Mesin Mobil Tiba – Tiba Mati Diatas Rel Kereta Api, Ini Penyebabnya (Wajib Baca) !!!!

1409284446

Foto diatas merupakan gambaran mobil yang mogok dan menabrak palng pintu kereta api

munivmotoblog – Sering kita dengan berita mengenai mesin mobil yang tiba – tiba ngandat/mati saat melintasi rel kereta api. Tak jarang kejadian ini menyebabkan kecelakaan yang banyak memakan korban jiwa. Masalahnya terletak pada di driver mobil yang memaksa nyelonong ketika pintu palang kereta api sudah mau menutup. Banyak yang mengira bahwa kejadian kecelakaan yaang disebabkan mesin mobil tiba – tiba mati ditengah rel ada hubunganya dengan kejadian mistis ditempat tersebut.

Namun seiring dengan makin berkembangnya teknologi informasi yang menyebar begitu luas. Kini problem mesin mati di tengah perlintasan kereta api sudah diketahui asal muasalnya. Yukk mari sampean sediakan kopi dan teh dulu biar bacanya makin rileks dan bisa mengena sob.

Menurut Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perkeretapian menyebutkan bahwa di lokomotif ada yang namanya boggie (roda kereta). Dimana roda kereta tersebut yang komponen utamanya adalah dinamo. Didalam dinamo tersebut ada unsur magnet yang cukup besar. Apabila lokomotif dengan seri CC maka terdapat 3 rangkaian boggie, apabila satu boggie terdapat dua dinamo besar, maka 3 rangkaian boggie memiliki 6 buah dinamo besar. Hal ini dapat menyebabkan rel kereta api yang terbuat dari baja tersebut dapat menghantarkan medan magnet dengan jangkauan 1 Km dari lokomotif.

Baca juga :
Ilustrasi-mobil-mogok-di-rel

Foto diatas merupakan gambaran mobil mogok diatas rel kereta api

Saat kendaraan motor atau mobil melintasi rel KA, selalu menggunakan kecepatan rendah (itu sudah sewajarnya). Apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnet boggie KA yang dihantarkan oleh rel KA. Oleh karena hal tersebut, biasanya petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (biasanya berjarak -+ 3 Km).
Bila ada driver/rider yang nekad tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 km, maka itu bisa dipastikan menyebabkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah tersebut menjadi mati (mesin mati).
232800_perlintasan-kereta-dijaga-dengan-insting_663_382

foto diatas adalah gambaran mobil mogok diatas rel kereta api

Maka dengan penjelasan ini disarankan agar jangan melintasi rel Kereta Api bila kereta sudah terlihat, walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan demi keselamatan anda dan keluarga anda. dan yang perlu di Ingat, KA tidak bisa melakukan pengereman secara mendadak karena roda kereta dan rel sama – sama terbuat dari baja sehingga kalaupun terdapat friksi, itu sangat kecil sekali. Makanya rata-rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah direm.
Last, demi keselamatan anda dan keluarga anda, saya sarankan untuk lebih berhati – hati jika melintas diatas rel kereta api. Apabila pintu palang sudah mau menutup, lebih bijaknya segera kendorkan gas dan lakukan pengereman. Berhenti satu sampai dua menit lebih baik daripada celaka yang mengakibatkan meninggalnya salah datu daru keluarga yang kita sanyangi. Otreee :mrgreen:
Baca juga artikel terkait lainya sob:
Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

17 thoughts on “Mesin Mobil Tiba – Tiba Mati Diatas Rel Kereta Api, Ini Penyebabnya (Wajib Baca) !!!!

  1. erotomania

    kalo di jalur kereta jakarta-bogor, berhentinya gak semenit dua menit mas…. 10-20 menit….. trus dibuka teteg-nya 3 menit…. nutup lagi 10-20 menit, makane kalo di jakarta, aku milih naik kereta daripada kendaraan bermotor, lebih terasa menzalimi-nya, hahahahaha

    Like

    Reply
  2. denz

    pernah denger apa baca ane lupa.. katanya kl mesin mati gitu pencet klakson, ntr bisa di starter lg mesinnya. Blm pernah coba, selalu berenti kl udh bunyi ninut2. 😀

    Like

    Reply
  3. kaos anak muslim

    Hmm it looks like your site ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just
    sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your
    blog. I too am an aspiring blog writer but I’m still new to everything.

    Do you have any points for novice blog writers? I’d certainly appreciate it.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s