Tutup Pentil Motor Pun Kini Harus Kena Tilang, Salam Tempel 200 Ribu Case Close

DSC02112-1

munivmotoblog – Beberapa hari ini jagad perbloggeran dan komunitas rider mulai viral berjamaah terkait berita tentang penilangan rider oleh oknum kepolisian yang berdasar pada UU modifikasi. Namun jika yang dilakukan kepolian benar, kita sebagai rider dan blogger sangat mendukung langkah yang dilakukan kepolisian tersebut. Suatu contoh lampu belakang diganti dengan waran putih, knalpot racing dengan tingkat DB lebih dari 90 atau ban cacingan. ini kita sepakat (wajib sampean tilang pak). Namun apa jadinya ketika hanya tutup pentil dipermasalahkan?

Berita terkait : Polisi Cirebon Gagal Paham, Lampu LED Honda All New CB150R Kena Tilang, Salam Tempel 100 Ribu Case Close

Cerita ini berawal dari sahabat bikers kita yang bernama aditiazulkaranainrahmadi yang diposting di grup Yamaha R15 Modifikasi. Disana ditulis Cirebon adalah kota Tilang, Semoga dosa – dosa saya dimapolisi-tilang-tutup-pentilkan oknum ini delwat duit 200 ewu gara – gara tutup pentil. amminn. dengan alasan mengganggu tekanan angin. Apa hubungane 😀 . Ngeluarin pasal pula (celetuk dalam grupp).

Memang susah apabilapergantian tutu[ pentil menjadi sumber tekanan udara dalam ban menurun. Mimin menjadi ingat kemaren pas saya isi nitrogen motor saya di daerah Mojokerto kota. Setelah kedua ban motor mimin terisi oleh nitrogen, petugas pengisian langsung memberi mimin 2 tutup pentil yang berwarna hijau. Mohon maaf sebelumnya mimin emang gak tau kalo selesai isi nitrogen dapat gratisan tutup pentil warna hijau. Makum mimin jarang sekali riding sekarang. Nah setelah mimin tanya, ini gunanya untuk apa mas “sambil tunjuk tutup pentil hijau”? itu buat ngebedain ban yang berisi nitroen sam aangin biasa mas. Kalo hijau berarti angin di ban sampean berisi nitrogen, kalau masih hitam berarti masih angin biasa. Saya berfikir masuk akal juga ya, pembeda warna tutup pentil ini ditujukan apabila kita mau mengisi angin ban kita di tukang tambal ban atau tukang isis nitrogen, jadi gak bakal ketuker kan gans. Nah dengan adanya berita ini mimin laha jadi was – was kalo dijalan, jangan – jangan tutup pentil warna hijau juga mketilang? weleh – weleh :mrgreen: .

Baca Juga :

Karena mimin bukan orang hukum jadi mimin ambilkan aja di blognya lek aripitstop tentang UUD atau pasal yang mengatur mengenai motor yang dapat ditilang dan tidak?

MOTOR 
PASAL 25 
ayat (1)

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kanlpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

MOBIL 
PASAL 25 
ayat (1)

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)”

Berita tekait : Kegagal Pahaman Part Original oleh Oknum Polisi Cikarang, Akhirnya Ninja 250FI Standard Ini Pun Kena Tilang

Nah kalo hanya tutup pentil kena 200 ribu itu saya yang gagal paham pasal mana yang digunakan oleh oknum kepolisian dalam menjerat pengemudi dijalan. Soalnya lebih tepatnya diperingatkan agar segera dipasang bagi mereka yang motor/mobilnya tidak ada tutup pentilnya. dan kalo peraturan warna tutup pentil tidak masuk dalam UU maka boleh donk bagi kita yang menggunakan nitrogen mengguakan tutup pentil warna hijau. Sebagai tanda agar seumpama motor atau mobil kita ada yang pinjem dan kempes dijalan agar di isi nitrogen pula, kalo gak gitu ya di kempesin dulu sampai habis baru diisi angin biasa. Pie kang bro??? sampean muring – muring opo ora, gara – gara tutup pentil sampean shodaqoh tidak pada tempatnya sebesar 200 ribu. hehehe

#jiann ora umum polisis sekarang

Baca Juga :

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

 

 

 

Advertisements

33 thoughts on “Tutup Pentil Motor Pun Kini Harus Kena Tilang, Salam Tempel 200 Ribu Case Close

  1. Polisi = putar otak lihat situasi (buat nilang, sidang kagak mau, damai iya)

    Tidak memenuhi teknis di tafsirkan berbeda sama polishit kita

    Harusnya tidak memenuhi teknis itu adalah tidak berfungsi layaknya fungsi yang benar

    Contoh knalpot yg harusnya jadi tempat buang gas, jadi tempat hisap gas
    Lampu sein yg harusnya menyala untuk sein malah nyala terus layaknya kamou tembak

    Lampu utama nyala sebagai lampu sein

    Ban yang harusnya bundar jadi kotak

    Shock breaker yg harusnya meredam kejut jadi cargeran hp

    Spion yg harusnya untuk lihat kaca belakang jadi untuk hiasan doank

    Lha ini semuanya di gebuk rata, ditanya memenuhi teknis parameternya apa di jawab harus standaran, lha kalo modivikasi dilarang ya di grebek dulu rumah modivikasinya, bukan oengunanya

    Kecuali rumah modiv udah dilarang, ada penguna modivikasi, baru polisi berhak nilang

    Yakin tuh masih mau menngayomi rakyat?

    Udah polantas di bubarin aja, ganti hansip sama suplantas, gaji mereka kecil, kerjanya bener, sisa gaji polantas buat bayar penganguran, biar kriminakitas berkurang

    Like

    Reply
  2. hariyanto wijoyo

    saya pernah mendengar wacana tentang ini, bahwa tutup pentil diharuskan terpasang, kalo nggak, bisa kena tilang…eh ternyata beneran ada yang ditilang gara-gara tutup pentil…..
    keep happy blogging always…salam dari Makassar – Banjarbaru 🙂

    Like

    Reply
      1. Roy

        Biarin j. Tng j. Tu pd akhirny, saat polcik2 yg g bnr krjny, pd tua pd pnykitn. Kluargany amburadul. Itu yg gue amatin dr sktr gue.

        Like

  3. Si Manja

    Waduh, ane sih sama polisinya udah wajar aja berbuat semacam pembiadaban gitu, kasian noh sama anak”nya kalo foto bapaknya ntar terkenal di internet gara” nilang Pentil, apa kata tman”nya, 100% mesti di ejeklah, dihinalah, memang polisi di indonesia untuk di pandang sebelah mata itu berlebihan, harusnya di pandang seperempat mata ae wkwk

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s