Statement P. Abidin terhadap Blogger Apakah ada Korelasinya dengan “Don’t Bite the Hand That Feeds You” ?

 

dontbitethehand-CoffeeShopFreelancers

munivmotoblog – Berita heboh yang mencatut nama blogger memang selalu menjadi perbincangan. Apalagi yang berhubungan dengan blogger roda dua. Ada istilah gak akan ada asap jika tidak ada api. Seperti apa yang di publish oleh P. Abidin petinggi YIMM di status facebook miliknya.

Oke mari kita cerna ini dengan dewasa, tidak perlu mempojokan P. Abidin maupun blogger tertentu, mari kita mencoba netral. Saya pernah berpendapat mengenai statement tersebut di grup arek – arej jatimotoblog, bahwa apa yang di ekspresikan oleh P. Abidin itu merupakan hal yang wajar dan lumrah. Wajar dalam artian beliau juga bukan tidak melek blogger. Setiap perkembangan dan berita pasti di ikuti. Jadi ekspresi kekecewaan terhadap berita miring terhadap sebuah media/blogger itu wajar. Mengingat bulan Januari akhir hingga Februari merupakan waktu yang sakral buat YIMM karena mereka akan melakukan launching product baru.

1454060362443

Statement P. Abidin indobikermags.com

Menjadi tidak wajar apabila statement itu di publikasi di mesia sosial yang setiap orang dapat membaca dan mengutipnya. Ekspresi kekecewaan boleh, namun harus di utarakan dengan bijak. Mungkin dengan menulis artikel di web resmi Yamaha atau melakukan counter statement dari berita yang dipublish oleh seorang blogger. Counter statement ini harus didasarai dengan data autentik juga, mengenai kesalahan pemberitaan yang selama ini beredar di dunia maya.

Jangan sampai berita “hoax” menjadikan bunga layu sebelum berkembang (arahnya P. Abidin kesana : wajar karena ia dibayar oleh Yamaha)

Baca juga :

Oke dari sini mungkin sudah ngeh mengenai titik konsen bahasan artikel ini. Entah disadari atau tidak memang ketika berita berhembus kencang terhadap harga Shock USD Yamaha Xabre dihargai 15 juta itu saya fikir bukan sebuah realita. Artinya blogger yang nulispun hanya asal commot dan tidak berfikir dampaknya kepada pembaca. Banyak pembaca yang bingung jika harga USD sampai 15 juta kemudian harga engine berapa? Bahkan waktu itu mimin harus menjelaskan secara benar di grup FB arek2 honda Vario dan Honda CBR. Mengingat mereka sudah termakan berita hoax kalo shock USD Yamah Xabre berharga 15 juta. Bahkan ada yang berfikir, apa yang dipakai merek ohlins, sampai segitu om harganya.

stats

Sebuah perumpamaan hitz blog

Memang benar jika kita ngeblog demi kejar hitz dan kejar pge view sebagian besar blogger pasti mengamini ini. Namun ada mereka yang selalu membikin sensasi dengan secuil berita hoak untuk menyudutkan merek tertetu ada pula yang artikelnya santai namun pembacanya banyak. Menjadi tidak etis ketika cara mengejar hotz tersebut dengan memberikan berita hoax dan tidak di klarifikasi oleh blogger yang bersangkutan.

Bagi yang iklanya masih WA atau GA dan tidak didapatnya dari pabrikan, maka memberikan berita hoax terhadap produk tertentu hanya sebuah kekonyolan belaka. Anda tidak dibayar, anda tidak berafiliasi, anda tidak mendapatkan fee dari artikel itu. Namun anda bela mati – matian produk tertentu. Itu mah sama halnya anda bekerkerja tapi tak dibayar gak dapat cuan..

420350

Namun ketika ada istilah ini “Don’t Bite the Hand that Feed You” : Jangan menggigit tangan yang memberi makan anda.

