Aksi Konvoi Moge Dikawal Polisi dan Bisa Terobos Lampu Merah, Kalo Ambulan !!!!!

428188_620

munivmotoblog – Kesenjangan sosial dan tidak meratanya sebuah peraturan baik di area hukum dan penegakanya. Melihat sisi secara prosedural tanpa melihat sisi kebijaksanaan adalah sebuah ketimpangan sosial. Jangan heran jika masyarakat kecil berfikir bahwa negeri ini memiliki hukum yang tajam kebawah namun tumpul keatas. Kesemuanya adalah karena ketidak adanya rasa spirit untuk membangun bangsa yang lebih baik.

Pengawalan konvoi/touring moge yang telah terjad di Yogjakarta yang dihadang ole pengguna spedah karena menerobos lampu merah. Ini merupakan aksi yang patut diapresiasi dan didukung secara penuh. Mungkin secara hukum aksi yang dilakukan oleh bro Erlanto adalah melanggar hukum kepolisian karena dengan sengaja memberhentkan sebuah rombongan yang dikawal oleh patwal dengan atribut sirine yang lengkap. Namun secara sosial aksi yang dilakukan adalah bentuk dari pembelaan terhadap pengguna jalan yang lain.

  1. Bayangkan ada berapa ratus meter masyarakat yang antri di lampu merah giliran hijau mereka harus mengantri lagi dalam waktu yang lama.
  2. Banyak pengendara dengan kepentingan yang berbeda-beda harus berhenti dan menunggu konvoi moge usai, apa Adil??????
  3. Apa anda tidak memikirkan jika dalam jalan tersebut ada sebuah mobil yang ingin mengantarkan keluarga/anaknya sakit dan harus mengantri karena aksi konvoi yang dilindungi UUD. Apa anda tidak merampas hak untuk segera cepat menuju rumah sakit
  4. Merampas hak penyebrang jalan pada zebra cross. ini jugaketidak adilan yang sangat tidak relevan dengan semangat kemerdekaan yang katanya udah 70 itu.

Secara undang – undang memang dibolehkan namun setidaknya dengan kejadian ini, hal itu dapat segera dilakukan yudisial review di mahkamah konstitusi. Sehingga yang hanya berhak menggunakan kawalan pollisi dan dapat menerobos lampu merah adalah :

Pasal 134 ayat g dan Pasal 135 ayat 1 Paragraf 1 Pengguna Jalan yang Memperoleh Hak Utama Pasal 134 Pengguna Jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut:

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;

c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;

d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;

f. iring-iringan pengantar jenazah; dan

g. konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia. (ini dihapus saja).

Paragraf 2 Tata Cara Pengaturan Kelancaran Pasal 135 (1) Kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene

Ambulans

Anda pernah dijalan raya yang terkena macet, kemudian ada bunyi sebuah sirine yang tida begitu keras jika anda melihat kebelakang adalah sebuah mobil putih dengan tulisan (ambulance). Pertanyaanya??

  1. Seberapa sering anda melihat mobil ini tidak dikawal polisi?
  2. sebaerapa sering mobil ini terkena mancet dijalan? padahal yang dibawanya adalah pasien yang butuh pertolongan cepat

JAWABANYA SERING BUANGET !!!!!!
Iya inilah potret negeri yang sudha merkeda namun sejatinya masih belum. Banyak pemikir bangsa yang hanya mementingkan sebuah golongan elite tanpa melihat berapa dampak kerugian untuk masyarakat kecil dan menengah. AMbulance gak pakai kawal polisi. itu mah biasa??? hehehe :mrgreen: .

Advertisements

One thought on “Aksi Konvoi Moge Dikawal Polisi dan Bisa Terobos Lampu Merah, Kalo Ambulan !!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s