Dampak Buruk Spyshot New Yamaha R15, Harga Bekas Yamaha R15 akan Terjun Bebas, R15 Baru Susah Laku…..


Munivmotoblog – secara signifikan pembicaraan all new yamaha R15 belakang ini menjadi buah bibir dikalang bikera tanah air. Bagaimana tidak, semua blogger roda dua tanah air mengulasnya sampai ke akar akarnya. Dampak postive memang terasa nama Yamaha R15 dapat naik ke permukaan kembali dan bisa meredupkan pemberitaan dari merek kompetitor. Namun ada dampak yang tidak disadari dengan massivenya spyshot ini saya catat ada dua problem besar yang akan dihadapi Yamaha dalam waktu dekat ini. Pertama adalah release value motor bekas Yamaha R15 akan terjun bebas dari harga bulan laku dan Yamaha R15 yang sekarang lagi nongkrong di diler akan susah untuk keluar (slow moving).

Okay kita akan berbicara mengenai hukum sebab akibat. Dimana ketika spyshot sudah bertebaran dan menjadi buah bibir dimana disitu ada pembicaar baru mengenai moder Yamaha R15 yang akan datang. Sesuai spyshot designya benar benar baru dan meningalkan aura R15 yang lawas. Artinya ketika ada model baru dari produk otomotive dengan fiture dan value yabg lebih dari generasi sebelumnya, maka kondisi release value motor bekas Yamaha R15 versi lama akan sangat turun dengan signifikan. Hal ini didukung tidak banyaknya angka penjualan perbulan untuk generasi R15 V2. So.. maka hukum ekonomi akan berjalan dengan tepat, barang beredar diuser tidak begitu banyak, setiap tahun trend penjualan menurun dan ditambah faktor eksternal dari kompetitor. Sekarang ditambah lagi dengan adanya fiks info mayor facelift daei yamaha R15. Ibarat seorang yang sedang main bola, Kondisi Yamaha R15 lama seperti kehilangan kapten, kiper yang dikartu merah dan bermain distadion lawan… Wes lengkap… Jadi rasionalisainya adalah jika Yamaha R15 model baru tidak segera dilaunching maka akan menjadikan spekulan pemain dipasar untuk menurunkan secara masive harga jual motor bekaa Yamaha R15 dari tahun 2014 – 2016.


Kedua, adalah tekanan diker dan menujunya stop mpvibg produk old Yamaha R15. Artinya apa? Dengan rumor model baru maka setidaknya akan mempengaruhi calon pembeli untuk menahan uangnya untuk beli yanaha R15 model sekaranh. Kondisi ini cenderung menjadikan motor yang sudah terdistribusi di diler akan sulit untuk terjual (kecuali ada promo discount gila). Artinya cash flow secara bussines oriented berbasis laba dan rugi akan terganggu, baik YIMM sebagai produsen ataupin diler diler Yamaha sebagai agen distribusi ke konsumen. Ya mungkin nialinya tidak banyak dsei segi cost perakitan, namun hal ini akan menjadi rantai bussines yang tidak bisa smooth. Ditambah lagi dengan asanya new model hal ini akan sangat mempengaruhi calon pembeli (yang melek internet) untuk jangan dulu membeli yamaha R15 rakitan tahun 2016 kare a versi terbarunya akan segera dilaunching.


Sekarang problem solving dari masalah spyshot untuk internal yamaha sendiri.

Mungkin pandangan saya sebaiknya segera dilakukan launching produk Yanaha R15 modeo terbaru dalam jangka waktu dekat estimated 1 – 2 bulan ini. Mungkin akan diberikan metode inden online yang mana spek segera dijembreng walaupun unit baru akan doterima misalkal maret – april. Kedua adalah membatasi jumalh produkai yamaha R15 rakitan 2016 untuk fpre cast marketibg dua sampai tiga bulan yabg akan dstang khusu untuk domestij market. Ketiga, speck power dan design utuh bisa dipubliah lebih ceat daripada launching artinya hal ini bisa digunakan untuk mengerem xalon pembeli all new CBR 150 R untuk minimal ngelirik Yamaha R15 dengan syarat muntahan ppwer harus diatas kompetitor.

Last, dunia digital memang sangat cepat menyebarkan berita tanpa ada sekat ryang dan waktu. Bisa jadi spyshot yang berlebihan akan menjadi buah simalakama yang menjadikan prpduk sebelumnya menjadi layu sebelum saatnya… See youuu

Advertisements

10 thoughts on “Dampak Buruk Spyshot New Yamaha R15, Harga Bekas Yamaha R15 akan Terjun Bebas, R15 Baru Susah Laku…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s