Korelasinya : sekali saja anda menggigit, maka seterusnya anda akan tidak diberi makan

Artinya jangan sekali – kali anda sentil atau ciderai pabrikan yang sudah memasang banner/memberi makan di blog anda. Istilah ini bisa dibilang valid dan ketika dikorelasikan memang ada benarnya juga. Namun tidak semua benar.. Ada juga blogger yang sudah diberi makan namun masih kritis. Blogger ini yang good job menurut versi mimin. Dia membuat sebuah kontent artikel dan dibayar oleh pabrikan karena sebuah kenetralan informasi.

Tarik ke P. Abidin lagi : so far.. mungkin ia mulai panas dengan banyaknya berita miring terhadap produknya. Jika miring memang karena sebuah fakta, kemungkinan tidak akan meledak seperti screen gab percakapan diatas. Namun kalo miringnya karena sebuah kesalahan informasi. Maka ini memang perlu diluruskan, terutama blogger yang nulis berita salah itu baik untuk produk H,Y,S dan K…. tidak terkecuali

Ini mimin coba share berita miring terhadap info produk Yamaha yang ternyata Hoax besar :

  • Tidak percaya kalo Yamaha N-Nmax engine with VVA bahkan yang nulis pertama kena bully. (bloggernya sudah kayak tuhan bisa memprediksi ujung2nya salah kaprah)
  • Shock USD Yamah Xabree 15 juta
  • Yamah Aerox masih pakai YMJET-FI padahal pakai Injeksi like MX King, Vixion dan Byson (JMJET-FI adalah sistem injeksi yang discontinue karena dianggap tidak bagus oleh pabrikan Yamaha).

Kalo maslah SOHC dan DOHC serta polling nama Yamaha Xabre itu menurut saya masih wajar. Banyak pembaca yang sudah faham mengenai ini

Namun ketika anda ambil contoh ke pemberitaan produk H… Ada gak berita hoax???? misal cat gampang ngelupas, ISS vario sering error dan kenapa lampu LED nya harus setting sendiri biar gak menyilaukan pengendara di depan.

Semakin tidak di sentil, pabrikan akan merasa diatas angin dan hanya memberikan produk yang ala kadarnya. Tohh semua sudah di bungkam to???

Kalo menurut juragan gimana istilah “Don’t Bite the Hand That Feed You” : Jangan menggigit tangan yang memberi makan anda, berlaku gak di dunia blogger?

CEK MUNIVMOTOBLOG

 

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

Advertisements

34 thoughts on “Statement P. Abidin terhadap Blogger Apakah ada Korelasinya dengan “Don’t Bite the Hand That Feeds You” ?

  1. jono

    sbg permtaan maaf(mungkin)…blogger yg pertama nyebut nmax sohc pake vva adalah mimpi!!!,,,skrg jg ikut beli nmax.. 😀
    d situ kdang sya mrasa geli 😛

    Like

    Reply
  2. aganwidodo

    imho, kalo ada berita hoax ya segera diklarifikasi, kalo ada berita cacat produk ya segera dibenahi, kalo kompetitor miara blogger ya jangan disalahkan bloggernya, ambil langkah tandingan miara blogger juga kalo perlu lebih banyak jumlahnya, toh biaya iklan di tv masih jauh lebih mahal dibanding bayar blogger, blogger mah misalnya di kasih satu unit motor gratis juga udah berbusa-busa tuh memuji-muji produk tsb, bisa dibikin berpuluh-puluh artikel bersambung. Dan terakhir, jangan umbar kepanikan di medsos. Semua orang jadi tau, kompetitor juga mungkin ikut baca lalu bikin langkah yg bisa bikin lebih panik lagi. Misalnya memperbanyak berita hoax melalui blogger piaraannya. Tambah panik dah tuh, dan kalo udah panik biasanya sering salah langkah, tambah lebarlah tawa kompetitor, hehe… Panjang amat ya komentarnya, gak kalah sama artikelnya, hihi

    Like

    Reply
      1. aganwidodo

        Banyak blogger ternakan ya silahkan saja. Kan katanya pembaca udah pada pintar toh? Dan percayalah akan selalu muncul blogger baru yg independen, blogger ternak juga ada kok yg punya beberapa blog sekaligus, satu utk pesanan A, satu utk ngejar hits, satu utk yg real, kecuali bloggernya maruk/serakah, beberapa blog utk kandang ternak semua, hehe

        Like

    1. Supra 2002 ku Awet Rajet

      Google aja “abidin san Yamaha”
      Tar kluar Page fb nya. Dah pada dihapusin koq. Itukan postingan tgl 27/1. Cm si mbah baru ngangkat kmaren.

