Produk Tidak Laku, Dukungan Leasing Juga Menurun, Market Akan Semakin Suram !!!

20121009003734Leasing-horz

munivmotoblog – Perkembangan pasar speda motor tanah air tidak lepas dari peranan leasing dalam mempermudah konsumenya untuk memiliki sebuah motor. Leasing berfungsi sebagai jembatan bagi mereka yang memiliki budged tidak banyak namun ingin segera memiliki motor. Namun buka berarti seorang yang kredit motor mereka tidak memiliki uang lebih. Akan tetapi mereka biasanya lebih memposisikan uang untuk beli kendaraan untuk bisnis yang produktif bukan aset yang terdepresiasi (motor dan mobil).

Dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai bagaimana finansial orang sehingga dia lebih memilih kredit daripada chas walaupun duit juga ada. Kita akan membahas market sebuah produk vs dukungan leasing dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan pasar produk tersebut. Kita bahas pelan – pelan dulu mengenai leasing. Leasing adalah suatu lembaga profit oriented yang berfungsi memberi pinjaman finansial kepada diler untuk dikembangkan. Artinya motor yang anda beli secara credit sebenarnya sudah di tebus oleh leasing di dealer dengan cara chas. Namun jaminan berupa BPKB dimasukan dalam bank yang menjadi partner sebuah leasing tersebut. nah dari sini sudah ngeh kan ya.. kenapa kalo sampean beli kredit prosesnya sangat mudah dan tanpa jaminan apapun.

leasingg

Alur proses leasing ke produsen, bank dan konsumen

Dalam prakteknya leasing akan melakukan bakc up pembiayaan sebuah produk yang dirasa cash flownya sangat cepat. Artinya produk yang laku dipasar menjadi incaran leasing karena dari sana mereka dapat keuntungan yang lebih besar. Sebaliknya produk yang tidak begitu laku maka leasing akan memikirkan dua kali untuk melakukan back up pembiayaan untuk produk tersebut. Sehingga ketika sebuah produk laku misalkan “motor A” dengan market penjualan selalu postif setiap bulanya maka banyak leasing yang mengajukan untuk memback up pembiayaan unitnya. Maknya jangan heran ketika produk motor produksi H dan Y memiliki leasing lebih banyak daripada produk S dan K. Ini karena dimana ada pasar yang potensial (besar) maka sebagai pengusaha leasing akan sangat cepat menagmbil peluang itu sebagai bisnis yang baru.

Leasing juga memiliki peranan yang cukup signifikan dalam memekarkan market sebuah produk. Saya bisa mengatakan demikian karena dalam prakteknya, mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih membeli kendaraan kredit daripada chas. Bisa sampean tanya langsung ke diler berapa persen merek ayang membeli dengan cara cash !!!. Jawabanya tidak lebih dari 10%. Artinya jika sebuah produk dalam satu bulan laku 300.000 unit. Maka hitungana 30.000 unit dibelidengan cara chas dan 270.000 unit dengan cara kredit, bisa satu, dua atau bahkan tiga tahun.

Baca Juga :

rubber stamp marked with leasing

Leasing akan selalu memantau market share setiap bulanya untuk menentukan produk apa nantinya yang akan di back up pembiayaanya. Nah ini yang menjadikan sebuah produk yang tidak laku maka secara tidak langsung berpengaruh terhadap pembiayaan super cepat dan mudah dari leasing. Anda akan berbicara sebuah prediksi motor yang akan berjaya pada tahun 2016. Itulah nantinya anda sangat mudah dalam mengajukan kredit dengan biaya DP sangat minumum.

Prediksi motor mana yang akan laku pada tahun depan bisa dilihat dari penjulaan 3 – 6 bulan terakhir ini. Jika trendnya negative dan produk tersebut tidak mengalami perubahan di tahun 2016 maka bisa dikatakan masadepanya suram. Namun kebalikanya, jika 3 – 6 bulan ini ada sebuah produk yang mocer penjualanya, ini akan menjadi lahan empuh buat para pengusaha leasing untuk memback up pembiayaanya. Agar konsumen lebih mudah mendapatkan unit.

20111017-leasing_1

Dem-man market tinggi = kredit lebih mudah daripada chas

Last, sudah seperti hubungan antara lebah dengan bunga, yang mana lebah diuntungkan karena mendapat nektar/madu dan bunga diuntungkan untuk proses penyerbukanya. Produk laku maka leasing akan mendekat dan keduanya saling menguntungkan. Begitupun selabiknya.. see you next article always stay tune on http://www.munivmotoblog.com

Baca juga artikel terkait lainya sob:


Contact :
Primer Blog : http://www.munivmotoblog.com
Secondary Blog : http://www.sobatrodadua.wordpress.com
Enternainmen Blog : http://www.nendangbanget.wordpress.com
facebook : http://www.facebook.com/bionivike
Twitter : @munivikoko
Email : munivikoko@gmail.com
WatsApp : 085648273557
PIN : 33460EB

 

Advertisements

26 thoughts on “Produk Tidak Laku, Dukungan Leasing Juga Menurun, Market Akan Semakin Suram !!!

  1. handoyo25

    saya sih lebih percaya kalau kredit lebih “mudah” daripada cash, itu karena dealernya masih satu owner dg perusahaan leasing (delaer dan leasing masih satu grup perusahaan)

    Like

    Reply
  2. k5538gl

    padahal motor yg laris juga beresiko tinggi di bawa kabur kreditor. hal ini bisa dilihat bahwa motor “pedhotan” (stnk only) kebanyakan motor2 laris. karena memang tujuan awal kridit mau digelapkan, maka dipilihlah motor2 yg laris dipasaran.

    Like

    Reply
  3. Pingback: Marker Share Bulan Desember 2015 Yamaha New Vixion Kembali Pecundangi Honda All New CB150R | MUNIVMOTOBLOG.COM

  4. Pingback: Market Share Bulan Desember 2015 Yamaha New Vixion Kembali Pecundangi Honda All New CB150R | MUNIVMOTOBLOG.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s