka anda akan merasa sedikit pegal diarea pergelangan tangan, akibat posisi stang yang under yoke tersebut.

Okay start di lapangan parker Delta Surabaya, kami para blogger, mass media dan komunitas langsung menuju unit yang telah disediakan, kebetulan saya mendapat unit dengan warna black dan start awal kita panasi mesin dulu maz bro…. yang terdengan dari derungan kenalpotnya, suara khas DOHC 4 valve ini serak serak basah dan crispy… suaranya enak dan ketika di betot di high RPM tidak ada gejala mbrebet sama sekali. Keluar parkir Delta Plaza dengan diiringi mobil patwal, saya perkrakan peserta touring lebih dari 100 rider. Jadi ya kita akan terobos kemancetan kota Surabaya dengan motor ganteng terbaru dari Suzuki ini.

Pertama, tarik tuas kopling dan masukan di gigi satu… klik… terdengan bunyinya dan ini khas motor sport. Betoto pelan pelan…. Engine ini terasa lebih smooth disbanding engne Satria yang noitabenya hamper sama dengan engine Suzuki GSX R150 ini. Becek gas dan ternyata didepan mancet sehingga saya hanya gunakan gigi satu untuk keluar parkitr hingga mendapatkan jalan yang lumayan lebar. Okeeee kita gas lagi maz bro.. masuk ke jalan besar dan trafick lumayan lancer betoto gas lagi dan si jarum RPM melesat dengan cepatnya dari 4000 ke 11.000 tanpa ada lag sama sekali, oper ke gigi dua dgeber lagi oper ke gigi tiga, perpindahan antar giginya sangat smooth maz bro.. dan memang akan terjadi sedikit lag power dan torsi pada kisaran rpm 3000 – 5000.

Pengereman, okay power yang tinggi tersebut tanpa diimbangi dengan system pengereman yang baik maka akan sangat bebahaya kalo dijalan raya. Suzuki GSX R150 ini dibeali dual cakram depan dan belakang, dan cakram depan berdiameter lebih lebar dan dengan model radial.. yang artinya modelnya seperti gerigi mas bro. saya coba lakukan hard breaking dari kecepatan 80 km / jam hingga 30 km / jam hanya membutuhkan waktu 3 detik saja…. Ya hal ini  menunjukan bahwa pengeram Suzuki GSX R150 ini snagat mantep dan gak ada gejala kehilangan grip dalam penurunan kecepatan tersebut.

IMG_20170225_164441

Lanjut ke area suspense, Suzuki GSX R150 untuk bagian depan menganut system suspense teleskopik dan belakang dengan single suspension with link. Untuk anda naiki sendirian suspense depan terlihat sangat empuk dan bahkan gejala ngehajar polisi tidur pun tidak sampai terasa dipergelangan sampai parah. Suspensi belakang radah stift, namun saat saya gunakan bermanuver di tikungan sumpah ini motor anteng banget dan gak ada gejala bumpy yang diakibatkan oleh settingan suspensinya. Jadi…. Motor ini akan sangat nikmat diperuntukan di daerah dengan kondisi aspal mulus dan banyak tikungan…

Mas bro…… top speed top speed top speed… mbahmu….. !!!!!! city touring mau gali top speed… bukan habitatnya maz bro. kecuali nanti ada kesempatan untuk test langsung di sirkuit. Heheh. Jadi berapa raihan top speed yang saya dapat dalam test ride tersebut? Jawabanya belum tergali namun dari raungan RPM saya hanya menggunakan maksimal gigi 4 untuk rite dalam kota dan lancer. Artinya saya tidak pakai gigi 5 pada acara city tour tersebut.

Last, Suzuki GSX R150 merupakan paket yang sangat valuable dari segi harga dan paket yang diberikan. Untuk saat ini PT. SIS hanya membandrol sang motor ddikisaran 28,5 juta saja. Artinya ia selisih 5 Juta dari Honda CBR150R. Namun anda sudah mendpat power yang sangat superior, kualitas material yang sangat baik, key less (kunci yang modern), lampu LED dan tentunya brand Suzuki yang terkenal dengan kebandelan enginenya… Okay See you……

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

9 thoughts on “Review dan Test Ride Suzuki GSX R 150, Sporty, Power Full, Compact and Most Value for Money

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s