New Yamaha R15 Berikan Standard Baru Power, Fitur dan Design Motor Kelas 150 cc, yang Lain Kapan?

aerox

maverick-vinales-dengan-all-new-r15-di-sentul-international-circuit-1

munivmotoblog – Didalam sebuah industri roda dua ada yang namanya standard baru dari masing – masing produk pada range kelas yang ditentukan. Standard yang akan menjadi patokan bahwa produk tersebut bisa diberikan passed kompetitif atau tidak. Siapa yang berhak menilai bahwa standard ari sebuah motor tersebut sudah in areanya atau malah bisa dikatakan out standard? Tidak lain adalah konsumen itu sendiri.

Inilah fakta dimana sejak dilaunchingnya New Yamaha R15 pada tanggal 23, Januari 2017 maka standard untuk kelas motor fairing kelas 150 cc menjaadi naik. Mungkin konsumen kelas ini bukanlah mereka yang sudah kehabisan cara bagaimana mengahabiskan uang mereka, kelas ini diisi para kelas menuju dewasa dengan kematangan ekonomi yang masih grow.. Namun apa yang diberikan Yamaha untuk kelas ini? Ini saya sebutkan yang new standard aja… Ada Up Side down, speedometer full digital, engine dengan VVA (variable valve actuation), slipper clutch, Power 19,2 HP (tertinggi dikelasnya) dan adanya sakelar hazard.

Baca juga :

Ketika kita hanya membahas Yamaha R15 saja maka tidaklah berimbang dalam artikel kali ini apabila tidak melakukan compare standard dari produk competitor. Baik para pembaca blog sudah tau semuanya bahwa untuk kelas sport firing 150 cc pada pasar Indonesia dihuni oleh Honda CBR150R, Suzuki GSX150 dan New Yamaha R15. Okay saya tidak akan memberikan table komparasi disini karena anda akan sangat mals untuk membacanya. Ketiga motor ini apabila anda melihat dari segi power maka urutan paling kecil Ada Honda CBR150R dengan power 17,1 HP, Disusul Suzuki GSX150R dengan power 19 HP dan paling tinggi adalah New Yamaha R15 dengan 19,2 HP. Praktis dari segi ini DOHC 150 cc racikan dari AHM merupakan engine dengan power yang paling inferior untuk saat ini.

warna-suzuki-gsx-brilliant-white-gsx-r150-horz

Ketika kita membandingkan konfigurasi engine dari ketiga motor dalam kelas ini, Suzuki GSX150R dan Honda CBR150R sama – sama menggunakahn DOHC. Namun yang menjadi pertanyaanya adalah, kenapa power standard dari pabrikan Honda CBR150R merupakan yang paling kecil dikelasnya? Iya analisanya adalah konfigurasi bore x stroke nya mengikuti faham over stroke (lebih main ke konsumsi bahan bakar dan torsi) sedangkan engine dari Suzuki GSX150R mmengikuti faham overbore (lebih main ke peak power daripada fuel consumtion BBM). Sehingga peak power dari keduanya berbeda jauh dan Honda dikelas ini menjadi seperti hello kitty yang lucu dan imut imut dari segi power.

New Yamaha R15 hadir dengan power 19,2 HP dan torsi 14,7 NM… Soo.. ini mesin SOHC lo.. ko isa power lebih gede dari sebelah? Ada perubahan panjang bore n stroke nya yang sekarng panjang keduanya hamper sama plus ada pembekakan kubikasi dari 150 cc ke 155 cc sekaligus penambahan gfitur VVA di engine yang menjadikan setiap putaran rmp torsi akan terjaga dalam kondisi standard.

Harga ? Produk dari padrikan Honda dengan tage line total control Honda CBR150R saat ini menajadi yang paling mahal dikelasnya. Ketika Suzuki GSX150R hanya dibandrol 28 juta sedangkan Honda CBR150R dibandrol 33 – 4 juta… Mana yang overprice atau not value? Mongggo pembaca bisa menilai sendiri ya…

Siapa yang menjadi underdog secara performance dan value for money di kelas ini?
Tanpa saya sebutkan apa merek motornya, sepertinya anda sudah mengetahui sendiri… Motor yang dulunya menjadi primadona hanya setahun lamanya, kini menjadi tua sebelum umurnya… Ini bukan kesalahan konsumen dan juga bukan pula kesalahan R&D dari pabrikan tersebut. Namun ini merupakan imbas dari pelitnya memberikan total packaging produk yang melangkah dua – tiga tahun yang akan dating. Mungkin mulai sekarang ia akan berfikir, kenapa gak ane berikan USD diawal? Kenapa gak power ane gedein aja, biar gak kena sasaran obrolah engine DOHC gene masak power kayak gitu.. Oke SEE you…

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

7 thoughts on “New Yamaha R15 Berikan Standard Baru Power, Fitur dan Design Motor Kelas 150 cc, yang Lain Kapan?

  1. Dohc dagelan

    Pembangunan image dohc 150 jadi bahan lawakan.
    Sudah dibilang r&d internal…..dibawah 200cc cukup sohc.teknologi dohc dan sohc teknologi th 80 an…
    Koar koar dohc segalanya dan terbaik….jadi bahan dagelan…..
    Dohc murni,Dohc abal abal,Sohc murni,Sohc vva….
    Cukup risau power riset 150 dohc ymh sampe kepala 21…ibarat tongkat pemukul….atau dijual bareng dgn sohc vva.yg sebelah paling mapping ulsng ecu dan usd plus overprice…

    ..

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s