      Like

      Reply
  3. Supra 2002 ku Awet Rajet

    Stuju sekali. Kuncinya “Jgn diumbar di medsos”. Krn gmanapun petinggi itu membawa citra Pabrikan scr langsung. Ga usah petinggi deh, sales maen nakal aja yg dicap kan pabrikannya, bukan dealer ato leasingnya. Jd ya sangat disayangkan.

    Mungkin akan menjadi langkah yg sangat bijak bila YIMM mencopot yg bersangkutan dan digantikan oleh panglima FBY. Mengingat kesiapan mental dan perjuangan serta loyalitas thp brand bersangkutan. Trims.

    Like

    Reply
  4. blogpakyo

    Kalau produk H, sebelum meluncur akan dibahas keunggulannya sehingga menggiring opini bahwa calon produk layak ditunggu
    Kalau produk Y, sebelum meluncur akan dibahas kekurangannya supaya pas meluncur terkesan produk yang biasa saja

    Perhatikan berita2 terkait New CBR150 vs Xabre

    Like

    Reply
  5. blogpakyo

    Kalau pruduk H, sebelum meluncur akan dibahas keunggulannya, merangkai kata dan opini supaya calon produk bakal wow dan layak ditunggu
    Kalau produk Y, sebelum meluncur akan dibahas kekurangannya, kurang ini kurang itu, merangkai opini bahwa calon produk gak layak ditunggu

    Perhatikan artikel artikel terkait New CBR150 vs Xabre

    Like

    Reply
  6. thedeadbone

    namanya jg manusia…

    petinggi dikritik trus krtik balik bloger dgn statment difbnya sendiri y sma aj sih kyk bloger ngrtik pabrikan diblognya sendiri

    kecuali pak ngbidin blg gt pk fb yamaha br bahaya bs dpecat tuh

    buat pelajaran aj utk petinggi n pra bloger, bener jg kt pk ngabidin tuh bloger juga perlu dkrtik n jgn jd anti kritik semuanya

    salam vcd bajakan n be smart

    #kerasukan

    Like

    Reply
  7. klotok2

    ngenes liat petinggi pabrikan sampek curhat begini, inget dulu yamaha pernah menjungkalkan honda dari segi penjualan, kenapa? karena produknya di sukai masyarakat, nah jd kenapa sekarang penjualannya anjlok? karena produknya malah pas2an aja,
    jupiter burhan gitu ganteng kok malah di ganti jupiter z1 yg amsyong, y turun penjualan,
    mio gen 1 bukannya segera di rombak pas lagi tinggi2nya, malah biarin honda keluarin beat yg secara fitur mah bener2 buat mio jd keliatan barang lama. penjualan yamaha turun drastis karena 2 sector ini yg di hajar honda habis2an gak pernah yamaha di kasi napas, jgn cerita motor batangan dulu, karena selaris2 nya yamaha vixion tetep aja penjualannya imbang sama maticnya yg udah di hantam habis2an sama duet variem embeat. ayolah yamaha semangat lagi develop mesinnya, kalok perlu di sedikitin deh tidurnya, biar bisa menghasilkan produk bagus, nmax di bully juga laris kan, berarti bullyan dan bc itu gak pernah berpengaruh ke penjualan suatu produk. dulu pas milih antara r25 sama ninja juga gak pake denger2 bc dan bullyan orang2 kok. suka y beli, gitu aja, rata2 mah yg ngebully itu mah gak beli, gak punya, cuma muncungnya aja yg lbh panjang dari idungnya,
    Maju YAMAHA
    terus Berkarya Honda
    tidur teroooossss Suzuki
    I waiting for Your scramble Kawasaki

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s