Pabrikan Motor dan Blogger Dapat Bersimbiosis Mutualisme atau Bahkan Parasitisme, Lihat Dulu Konteksnya…

blogger

munivmotoblog – Saat ini posisi blogger menjadi sangat strategis dalam proses komuniaksi marketing. Perananya dianggap sangat krusial dalam penyampaian informasi. hal tersebut karena blogger saat ini sudah memiliki masa tersendiri dan pembaca yang segmented sehingga apabila peranya dioptimalkan maka akan sangat baik untuk hal marketing. Kebalikanya, ia akan menjadi boomerang dan menjadi parasitisme apabila blogger tidak memiliki kompetensi dibidangnya kemudian dirangkul untuk mengemban komunikasi marketing… 

Jika dalam tataran communicated marketing ada yang namanya icon/artist… Icon adalah seseorang yang menyampaikan informasi, membawakan produk dan bahkan melakukan review. Memang untuk saat ini masih disisi oleh Artis atau brand ambasador.. Misal Tokopedia dengan Isyana Saraswati,  Honda vario dengan Agnes monica dan Daniel sedangkan Yamaha dengan Valentino Rosi… Ini jajaran icon dengan masa yang luar biadab banyaknya… Turun dari jenjang ini ada yang namanya media partner yang bisa digolongkan menjadi dua kategori. Pertama media online (majalah online dan portal online) kemudian yang kedua adalah Blogger… Blogger saat ini keberadanya menjadi sangat diperhitungkan untuk menyalurkan informasi langsung kepada pembaca antusiasnya (subscriber blog).

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Bayangkan ketika anda melihat jajaran top blog otomotif roda dua, berapa puluh ribu email yang sudi berlangganan artikel, berapa ratuan ribu page view nya setiap bulang dan berapa ratus komentar yang menanggapi artikel (walaupun kadang gak nyambung :mrgreen: ). Blogger dengan masa yang banyak memiliki peran yang cukup vital dalam mempengaruhi pola fikir pembacanya. Namun perlu diingat blogger motor untuk mendapatkan subscriber, page view dan komentar membludak tidak diraih dengan cara instant… mereka biasanya menghabiskan waktu, tenaga dan materinya untuk membangun blog dari nol sampai pada titik dimana kesuksesan itu diaraih… Setuju?

Disuatu titik tertentu blogger ini mendapat tawaran kerjasama dengan pabrikan, ini sah sah saja…. Mengingat kita membuat artikel tentang new product, review dan bahasan lebih mendalam lagi tanpa mengharap imbalan dari ATPM… kita lakukan dengan senang hati dan enjoy karena merupakan sebuah passion… Seperti konsep dalam agama Islam, siapa yang menanam pasti akan mengetam… Menanam kebaikan maka akan mengetam kebaikan pula.. Janji Allah SWT.

ATPM yang cerdas dan capabel akan memilih blogger dengan kepribadian yang baik, ulasan yang cakap dan cerdas serta sudah memiliki pengunjung blog yang sangat banyak setiap harinya. Ini sudah hal yang wajar.. Jadi petinggi ATPM tersebut melakukan pemilihan partner blogger yang sudah melalui filtering, disesuaikan dengan komunikasi marketing yang akan ia bangun.

Era komunikasi marketing saat ini sudah beralih dari “belilah produk kami karena produk kami yang terbaik, atau beli produk kami karena lebih murah” menjadi penghayatan makna dari sebuah produk tersebut. Membuat ilustrasi cerita dari tokoh yang dianggap sangat berpengaruh dan menyelipkan produknya… Jadi porsi ceritanya 80% dan penampakan produk 20%. Anda tau iklan axe, yang di populerkan oleh keenan pearce yang menceritakan tentang sebuah kesederhanaan dan hal yang kecil, siapa sangka itu adalah iklan dari axe yang merupakan salah satu body spray nomor satu di dunia. Contoh lagi, Sebuah seri iklan bukalapak tentang pejuang UKM… apa ada yang mempromosikan bahwa jualah barang anda di bukalapak, atau belilah produk di bukalapak karena bla.. blaa bla…. enggak kan? jadi kita sepakat era digitan advertising saat ini merupakan sebuah cerita narasi yang dapat menggugah kita yang melihat iklan menjadi tersentuh hatinya dan secara tidak langsung menilai bahwa kita menjadi suka dengan produknya…

kln_800x400

Keenan Pearce

Keenan Pearce

Pabrikan Motor dan Blogger Bersimbiosis Mutualisme….
Perilaku ini akan terjadi dengan baik dan saling menguntungkan apabila si Obyek.. atau blogger memiliki kepribadian yang bagus dan tulisan yang bagus. Karena medianya ranah blogger, maka yang dinilai adalah kualitas tulisanya bukan kuantitas… Malah bagus kalau bisa kualitas dan kuantitas tulisan bisa seimbang. Ada yang istilahnya ketika blogger ini menulis ada embel – embel sponsor yang dibelakangnya… ada ATPM yang mendanainya dan ada pabrikan besar yang bekerjasama denganya… Jadi mestinya ada etika dalam berkomunikasi dimedia sosial.. Ingat disini tataranya suah satu tingkat dibawah artis loh… hehehe 😀 . Jika keduanya saling mengerti, maka visi dan misi blogger dan pabrikan dapat menjadi satu…. Blogger selain sebagai coron informasi juga sebagai control of balance apabila dirasa produk tersebut tidak terlalu value.. Memberikan masukan sesuai dengan porsinya…. Didengarkan nggeh monggo atau di skip juga gak apa – apa.

Pabrikan Motor dan Blogger Bersimbiosis Parasitisme….

