Mungkin Ini 5 Lini Skutik Ideal Bagi Yamaha Jika Ingin Sukses Perang Melawan Honda

MIO Z GIF

SMAX2016-06

munivmotoblog – Pasar skutik merupakan market paling banyak untuk 5 tahun belakang ini. Serapan pasarnya makin massive ini dilihart dari mocernya penjualan Honda Beat dan Vario series dari Astra Honda Motor. Skutik menjadi daily driver karena memiliki beberapa kemudahan dan akomodasi yang tidak dimiliki oleh model lainya. Kemudahan ini terlihat dari sisi transimi automaticnya artinya tinggal betoto langsung ngacir, sedangkan akomodasinya menjadi nomor satu dengan bagasi yang super luas dibawah jok. So… gak ada alasan untuk tidak memiliki skutik satu biji dirumah anda.

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Pasar yang kian prospektif ini saat ini hanya dikuasai oleh single pabrikan, artinya Honda merupakan pabrikan motor di indonesia paling sukses menjual skutik andalanya… Kita tau sendiri bagaimana Honda beat sudah menjadi skutik 11 juta umat, Honda vario yang masuk kategori midl level skutik pun saat ini menajdi primadona untuk daily driver para konsumen yang suka motor nyaman dan akomodasi luas.

Pabrikan yang paling siap untuk bertarung head to head dengan Honda dalam pasar skutik di Indonesia hanyalah Yamaha. Yamaha…. Iya kalau kita dengan pabrikan ini yang ada difikiran kita adalah pabrikan yang memiliki kecepatan inovasi yang luar biasa. Berani mengambil segmen yang out of the box dan pergerakanya lincah. Selalu memberi produk yang fresh untuk dekade 2007 – 2013. Namun saat ini Yamah aseperti salah arah dalam pengembangan skutiknya… banyak variant namun segmentasi pasarnya terpecah dan bahkan tidak diminati oleh banyak konsumenya.

Kegagalan Yamah disegmen skutik adalah karena kegagalan dua produk mereka yang berada di kelas midle level skutik. Aerox dan All New Soul GT…. Kedua skutik ini bahkan tidak dapat berkutik dan sekarat hanya dengan satu produk Honda yang namanya Honda Vario… Satu untuk menjungkalkan dua bahkan tig aproduk skutik yamaha dikelas yag sama.

Solusinya, segera mungkin discontinue produk Aerox dan Soul GT… atau buang ke negara dengan gairah skutik tidak lebih baik dari Indonesia. Muali lah menata ulang segmentasi skutik mereka dengan tiga produk saja yang memiliki value terbaik.

Mungkin jika diurutkan segmentasi skutik ideal Yamaha untuk kedepanya :

  1. Kelas entry level skutik = Yamaha Mio Z (dimensi dipanjangin juga boleh)
  2. Kelas retro Skutik = Fino FI…. (Dimensinya digedein juga boleh)
  3. Kelas middle level skutik 125 cc = Yamaha S Max 125 + SSS
  4. Kelas middle level skutik 150 cc = Yamaha S Max 150 cc  + SSS
  5. Kelas big skutik 150 cc = Yamaha N Max 150 cc with VVA + SSS

FB_IMG_1465700300982

Lima kelas ini mimin yakin sangat ideal untuk menghadang laju dari niche market Honda terutama Honda Vario 125 dan 150 yang saat ini super duper larisnya. Ada yang namanya titik jenuh konsumen metic, sepertinya untuk dua sampai tiga tahun kedepan skutik dek rata sudah bukan menjadi primadona seorang membeli skutik. Nah disini peluangnya Yamaha untuk segera mungkin menelurkan produk S Max untuk kubikasi 125 cc dan 150 cc untuk mengganjal Vario 125 dan Vario 150. Ketika kelas ini sudah mulai berkembang, saya yakin smart buyer tidak akan kembali lagi membeli Honda Vario 150 yang dighargai 21 juta dengan body plastik yang tipis serta build quality yang acap menuai kontra.

Last, tinggal bagaimana para petinggi yamaha mulai saat ini selalu memantau blog blog roda dua tanah air yang jumlahnya ratusan, serta melakukan market analysis terhadap setiap produknya yang setelah dilaunching, apakah berani membuat gebrakan seperti halnya munculnya Yamaha N- Max yang begitu sukse? atau justru Yamaha selalu ada di comfort zone sehingga secara tidak langsung market ia semain kegerus oleh kompetitor. Hanya Yamaha dan tuhan yang tau.. ciaooooo 😀

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

 

Advertisements

18 thoughts on “Mungkin Ini 5 Lini Skutik Ideal Bagi Yamaha Jika Ingin Sukses Perang Melawan Honda

  1. techtonime

    klo mau saingan sama honda hrus punya value jauh lbih banyak. selama ini metik yamahmud pelit fitur sih… sekedar saklar biar mesin nggak hidup pas standar samping turun aja nggak ada 😂

    Like

    Reply
    1. Shevabispak

      @techtonime
      Wkwkwkk….fitur SSS TIDAK AKAN ADA
      DI PRODUK YIMM BAGERO….!!!!!….
      Catat…..!!
      Jika beneran penggemar matic & pingin fitur oke monggo beli kymco fi.
      Dealer gede sparepart terjamin kymco bali.
      Produk japan bagero fiturnya k.o…!!!

      Like

      Reply
  2. handoyo25

    Step by step, dan fokus satu titik dahulu.
    Misalnya, fokus utk mengimbangi Beat (tidak harus mengalahkan angka sales, cukup “menempel” saja sudah hebat buat Yamaha).

    Dg fokus hanya pada satu type lebih dulu (misal utk mengcounter Beat ini), maka energi dan sumber daya yg ada akan sangat optimal.

    Mengapa Beat? Karena type ini masih jadi tulang punggung AHM, (money maker-nya). Kalau Yamaha bisa membuktikan “mengimbangi” atau “menempel” angka penjualan Beat, maka tingkat kepercayaan diri (moral) seluruh tim Yamaha akan sangat tinggi utk masuk berjibaku ke type berikut.

    Like

    Reply
    1. Munivmotoblog Post author

      penggolongan segmentasi berdasarkan kubikasi engine, jenis model (skutik) dan rentangan harga… ya bisa dibilang jika harga mepet maka sangat terlihat vario itu overprice banget

      Like

      Reply
  3. nganu ngini

    setuju bahwa Yamaha berani inovasi, Honda sih tinggal ngikutin tp ujung2nya honda yang menang… ayo Yamaha bangkit kembali dengan inovasi-inovasi produk baru yang cocok dgn selera masyarakat spt N MAX dan MIO dijamannya

    krn klo ga bosen nih liat honda mulu di jalan spt era 90an, lama2 monopoli trus modelnya gitu2 aja

    Like

    Reply
    1. Sssss

      Menurut saya tergantung jenis inovasi apa yang dimaksud. Kalo masalah model dan tipe mungkin memang yamaha yang lebih sering. Tapi untuk inovasi teknologi dan fitur, saya rasa honda masih lebih baik

      Like

      Reply
  4. destabiliseN1

    Plastik tifis masih banyak yg mau beli, u know beli motor bukan karna plastik tebel bukan karna sebuah nama.. temen saya punya mio gt lansiran 2014 minta tuker guling vario mmc 2008.. kenapa bisa begitu? Tanyakan pada yamaha

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s