Review Pemakaian Oli Motul Scooter Setelah Menempuh 1500 KM di New Vario 125, Over All Puas Banget Sob !!!

IMG-20151114-00350

munivmotoblog – Oli merupakan cairan yang memiliki peranan sangat vital dalam menjaga performa mesin motor selalu prima. Disarankan setiap 2000 km atau satu bulan sekali oli harus diganti. Nah berhubung admin beberapa waktu yang lalu sempat mencoba aka icip – icip oli motul scooter untuk vario yang sekarang odometer sudah berputar 1500 sejak pergantian oli. Bagaimana impresinya :mrgreen:

Nah kali ini yang akan dibahas adalah oli khusus untuk motor metic. Jadi bukan oli PCMO yang sering digunakan aliran sesat namun menyenangkan. Spek dari oli motul scooter ini adalah :

C360_2015-11-17-15-45-42-390_scaled
Spesifikasi :
MOTUL Scooter Expert LE 10W30
Oil for 4-Stroke Motorcycle Engine
Technosynthese®
SAE 10W-30
API SL – JASO MB
Semi Sintetik ( Technosynthese® )
Volume : 800 ml (0.8L)

 

 

 

 

Baca juga sob :

Review setelah pemakaian 1500 km yang saya rasakan adalah :

  1. Menaskan motor setiap pagi hari = Suara mesin awal nyala terdengar lebih berisik. Namun setelah beberapa saat kemudian mesin kembali halus. Mungkin ini sesuai dengan karakter mesin metic yang apabila dipanasi diawal – awal rpm mesin lebih tinggi kemudian langsam/turun dengan sendirinya. No problem lah untuk ini
  2. Akelerasi motor = Memang oli ini akan terasa lebih halus ketika jarak dari pemakaian sebelumnya sudah lebih dari 500 km. Hal ini mungkin saja terjadi akibat adanya proses adaptasi oli dari merek yang digunahkan sebelumnya. Note : admin menggunakan oli SPX2 sebelum menggunakan motul scooter ini.  Akselerasi admin akui banyak perubahan yang signifikan dari pemakaian awal 0 – 500 km. Motor terasa lebih responsif, power terasa bertambah namun pada gas tetap enteng saat di cengkram untuk buka sedikit gas atau full throttle. Nafas gas juga lebih panjang, seperti gak ada habisnya dibandingkan dengan oli bawaan pabrik.
  3. Suara mesin saat jalan = Tidak say atemui gejala getar yang berlebihan ketika gass dipelintir pelan – pelan menuju kecepatan 0 – 90 km/jam. mesin masih terasa anteng dan responsif bahkan say abilang lebih halus dari sebelumnya. Namun ada kendala saat rpm idle dari kecepatan 40 km/jam kemudian berhenti, terasa getaran di mesin kayak grek grek namun masih bisa di toleransi.
  4. Durabilitas oli untuk jarak jauh = Terakhir saya gunahkan pada awal bulan ini untuk pp Pacet – Bojonegoro dengan jarak 250 km an. Performa mesin sangat setabil, tidak saya rasakanpower drop sat mesin kondisi nyala terus dan berjalan lebih dari 100 km tanpa henti. Malah kalo saya rasakan semakin lama motor makin ngacir. Ini bisa diambil kesimpulan dungsi oli berfungsi secara baik.

Over all untuk saat ini saya sanat puas terhadap kinerja oli motul scooter LE yang bisa dibilang worth to buy. Kemaren saya tebus olie ini di beres AHASS Trowulan Mojokerto dengan harga hanya 62K saja sob.

IIMS_2013_Oli_Evalube
Kalo ini spesial bonus bukan SPG oli motul loh gans :mrgreen:

Jadi dalam artikel ini juga mematahkan pengujian say asebelumnya yang radak kecewa dengan performa oli motul ini. Sampean bisa buka arsip artikel disini. Jadi wajar dalam artikel awal tersebut saya menyebutkan bahwa oli ini tidak lebih baik dari SPX2.. Ternyata ada fase dimana oli dengan merek baru harus beradaptasi dengan mesin. Jebule baru kerasa alus kalo sampean udah gass dan ngeluyur sampai 1000 km lebih sob.. Juwosshh dah :mrgreen:

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Portal News Blog : http://www.indoportalnews.wordpress.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

24 thoughts on “Review Pemakaian Oli Motul Scooter Setelah Menempuh 1500 KM di New Vario 125, Over All Puas Banget Sob !!!

      1. karena afaik, motor koping/ semi otomatis kek bebek selama gak dimasukkin gigi dia gak engaged ke mesin..
        sementara skutik sejak mesin nyala dia udah siap lari, tinggal puntir gas

        Like

  1. Om muniv, minta pendapat nya dong. Saya pemakai suzuki address. Oli bawaan pabrikan 10w-40. Getaran mesin halus banget, tapi gak stabil kalau jalan jauh. Pernah ganti motul scooter le 10w-30, getaran mesin lebih berasa kasar, tapi tarikan lebih ok, dan jalan jauh stabil. Berikutnya coba motul scooter expert 10w-30,impresi nya nyaris sama dengan motul scooter le, hanya getaran mesin lebih halus daripada scooter le, tapi tetap lebih kasar daripada oli sgo. Saya tertarik nih buat coba oli mobil di suzuki address, tapi sebelumnya pengen tau dulu perbandingan motul scooter expert vs oli mobil? Mana yg lebih baik menurut Om muniv. Saya sih paling suka kalau getaran nya yg paling halus. Makasih om

    Like

Leave a comment