Siapa yang dirugikan? dilihat dari mana asal muasal sifat parasit ini… Misal saja, seorang blogger sudah resmi didanai dari pabrikan motor namun kemudian si blogger tersebut melakukan hal yang sangat konyol dengan banyak berkicau di media sosial sehingga pandangan pembaca terhadap ia menjadi negative, maka contoh ini sungguh sangat merugikan Pabrikan yang sudah mendanai dan memfasilitasinya. Ada yang namanya istilah “don’t bite hand that feeds you” Jangan pernah menggigit tangan seorang yang menggigitmu… Bite dalam istilah ini memiliki banyak penafsiran secara epistimologi yang beragam. Mulai mengigit secara terang terang – terangan, menggigit secara halus dan ia tak tau sebenarnya ia mengigit…

bitethehand

Contoh untuk yang mengigit langsung = Secara sengaja blogger ini memberitakan yang tidak benar dan cenderung hyperbola terhadap ATPM yang telah memberinya icoming

Contoh untuk yang menggigit secara halus = Secara tidak sengaja blogger ini memasukan unsur small black campaign di beberapa artikelnya yang menyudutkan salah satu ATPM…

Contoh untuk yang tidak tau bahwa blogger menggigit ATPM = Secara tidak sengaja atau dengan bodohnya si blogger ini melakukan banyak kicauan di media social dan menyindir blogger lain… menganggap mencari recehan dari blog menjadi sales atau apaan lahh.. Ia sebenarnya tidaklah seorang blogger profesional, karena sudah jelas ia membawa bendera ATPM tertentu, harusnya komunikasi di mesia social bisa lebih dijaga dan tidak menyerang personal…

Contoh yang ketiga ini juga menimpa artis yang saat ini sedang naik daun, ialah Isyana Sarasvati yang menjadi brand ambasador Tokopedia. Kejadian yang sangat mencengangkan dan banyak mendapat komentar negative dari para pengguna internet adalah statement saat ia ditanya oleh media, Mbak Isyana apa juga sering belanja online? Jawab Isyana…. Saya tuh gak pernah belanja online karena takut akan penipuan.. Parasitnya, disaat yang bersamaan ia merupakan brand ambasador tokopedia yang merupakan start up jual beli online.. korelasinya kalo ia ragu, mana ada orang yang mau jualan atau beli di toko yang ia bintangi iklanya…… 😀

Komunikasi marketing memang memiliki dua mata pisau yang jika salah digunakan maka akan melukai diri sendiri… Produk atau jasa yang dijual akan mendapat pandangan negative oleh konsumen dan berimbas pada menurunya daya beli konsumen terhadap produk tersebut.

perang-dingin-atpm-motor-di-kyt-indoprix-2013-20130318162910-8057

Solusinya…..

ATPM harus sangat pandai dalam memilih blogger dalam menjalankan salah satu item komunikasi marketing. Sifat personal saat ini lebih dihargai daripada produk itu sendiri. Ibarat anda menjual motor, yang menyampaikan adalah orang yang kompeten dan memiliki banyak masa plus kepribadianya bagus. Maka probabilitas produk itu akan diterima konsumen makin besar. Namun sebaliknya, apabila yang menyampaikan adalah mereka yang sering menyindir sana dan sini, mengunggulkan produk ATPM yang sedang join denganya serta tidak banyak pengikut yang loyal… wessss dijamin pembicaraan diluar akan sangat negative. Bukan karena produk motor tersebut jelek, namun karena yang menyampaikanya tidak profesioanl yang menggabungkan metode lama yang kuno antara baik dan buruk, antara sponsor dan tidak… Sooo…. ini blogger macam apa???? heheh peace :mrgreen:

Jika memang ingin mengkader, maka proses awal yang perlu ditempuh adalah membelajari mereka komunikasi verbal dan tekstual yang baik.. karena ini media blogger yang semua orang dapat membaca dan meberikan tanggapan… Ya sama halnya anda membuat batu akik bacan dengan bahan batu karbit… mau sampai kapanpun gak akan pernah jadi dan gak akan laku dijual… 😀

Tidak dipungkiri, penulis juga bukan blogger yang sempurna.. masih banyak kekurangan didiri saya.. tulisan masih banyak yang belepotan dan typo… Namun penulis tetap berusaha dan bekerja keras untuk menyajikan konten artikel dengan bahasa yang lebih baik dan lebih baik.. agar suatu saat nanti karyanya dapat dikenang…. Okee see youuuu

#penulis bukan blogger ternakan… melainkan bloggeeeereeeerr ada tambahan errr… mau tau kepanjanganya? baca di kolom diskripsi atau about me… heheheh : see youu.. selamat sahur… 😀 .. wuih ternyata udah 1200 kata lebih…. jempor jari ini gan 😀

Postingan menarik lainya sob :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

Advertisements

23 thoughts on “Pabrikan Motor dan Blogger Dapat Bersimbiosis Mutualisme atau Bahkan Parasitisme, Lihat Dulu Konteksnya…

    1. Munivmotoblog Post author

      menulis dengan hati, kualitas kontent lebih menjadi nomor satu daripada quantity… hahahaha enakan nulis kayak gene bang daripada kejar tayang…. kayak menghayati dan sangat seneng kalo banyak yang share…

      Liked by 1 person

      Reply
  1. B lmp

    Buka Blog oto 2w sana sini isi kontenya honda semua wkwkwk ahm menguasai bukan hanya maret share tpi jga menguasai bloger

    Like

    Reply
  2. Eko Prabowo

    Iwan gemblung pasti nangis kalo baca tulisan ente om ngoahahahaha,, lha wong si iwan fixx bloger ternakan,,

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s