Yamaha Xabre 150 (MT-15 Indonesia), Sebuah Nama dari Daerah Galician Sepanyol yang Berarti Tanah Liat

M-Slaz-11-tile

munivmotoblog – Gempar berita mengenai apa nama yang akan diberikan YIMM pada next new produk mereka yang berlabel M-Slaz di Thailnad. Berita yang berhembus kencang di new room munivmotoblog.com nantinya produk sport naked premium level 150 cc SOHC, liquid cooler dan 6 speed ini akan diberi nama Yamaha Xabre 150. Sebuah bullian semakin kencnag mengingat para biker tanah air berharap namanya mengusung klan MT Series yaitu Yamaha MT-15. Seperti kakanya MT25, MT03, MT07 dan MT09.

Sebelumnya saya mencoba search di google terjemahan karena memang jujur nama itu baru pertama kali dan tersasa asing terdengar oleh saya. Bahkan mengucapnya pun untuk saat ini sangat susah sekali. Ya mungkin butuh waktu untuk bisa mengucapnya secara fasih. Hasilnya apa?

Okay…. Nama Xabre berasal dari bahasa Galician yang apabila di terjemahkan dalam versi indonesia adalah Tanah Liat

2000px-Flag_of_Galicia.svg

Penulusar saya tidak finish sampai disitu. Coba melakukan berselancar dan mendapatkan kluenya bahwa bahasa Galician merupakan bahasa yang dituturkan di daerah sekitar Galisia, Sepanyol dan Portugal dengan jumlah pengguna bahasa tersebut mencapai 3,1 juta jiwa. Dialeg ini mulanya dari portugis dan kadang – kadang dianggap sebagai dialeg sepanyol. Sering digunakan masyarakat yang bermukin di barat laut Galicia Sepanyol.

Baca juga artikel terkait lainya sob:

Korelasinya Yamaha MT-15 akan dengan nama Xabree… yang pertama adalah adanya sebuah hukum timbal balik dari seponsor Movistar yang berkedudukan di Sepanyol secara topografi berdekatan dengan negara bagian Galician. Sehingga untuk mendukung salah satu budaya bahasa sepanyol (Galicia )mereka akan berkerjasama dengan YIMM untuk memberikan nama dari bahasa mereka. Bukan tapa alasan, selain Movistar merupakan seponsor utama MotoGP mereka juga berhasil mengantarkan Jorge Lorenzo menjadi Juara Dunia tahun 2015 dan Valentino Rosi sebagai runner up. Kedua adalah, kontribusi pabrik Yamaha sepanyol dalam perkembangan R&D Yamaha M-Slaz sehingga secara tidak langsung mereka mempunyai hak dalam memasukan pemikiranya dalam sebuah produk (salh satunya penamaan) Ini masuk akal juga. Keiga adalah tidak ada korelasinya dengan Sepanyol atau otonimi Galician, Namun ini hasil pemikiran dari Yamaha Pusat Jepang untuk menamai Xabre karena terlalu inferior jika klan MT series dijejalkan ke produk mereka 150 cc dengan engine lama (kalo ini masalah gengsi aja sob) :mrgreen:

Galicia_1897_1

Ada kongsi yang tidak bisa dibuktikan 100% benar secara logika, namun dapat dilakukan pendektan berbasis sejarah dan budaya. Akan tetapi jika melihat dari makna tersirat dalam nama Xabre versi bahasa Indonesia yang berarti Tanah Liat. Artinya masih satu tage line dengan Yamaha M-Slaz dari Thailand. Identik dengan hitam, identik dengan lunak dan identik dengan angker…

Atau kalau mau telusur lebih jauh lagi. Tanah Liat juga bisa diartikan semua akan kembali pada asalnya… Monggo di bookmark artikel ini. kemungkinan ya.. ini adalah produk terakhir yang diproduksi YIMM 150 CC dengan engine SOHC 4 valve liquid cooler.

mesin-new-vixion-advance

Last, diatas merupakan pendekatan yang rasional namun sifat kebenaranya masih belum bisa saya pertanggung jawabkan. La pie bukan orang dalam Yamaha.. Kalopun orang dalam keknya gak akan dikasih tau kenapa Yamaha MT-15 diberi nama Yamaha Xabre 150 yang notabenya logat bahasa provinsi Galician yang ada di Sepanyol dan susah untuk di ucapkan… Ya tooo :mrgreen:

Postingan menarik lainya sob :


Contact :
Motorcycle Blog : http://www.munivmotoblog.com
Enternainment Blog : http://www.nendangbanget.net
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

Advertisements

11 thoughts on “Yamaha Xabre 150 (MT-15 Indonesia), Sebuah Nama dari Daerah Galician Sepanyol yang Berarti Tanah Liat

  1. walawala

    kalau ane masih tetep yakin kalo kata dasar dari xabre ini ya saber (magnum saber, sonic saber ekekekekekekeke)

    liat aja dari penamaannya yg thai, m-slaz, kata dasarnya dari slash
    ntah apa yg dipikirkan sama tim brandingnya yamaha kok malah bikin nama brand yg kesannya alay, padahal motor ini tampangnya bengis, mungkin dengan nama slash gitu aja malah udah cukup menggambarkan kebengisannya, bila dibandingkan m-slaz.

    cukup lah alasan kenapa ducati gak menamai monster, dengan Ducati Monzter, atau ktm super-duke dengan ktm zuper-duke ekekekekekekekeke

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s